Unsur-Unsur Atlas & Jenis-Jenis Atlas

Unsur-Unsur Atlas & Jenis-Jenis Atlas – Atlas merupakan peta-peta yang dikumpulkan menjadi satu dan dibukukan. Karena isinya merupakan kumpulan peta, maka informasi yang terkandung di dalamnya sama dengan informasi – informasi yang bisa ditemukan di dalam peta.

Meskipun begitu, antara atlas dan peta tetap memiliki perbedaan. Perbedaannya adalah jika di dalam atlas, kita bisa menemukan informasi yang lebih luas dan lengkap dibandingkan dengan informasi yang ada pada peta . Kelebihan yang dimiliki oleh atlas adalah atlas dilengkapi dengan unsur – unsur seperti daftar isi dan indeks.

Indeks yang terdapat di dalam atlas sangat berguna untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang berupa letak sebuah obyek geografi. Dalam penyusunannya, indekas disusun dengan dua cara penyusunan, yaitu: secara koordinat dan secara kolom dan baris di dalam peta.

Unsur – Unsur Atlas

Sebagai sumber informasi yang penting, atlas harus dilengkapi dengan berbagai unsur. Unsur atau komponen tersebut berfungsi untuk memudahkan pencarian informasi geografi di dalam atlas. Adapun komponen – komponen atlas tersebut adalah daftar isi, keterangan, dan indeks.

a. Daftar Isi

Daftar isi adalah komponen atlas yang memuat judul-judul atau nama peta disertai dengan nomor halamannya. Daftar isi dapat memudahkan para pembacanya untuk mencari peta yang ingin dilihat dalam kumpulan peta tersebut.

Baca Juga:  Sistem Pernapasan pada Manusia & Fungsinya Masing-Masing

b. Keterangan

Komponen atlas yang selanjutnya adalah keterangan. Sebuah atlas bisa memuat berbagai macam jenis peta baik yang berupa peta umum atau peta tematik. Nah, isi dari atlas tersebutlah yang dinamakan dengan keterangan dalam atlas.

c. Indeks

Indeks berada pada bagian belakang sebuah atlas. Komponen ini memiliki fungsi untuk memudahkan penggunanya dalam mencari informasi yang berupa letak suatu tempat atau objek. Misalnya, apabila kita mencari letak Kota Bandar Lampung. Kita bisa lihat dalam indeks yang tertulis Bandar Lampung 38 A.1. Artinya letak Kota Bandar Lampung pada atlas, yaitu berada di halaman 38 kolom A (garis antar bujur) dan baris 1 (garis antar lintang).

Jenis – Jenis Atlas

Ada beberapa jenis atlas yang dapat kita temukan. Jenis – jenis atlas tersebut diklasifikasikan berdasarkan tujuan, wilayah, dan isisnya. Adapun jenis – jenis atlas tersebut adalah sebagai berikut:

1. Atlas Berdasarkan Wilayah

Jenis atlas ini adalah atlas yang diklasifikasikan berdasarkan jenis wilayah atau daerah yang dimuat di dalam atlas. Ada beberapa contoh atlas wilayah, diantaranya adalah:

Baca Juga:  Daftar Kata Kerja Transitif dan Kata Kerja Intransitif (Lengkap)

a. Atlas Alam Semesta

Atlas alam semesta adalah atlas yang isinya berupa gambaran letak dan gerakan planet – planet dan benda langit lainnya di angkasa. Contohnya adalah gambaran jalur peredaran bumi dalam mengelillingi matahari, posisi bulan, gerhana bulan dan matahari, dan sebagainya.

b. Atlas Dunia

Atlas dunia adalah atlas yang isinya berupa gambaran informasi berbagai Negara di dunia, seperti informasi fisik, dan informasi lainnya. Selain itu, atlas ini juga menyajikan informasi yang berupa kemajuan dalam hal pembangunan dari berbagai Negara di belahan dunia ini.

c. Atlas Nasional

Atlas nasional adalah atlas yang menampilkan kondisi geografi fisik suatu daerah beserta dengan hasil-hasilnya yang mencirikan daerah atau wilayah tersebut.

d. Atlas Regional

Atlas regional adalah atlas yang menyajikan gambaran tentang aspek – aspek geografi dari suatu provinsi.

e. Atlas Kota

Atlas kota adalah atlas yang menyajikan informasi – informasi, seperti kondisi geografis suatu kota.

2. Atlas Berdasarkan Tujuan

Berdasarkan tujuan pembuatannya, atlas dibagi menjadi dua jenis yaitu atlas referensi, atlas wisata, dan atlas pendidikan.

Baca Juga:  Definisi & 20 Contoh Kalimat Nominal

a. Atlas Referensi

Atlas referensi adalah atlas yang sengaja dibuat untuk kepentingan referensi. Atlas ini didesain untuk memudahkan pembacanya dalam mencari informasi berupa kenampakan-kenampakan geografis. Selain itu, atlas ini berguna juga untuk kepentingan politik (batas negara) dan juga untuk kepentingan perencanaan suatu wilayah dan perjalanan.

b. Atlas Wisata

Atlas wisata adalah atlas yang menampilkan tempat – tempat wisata diberbagai belahan dunia.

c. Atlas Pendidikan

Atlas pendidikan adalah atlas yang dibuat untuk keperluan pendidikan. Atlas ini mengandung informasi – informasi tentang persebaran suatu fenomena geografi fisik, seperti relief permukaan bumu, iklim, flora, fauna, hasil bumi, kepadatan penduduk, persebaran daerah industri, dan lain sebagainya.

3. Atlas Berdasarkan Isi

Pengklasifikasian atlas yang terakhir adalah berdasarkan isinya. Berdasarkan isinya, atlas dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

a. Atlas Umum

Atlas umum adalah atlas yang menyajikan informasi geografi umum. Contohnya adalah, atlas pelajar atau atlas dunia.

b. Atlas Tematik

Atlas tematika adalah atlas yang menyajikan informasi yang berupa fenomena – fenomena tertentu, misalnya atlas wisata.