Analisis Unsur Intrinsik Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari

Analisis Unsur Intrinsik Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari – SImak sinopsis novel perahu kertas berikut ini!

Sinopsis

Novel Perahu Kertas Karya Dee Lestari ini mengisahkan tentang seorang anak remaja bernama Keenan yang baru saja kembali dari Amsterdam Belanda selama 6 tahun. Ia pulang ke Jakarta atas kemauan ayahandanya untuk berkuliah di Bandung lalu kemudian meneruskan perusahaan milik ayahnya. Ayah Keenan bersikeras untuk memaksakan kehendaknya kepada Keenan agar ia mau berkuliah di Fakultas Ekonomi. Hal ini bertentangan dengan keinginan Keenan untuk menjadi seorang pelukis. Keenan memiliki bakat yang besar di bidang seni lukis dan satu-satunya hal yang Keenan inginkan hanyalah menjadi seorang pelukis.

Dalam perjalanan Keenan mencari jati dirinya, ia bertemu dengan Kugy setibanya Keenan di Indonesia. Kugy adalah seorang gadis periang dengan segala kejutan yang ia miliki. Kugy memiliki impian menjadi seorang pendongeng bagi anak-anak. Kugy memiliki sahabat baik yakni Noni dan Eko. Keenan, Kugy, Noni, dan Eko, mereka dapat bersahabat dengan baik dalam beberapa situasi yang tidak mendukung sekalipun. Dalam hubungan mereka terdapat banyak sekali dinamika sehingga menimbulkan beberapa keraguan serta kebimbangan. Namun pada akhirnya mereka dapat bersatu dan menemukan impian masing-masing.

1) Tema

Novel Perahu Kertas karya Dee Lestari ini mengusung tema persahabatan dan cinta.

Baca Juga:  Pengertian & 30 Contoh Majas Hiperbola dalam Kalimat

2) Penokohan

– Kugy : Seorang gadis yang memiliki karakter easy going, santai, ceria, cerdas, dan penghayal. Dalam kesehariannya Kuggy memiliki sifat yang unik dan berbeda dari wanita pada umumnya.
– Keenan : Seorang laki-laki cerdas yang begitu menyukai dunia seni lukis.
– Noni : Sahabat Kugy yang cantik dan manis. Karakter Noni yakni rajin, disiplin, perfeksionis, perhatian, dan tegas.
– Wanda : Wanita yang mencintai Keenan yang memiliki perawakan tinggi dan cantik. Wanda memiliki watak yang periang, agresif, perhatian, dan penyayang.
– Eko : kekasih Noni dan juga sahabat dari Keenan dan Kugy. Memiliki karakter humoris, apa adanya, dan penyayang.
– Remi : Seorang laki-laki yang selalu berpenampilan rapi dan elegan. Karakternya yang baik, ramah, dan hangat membuat banyak wanita yang menyukainya.
– Ludhe : gadis Bali yang menyukai Keenan. Memiliki karakter yang lemah lembut, baik hati, dan pemalu.
– Adri : Seorang laki-laki yang merupakan ayah Keenan. Bersifat keras kepala, tegas, dan suka memaksakan kehendaknya kepada Keenan.
– Lena : Ibu Keenan yang baik hati, penyayang dan selalu mementingkan keluarga di atas segala-galanya.
– Wayan : Seorang laki-laki Bali yang merupakan sosok lain di antara kedua orang tua Keenan. Wayah adalah seorang pelukis terkenal di Bali, cita rasa seninya membuat Keenan kagum akan dirinya.

Baca Juga:  Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Kedisiplinan

3) Latar / Setting

Latar pada cerita novel Perahu Kertas tidak digambarkan secara spesifik dan bersifat netral. Latar dapat diimplementasikan di mana saja berdasarkan imajinasi pembaca.

4) Alur

Cerita dalam novel Perahu kertas menggunakan Alur maju. Uraiannya sebagai berikut:

– Eksposisi

Pertemuan Kugy dan Keenan dimulai ketika Nony dan eko mengajak Kugy untuk menjemput Keenan di Stasiun. Eko sama sekali tidak mengingat seperti apa wajah Keenan. Terakhir kali mereka bertemu, pada saat mereka berada di bangku kelas 5 SD. Namun tanpa sengaja Kugy menemukan Keenan dengan radar Neptunus yang dipercayai oleh Kugy. Perkenalan Kugy dan Keenan berlangsung mulai pada saat itu. Seiring berjalannya waktu, hubungan Kenaan dan Kugy semakin dekat dan pada akhirnya satu sama lain saling emendam perasaan suka.

– Konflik

Konflik dimulai ketika hubungan Keenan dan Kugy mulai terhalang karena sesuatu hal. Selain itu juga terdapat masalah antara Kugy dan Noni yang menyebabkan mereka tidak berkomunikasi satu sama lain dalam jangka waktu tertentu.

– Klimaks

Hubungan Kugy dan Keenan semakin dekat, namun masing-masing dari mereka yang menyatakan perasaannya. Hubungan mereka terjebak dalam diam dan menerka-nerka perasaan mereka. Keadaan pun turut memperkuat alasan mereka untuk terus diam. Hingga pada saatnya Kugy memiliki pacar, atasannya sendiri yakni Remi. Sementara itu Keenan belum memiliki pasangan. Noni dan eko memperkenalkan Keenan dengan Wanda. Namun hubungan mereka tidak seperti yang diharapkan. Selain itu persahabatan antara Kugy, Noni, Eko, dan Keenan juga merenggang, yang menyebabkan mereka vtidak saling bertemu dan berkomunikasi beberapa waktu.

Baca Juga:  Proses/Sistem Pencernaan Pada Hewan Memamah Biak

– Setelah beberapa waktu lamanya mereka tidak saling bertemu karena kesibukan masing-masing dan renggangnya hubungan mereka, akhirnya mereka bertemu kembali. Hingga pada saatnya tiba Kugy dan Keenan bisa saling mengetahui perasaan masing-masing dan akhirnya mereka menjalin hubungan yang lebih serius.

5) Amanat

– Realitas hidup salah satunya adalah kenyataan bahwa tidak semua yang kita cita-citakan akan terwujud.
– Terdapat konsekuensi dari setiap pilihan, kita harus bijak dalam menentukan pilihan hidup.
– Jadilah seperti siapa diri kita apa adanya.

6) Sudut Pandang

Cerita dalam novel Perahu Kertas karya Dee Lestari menggunakan sudut pandang orang ketiga tunggal.

7) Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang dituangkan dalam bahasa tulis Dee Lestari bergaya yang otentik dengan perkembangan zaman modern dan sesuai dengan kondisi masyarakat sehingga bahasa tulis novel Perahu Kertas mudah dipahami oleh pembaca.

    1. Adrian April 29, 2016
    2. Someone September 15, 2016
    3. satya November 6, 2016

    Add Your Comment