Teks Pidato Cinta Tanah Air Indonesia Untuk Para Siswa

Teks Pidato Cinta Tanah Air Indonesia Untuk Para Siswa – Untuk mewujudkan rasa cinta tanah air, kita bisa melakukan banyak hal, dan salah satunya melalui pidato yang disampaikan dengan penuh semangat berikut ini.

Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Kepada yang terhormat Bapak Riki Firman, M. Pd selaku kepala SMPN 2 Tanjung Pinang
Yang terhormat Bapak I Nyoman Indra, M. Pd selaku wakil kepala SMPN 2 Tanjung Pinang
Yang terhormat bapak ibu dewan guru dan seluruh staff
Beserta teman – teman yang saya cintai

Marilah bersama – sama kita memanjatkan rasa puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa yang telah melimpahkan seluruh rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua masih bisa berkumpul pada pagi hari yang cerah ini tanpa ada halangan sedikit pun.

Marilah juga kita senantiasa menyanjungkan shalwat beserta salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW yang telah berjuang sekuat tenaga demi menyelamatkan kita keluar dari jaman kebodohan dan masuk ke jaman yang terang benderang. Semoga kita akan dipertemukan oleh beliau di Yaumil Akhir kelak, Amin.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkanlah saya menyampaikan sebuah pidato yang berjudul marilah kita mencintai tanah air kita, Indonesia Raya. Semoga apa yang akan saya sampaikan ini menjadi momentum yang baik untuk kita memupuk rasa cinta tanah air yang telah memudar di masyarakat saat ini.

Baca Juga:  Contoh Karangan tentang Lingkungan Sekolah dalam Bahasa Indonesia

Hadirin yang berbahagia,

Indonesia adalah tanah air kita di mana tempat kita, orang tua, dan saudara – saudara kita dilahirkan. Indonesia pulalah tempat kita hidup dan bermasyarakat. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita mencintai tanah air kita ini, Indonesia.

Apakah yang dimaksud dengan cinta tanah air ? Cinta adalah suatu perasaan cinta sesungguhnya yang mengandung rasa kasih dan sayang terhadap sesuatu. Oleh karena rasa cinta itu, maka akan tumbuh suatu dorongan untuk merawat, menjaga, memlihara serta melindunginya dari segala sesuatu yang mengancam.

Berdasarkan definisi cinta di atas, maka dapat kita artikan bahwa cinta tanah air adalah suatu tindakan atau sikap rela berkorban untuk tanah air dan menjaganya dari segala macam bentuk gangguan dan ancaman yang bisa membahayakan keberlanjutan hidup tanah air kita.

Pengertian lain menjelaskan bahwa cinta tanah air adalah suatu rasa bangga, memiliki, menghargai, menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap manusia yang tinggal di dalamnya. Rasa ini tercermin dari perilaku – perilaku setiap warga nergara yang berupa membela tanah air, menjaga dan melindungi tanah air, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, mencintai adat atau budaya yang ada dengan cara melestarikannya dan juga menjaga alam dan lingkungan.

Baca Juga:  5 Contoh Kalimat Kalimat Pembuka Pidato Terbaik

Rasa cinta tanah air muncul dari dalam hati sanubari warga Negara yang mendorong mereka untuk mengabdi, membela, memelihara, dan melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun dari luar.

Perasaan cinta tanah air inilah yang menjadikan kita bangsa yang merdeka seperti saat ini. Para pahlawan kita yang telah gugur memiliki rasa cinta yang amat luar biasa terhadap tanah airnya, yaitu tanah air Indonesia. Perasaan itu mendorong mereka untuk berjuang membebaskan tanah air ini dari cengkraman penjajah. Mereka tidak sudi melihat Indonesia diinjak-injak oleh para penjajah. Mereka juga tidak rela kekayaaan yang ada di tanah air kita ini dirampas dan diperas oleh bangsa lain. Oleh karena itu lah, para pahlawan berani mengorbangkan seluruh jiwa dan raga untuk membela tanah air Indonesia.

Hadirin yang berbahagia,

Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, kita semestinya juga memiliki rasa cinta tanah air yang kuat terhadap negeri ini. Kita dapat menunjukan rasa cinta ini tidak perlu mengangkat senjata seperti apa yang telah dilakukan oleh pejuang, tetapi dengan berperilaku yang mencerminkan rasa cinta tanah air dalam kehidupan sehari – hari. Adapun sikap dan perilaku yang mencerminkan cinta tanah air adalah:

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Kata Dasar dalam Bahasa Indonesia

Sikap yang pertama adalah ikut berpartisipasi dalam seluruh kegiatan berwarga negar, seperti mengikuti pemilu, menaati peraturan, dan lain sebagainya.

Sikap yang selanjutnya adalah mengetahui sejarah bangsa kita saat ini. Sejarah bangsa ini dapat menjadi pelajaran – pelajaran yang baik demi kemajuan bangsa kita.

Selanjutnya adalah menjaga kedaulatan bangsa dan Negara kita dengan cara mejaga persatuan anatar warga Negara Indonesia. Apabila kita telah bersatu maka bangsa kita akan menjadi bangsa yang kuat.

Kemudian, selalu menggunakan produk – produk dalam negeri untuk memajukan perekonomian tanah air kita.

Dan yang terakhir adalah sebagai pelajar, kita harus belajar dengan giat dan tekun demi masa depan kita dan masa depan bangsa ini.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan kali ini. Terimakasih atas perhatiannya dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menyampaikannya.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamalaikum wr. wb.