Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Kedisiplinan

Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Kedisiplinan – Meningkatkan kedisiplinan siswa memang bukan perkara yang mudah. Untuk membuat mereka terpacu agar semakin disiplin, maka Anda bisa menggunakan pidato berikut ini.

Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Kepada yang terhormat, Bapak Ahmad Sobirin, M. Pd selaku kepala SMAN 10 Air Naningan
Kepada yang terhormat, Ibu Shinta Safitri, M. Pd selaku wakil kepala SMAN 10 Air Naningan
Yang terhormat bapak dan ibu dewan guru beserta seluruh staff
dan anak – anakku, siswa – siswi SMAN 10 Air Naningan yang berbahagia

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat sehatnya kepada kita semua sehingga kita dapat kembali berkumpul di dalam ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Tidak lupa, shalawat beserta salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menyelamatkan kita semua dari jalan yang dimurkai Allah SWT ke jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT, semoga kita semua bisa dipertemukan oleh beliau di dalam surga kelak, Aminn ya rabbal alaminn.

Baca Juga:  Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan Terbaru

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato tentang kedisiplinan, agar kita dapat menjadi pribadi yang lebih disiplin lagi dalam kehidupan sehari – hari, semoga pidato ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Hadirin yang berbahagia,

Sikap disiplin adalah salah satu kunci yang dapat mengantarkan kita pada keberhasilan dan kesuksesan di dalam hidup ini. Seperti apa yang disampaikan oleh Paul J. Meyer di dalam bukunya yang berjudul 24 KUNCI SUKSES, yaitu “disiplin merupakan suatu keharusan yang harus kita miliki di dalam hidup ini, sebab apabila Anda tidak mempunyai sikap disiplin, maka Anda tidak akan mendapatkan apa-apa di dunia ini.”

Namun sayangnya, saat ini banyak sekali orang menganggap disiplin adalah suatu hal yang sulit untuk dilaksanakan. Mereka telah dikuasai oleh rasa malas. Mereka beranggapan bahwa yang penting hidup senang seperti air yang mengalir, tetapi sesungguhnya hal inilah yang bisa menjadi hambatan untuk menumbuhkan kedisiplinan dalam kehidupan kita sehari-hari. Padahal, nyatanya semua aspek kehidupan di dunia ini memerlukan sikap disiplin.

Hadirin yang berbahagia,

Sebagai seorang siswa, sikap disiplin sangat perlu untuk dimiliki, karena disekolah akan ditemukan berbagai macam peraturan dan tata tertib. Peraturan – peraturan tersebut dibuat untuk kebaikan bersama dan harus dipatuhi oleh setiap siswa.

Baca Juga:  6 Contoh Pantun Nasehat yang Lucu

Kepatuhan dan ketaatan mereka terhadap berbagai macam peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah tersebut disebut dengan disiplin siswa. Oleh karena itu, kita harus mematuhi peraturan – peraturan yang ada di sekolah, seperti berpakaian dengan baik dan benar dan lain sebagainya.

Selain itu, kita juga harus menanamkan sikap disiplin pada diri kita sendiri untuk membantu agar tetap di jalan menuju kesuksesan. Sebagaimana tugas seorang siswa sebagai pelajar adalah belajar, maka kita harus belajar dengan giat agar kita dapat menjadi orang yang sukses kelak.

Hadirin yang berbahagia,

Meskipun sikap disiplin sangat sulit untuk ditanamkan, sesungguhnya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menanamkan sikap disiplin ini, diantaranya adalah:

Memprioritaskan sesuatu

Apabila kita menganggap penting suatu pekerjaan, maka sikap disiplin tersebut akan muncul di dalam diri kita dengan sendirinya. Kita harus menyusun hal – hal yang kita anggap penting dan jangan menyepelekan hal –hal yang dianggap remeh.

Baca Juga:  Contoh Artikel Bahasa Indonesia tentang Lingkungan Hidup (Pelestarian Hutan Mangrove)

Kesadaran Hati Dan Diri

Ingatlah kembali apakah kita telah menerapkan perilaku disiplin di dalam hidup kita. Jika kita sudah merasa cukup disiplin, maka bisa kita tingkatkan. Namun, Jika selama ini kita kurang disiplin, maka kita harus menanamkan kesadaran hati di dalam diri kita bahwa kita harus berubah dan mengambil langkah – langkah yang mantap untuk menanamkan disiplin di dalam diri kita.

Komitmen

Apabila kita telah memutuskan mana yang baik bagi kehidupan kita, maka yang kita butuhkan adalah komitmen. Penting bagi kita untuk membangun komitmen agar disiplin yang telah kita tanamkan tidak akan hilang begitu saja.

Membiasakan Diri

Apabila kita membiasakan diri kita untuk berperilaku disiplin, maka lama kelamaan kita akan menjadi orang yang benar – benar disiplin. Hal ini dikarenakan sesuatu yang dilakukan terus menerus tanpa kita sadari akan menjadi kebiasaan. Oleh karena itu, jadikanlah kedisiplinan sebagai kebiasaan.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan saat ini, marilah hidup disiplin agar kita semua dapat meraih kesuksesan di dunia ini. Terimakasih atas perhatiannya dan saya ucapkan:

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.