Teks Contoh Pidato Tentang Menuntut Ilmu

Teks Contoh Pidato Tentang Menuntut Ilmu – Ilmu adalah lentera, dengan ilmu hidup kita menjadi lebih terarah dan tidak terkungkung dalam gelap. Kesadaran menuntut ilmu adalah bagian yang harus terus selalu diingatkan kepada semua orang khususnya siswa sekolah. Salah satu cara mengingatkan mereka adalah melalui pidato berikut ini.

Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua !

Kepada yang terhormat kepala SMPN 3 Sinar Sekampung, Bapak Abdul Haris, M. Pd
Yang terhormat wakil kepala SMPN 3 Sinar Sekampung, Ibu Komang Mega, S. Pd
Yang terhormat seluruh dewan guru dan staff
Serta siswa – siswi SMPN 3 Sinar Sekampung yang berbahagia,

Sebelumnya, marilah kita mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat, dan nikmat yang diberikan oleh Nya, kita semua dapat berkumpul di dalam lapangan ini dengan kondisi yang sehat walafiat.

Tidak lupa, shalwat beserta salam senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah sangat berjasa membawa kita keluar dari jaman kebodohan ke dalam agama yang dipenuhi rahmat oleh Allah SWT. Semoga kita semua termasuk umatnya yang beruntung mendapatkan syafaatnya di Yaumil Akhir kelak, amin ya rabbal alamin.

Baca Juga:  Daftar Kata Kerja Transitif dan Kata Kerja Intransitif (Lengkap)

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato dalam rangkan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari ini yang bertemakan pentingnya menuntut ilmu bagi kita semua, agar kita semua bersemangat dalam menuntut ilmu. Semoga apa yang akan saya sampaikan saat ini bisa menjadi manfaat yang baik bagi kita semua.

Hadirin yang berbahagia,

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna karena diciptakan dengan akal dan pikiran. Dengan akal dan pikiran tersebut, manusia dapat berpikir dan belajar bagaimana caranya membuat diri mereka agar menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi kehidupan ini karena pada dasarnya manusia diciptakan untuk menjadi khilafah di muka bumi. Oleh karena itulah manusia harus menggunakan pemberian Allah SWT yang berupa akal dan pikiran untuk mencari ilmu yang ada di dalam dunia ini.

Ilmu sangat penting bagi kehidupan manusia karena dengan ilmu manusia dapat melaksanakan kewajibanya sebagai khalifah di muka bumi ini. Oleh karena pentingnya ilmu tersebut bahkan Nabi Muhammad bersabda, “Menuntut ilmu hukumnya wajib bagi setiap laki – laki maupun perempuan.”

Baca Juga:  Perbedaan Prosa dan Puisi Secara Lengkap

Selain itu, ada hadits pula yang menyatakan bahwa “tuntutlah ilmu hingga ke negeri China” dan ada hadits pula yang mengatakan, “tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat.”

Ke tiga hadits di atas menjelaskan betapa pentingnya ilmu bagi kita sehinga wajib bagi kita semua untuk menuntut ilmu. Nabi Muhammad SAW sendiri pun mengatakan untuk menuntut ilmu sampai ke tempat yang sangat jauh. Selain itu, Beliau juga menambahkan bahwa menuntut ilmu tidak ada batasan waktunya dan karena menuntut ilmu dilakukan dari kita kecil hingga ajal menjemput kita.

Dengan ilmu, manusia dapat mengubah kehidupan diri kita menjadi lebih baik. Contohnya, pada jaman dahulu semua hal sangat susah untuk dilakukan. Misalnya dalam hal transportasi, kita membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tempat lain. Tetapi saat ini karena manusia terus belajar dan menuntut ilmu, tekhnologi transportasi ditemukan sehingga membuat manusia dapat berpergian ke tempat yang sangat jauh dalam waktu yang singkat. Ada banyak sekali aspek – aspek kehidupan ini yang telah membaik berkat ilmu.

Selain itu, dengan ilmu kita juga dapat membuat kita jauh dari api neraka. Ilmu membuat kita dapat membedakan perbuatan yang baik dan buruk. Apabila kita memiliki ilmu, tentu kita tidak akan mau melakukan tindakan – tindakan yang merugikan orang lain karena pada dasarnya orang yang berilmu selalu menggunakan otak mereka.

Baca Juga:  Pengertian, Panduan Menyunting Karangan dan Contoh

Terlebih lagi, dengan ilmu pula kita dapat bermanfaat bagi orang lain. Sesungguhnya sebaik – baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan tidak melakukan perbuatan yang tidak baik dan bermanfaat bagi orang lain membuat kita terhindar dari api neraka.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari menuntut ilmu. Namun, semua manfaat tersebut dapat kita simpulkan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Barang siapa yang ingin meraih dunia maka hendaklah ia berilmu, barangsiapa yang ingin meraih akhirat maka hendaklah ia berilmu, dan barangsiapa yang ingin meraih keduanya (dunia&akhirat) maka hendaklah ia berilmu”

Hadirin yang berbahagia,

Sampai di sini pidato yang dapat saya sampaikan hari ini. Apabila dalam penyampaiannya terdapat kesalahan, saya mohon maaf.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih:

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.