Struktur Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup dari Terkecil Hingga Terbesar

Struktur Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup dari Terkecil Hingga Terbesar – Dalam kehidupan berorganisasi selalu ada urutan, tata letak kedudukan, atau jabatan yang menempati pos – pos tertentu didalamnya. Tiap – tiap jabatan akan memiliki tugas dan kewajiban masing – masing yang penting dalam kehidupan organisasi tersebut. Seperti halnya kehidupan organisasi yang telah diterangkan di awal, dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya pun memiliki struktur organisasi. Namun, struktur organisasi kehidupan ini menunjukan suatu urutan pola dari organisasi yang sederhana sampai ke yang paling kompleks. Ciri khas yang menunjukan organisasi ialah adanya suatu pengaturan dan kerja sama. Adapun urutan organisasi kehidupan ialah sebagai berikut:

1. Sel

Setiap makhluk hidup tersusun atas rangkaian senyawa kimia yang merupakan unsur – unsur atom yang terdapat di alam. Tidak semua unsur dapat ditemukan dalam tubuh makhluk hidup, hanya saja keberadaan unsur – unsur ini dapat mempengaruhi kehidupan organisme di dalamnya. Atom merupakan penyusun kehidupan yang paling kecil dan sederhana, namun belum menunjukkan suatu organisasi. Atom – atom ini akan bereaksi dengan atom unsur lainnya sehingga membentuk suatu molekul senyawa kimia yang memiliki karakter yang berbeda. Menurut evolusi biokimia, molekul – molekul ini kemudian bereaksi membentuk sel.

Teori sel yang dikemukakan oleh Schleiden dan Schwann menyatakan bahwa sel adalah unit struktural dan fungsional dari suatu kehidupan. Pernyataan ini menunjukkan bahwa setiap makhluk hidup tersusun atas sel, dan partikel hidup yang bukan sel tidak dapat disebut makhluk hidup. Inilah alasan bagi virus yang disebut metaorganisme (organisme perantara) karena tubuhnya bukan sel. Seluruh aktivitas kehidupan antara lain respirasi, reproduksi, ekskresi, makan, tumbuhan dan berkembang, dan lainnya dilakukan oleh sel. Oleh karena itu, sel disebut sebagai unit fungsional pada tubuh makhlluk hidup.

Baca Juga:  Pengertian Jaringan Dasar (Parenkim) dan Fungsinya

Sel adalah unit organisasi paling sederhana. Di dalam sel terjadi pengaturan, kerjasama, dan metabolisme lainnya untuk menjalankan suatu fungsi yang dilakukan oleh antar organel penyusun sel. Untuk organisme uniseluler (bakteri, alga biru, dan alga renik lainnya), organisasi kehidupan hanya sampai batas sel. Namun, bagi kelompok organisme multiseluler seperti manusia, sel – sel ini akan membentuk organisasi yang lebih kompleks.

2. Jaringan

Organisme multiseluler tersusun atas banyak sel. Sel – sel ini akan berkelompok sesuai dengan asal dan strukturnya untuk menjalankan fungsi tertentu. Sel – sel ini akan berkoordinasi satu sama lain untuk menjalankan fungsi tertentu. Kerja sama yang ditunjukan oleh sekelompok sel dengan asal dan struktur yang sama ini patut untuk dicontoh demi mencapai suatu tujuan. Ditemukan jenis jaringan yang berbeda pada tiap organisme, seperti yang dimiliki oleh tumbuhan dan hewan. Karakteristik tubuh yang berbeda antara tumbuhan dan hewan menunjukkan karakteristik penyusun tubuh organisme tersebut.

Jaringan yang menyusun tubuh hewan dan manusia antara lain:

a. Jaringan epitel
b. Jaringan otot
c. Jaringan saraf
d. Jaringan ikat

Sementara jaringan yang terdapat pada tubuh tumbuhan yaitu:

a. Jaringan epidermis
b. Jaringan penguat
c. Jaringan dasar
d. Jaringan pengangkut

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Ekosistem Buatan (Lengkap)

3. Organ

Organ merupakan sekumpulan jaringan yang tersusun sedemikian rupa untuk menjalankan fungsi tertentu. Karakteristis jaringan yang menyusun organ akan disesuaikan dengan fungsinya. Msalnya organ jantung disusun oleh otot jantung yang kuat dan tak mudah lelah, dikontrol oleh saraf autonom, selain itu juga tersusun atas jaingan ikat dan epitel.

4. Sistem organ

Sistem organ merupakan sekumpulan organ yang memiliki fungsi yang sama. Contoh sistem respirasi berfungsi untuk memasukkan udara pernapasan ke dalam tubuh dan membuang gas beracun dari dalam tubuh. Sistem ini disusun oleh organ – organ yang akan memfillter udara dari lingkungan sebelum masuk ke dalam tubuh.

5. Organisme

Organisme ialah individu tunggal yang disusun oleh sekumpulan sistem organ yang memiliki fungsi khusus.

6. Populasi

Populasi ialah sekumpulan individu / organisme yang sejenis dan menempati wilayah yang sama. Dengan demikian terdapat dua syarat untuk organisasi kehidupan yang digolongkan populasi yaitu sejenis dan satu wilayah. Misal, populasi kelas X A artinya hanya siswa – siswi yang menempati kelas A, Andi berasal dari kelas X B bukan bagian dari populasi kelas X A tersebut. Contoh lain, Gajah yang ada di Thailand tidak dapat dikatakan populasi Gajah yang ada di Way Kambas. Dalam populasi makhluk hidup sejenis akan terjadi kompetisi yang merebutkan sumber makanan, teritorial (kekuasan), dan pasangan kawin.

7. Komunitas

Komunitas ialah sekumpulan organisme yang berbeda jenis terdapat pada suatu wilayah (habitat) tertentu. Dapat dikatakan pula bahwa komunitas merupakan sekumpulan populasi makhluk hidup. Contoh dalam hutan Way Kambas ditemukan populasi gajah, populasi tumbuhan, populasi, semut, dan lainnya. Di dalam komunitas akan terjadi interaksi antar organisme yang digambarkan dalam jaring – jaring makanan. Kompetisi antar spesies ini meliputi kompetisi pangan.

Baca Juga:  4 Contoh Paragraf Definisi & Pengertiannya

8. Ekosistem

Ekosistem ialah hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan komponen abiotik. Suatu komunitas organisme menempati suatu wilayah yang tersusun atas komponen abiotik (komponen tak hidup) seperti struktur tanah, kandungan air, kadar oksigen, suhu, intensitas cahaya, dan lainnya. Perbedaan komponen abiotik akan menyebabkan perbedaan karakteristik wilayah tersebut yang akan mempengaruhi komponen biotik (makhluk hidup) yang dapat tinggal di lingkungan tersebut. Hal ini dapat kita amati dengan melihat berbagai ekosistem yang ada di bumi.

9. Biosfer

Biosfer adalah karakteristik ekosistem pada bagian wilayan di bumi. Ekosistem dibedakan menjadi dua macam, yaitu ekosistem perairan dan ekosistem daratan. Kemudian, karena kondisi wilayah bumi yang berbeda – beda maka menimbulkan beragam biosfer yang ditemukan dalam suatu ekosistem. Contoh beragam ekositem yang ditemukan didaratan antara lain biosfer gurun, biosfer tundra, taiga, dan lainnya. Dengan kata lain, biosfer merupakan ekosistem yang memiliki karakter khusus.

10. Bioma

Bioma merupakan bumi yang menggambarkan kehidupan organisme dalam tiap – tiap kehidupan dalm suatu biosfer. Dalam arti lain, bioma adalah kumpulan dari beragam biosfer di bumi. Bioma merupakan organisasi kehidupan paling kompleks. Faktor – faktor yang menyebabkan perubahan global, seperti yang terjadi pada global warming akan berdampak pada seluruh penghuni bumi (bioma).

    1. hasniar September 7, 2016
    2. indri November 26, 2016

    Add Your Comment