Posisi Kawasan Asia Tenggara di Dunia Berdasarkan Berbagai Aspek

Posisi Kawasan Asia Tenggara di Dunia Berdasarkan Berbagai Aspek – Asia Tenggara adalah sebuah nama kawasan di bagian wilayah benua Asia bagian Tenggara. Kawasan ini mencakup wilayah Indochina serta semenanjung Malaya. Kawasan Asia Tenggara terdiri atas beberapa negara di dalamnya meliputi meliputi negara Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Brunei, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Timor Leste, dan Singapura. Negara-negara di kawasan ini juga membentuk sebuah organisasi internasional yakni Asean (Association of South East Asia Nations). Berikut ini merupakan penjelasan mengenai posisi wilayah Asia Tenggara di dunia berdasarkan beberapa aspek meliputi aspek politik, ekonomi, dan juga sosial budaya!

1. Ditinjau dari Aspek Politis

Jika didasarkan pada kedudukannya, Asia Tenggara terletak di antara tiga benua besar diantaranya yakni Amerika, Asia, dan Australia. Posisi tersebut membuat Asia Tenggara menjadi kawasan serta akses terbuka bagi masuknya pengaruh berbagai macam politik kepentingan dari ketiga negara-negara yang besar yang mendominasi di ketiga benua tersebut. Sejarah membuktikan bahwa sampai pertengahan abad XX, kesemua negara di wilayah Asia Tenggara kecuali Thailand, merupakan kawasan yang selalu bergolak dan merupakan bekas jajahan Belanda, Spanyol, Portugis dan negara-negara lainnya.

Baca Juga:  Perkembangan Ilmu Pengetahuan Agama Islam pada Masa Dinasti Abbasiyah

Belanda dengan VOC nya di abad XVI, memproklamirkan daerah jajahannya atas wilayah Netherlands Indie. Sejak tahun 1945, Netherlands Indie atau Hindia Belanda melalui berbagai perang kemerdekaan berganti menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Di Myanmar dan Malaya pada abad XIX, Inggris menduduki kekuasaan pemerintahan di kedua negara tersebut. Di lain tempat Prancis menduduki pemerintahan Indo-Cina. Selanjutnya pada Perang Asia Timur Raya, wilayah Asia tenggara terkecuali negara Thailand, diduduki oleh tentara negara Jepang. Semenjak usainya Perang Dunia II, banyak negara di Asia Tenggara memproklamirkan kemerdekaannya masing-masing. Satu per satu negara di Asia tenggara memeroleh kemerdekaan dengan jalannya masing-masing. Kebanyakan dari negara-negara Asia Tenggara mendapatkan kemerdekaannya melalui jalan diplomasi dan peperangan.

2. Ditinjau dari Aspek Ekonomi

Asia Tenggara memiliki letak yang begitu strategis bagi akses lalu lintas perdagangan antar Benua, yakni benua Australia, Asia, dan Amerika. Hal tersebut berdampak pada meningkatnya keuntungan ekonomis pada kawasan ini. Ditambah lagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara tengah menghadapi banyak persoalan ekonomi yang kompleks. Keuntungan strategis ini dapat menjadi sebuah solusi alternatif dalam upaya masing-masing negara dalam rangka meningkatkan taraf perekonomiannya. Di kawasan Asia Tenggara, hanya sedikit dari sekian banyak negara yang telah mampu mengatasi permasalahan perekonomian negaranya, selebihnya masih membutuhkan bantuan dari PBB dan badan donasi dunia. Negara-negara Asia Tenggara telah berupaya menghadapi persoalan ini dengan membentuk sebuah organisasi internasional lingkup asia Tenggara yakni ASEAN (Association of South East Asia Nations).

Baca Juga:  25 Macam Kelainan dan Gangguan pada Sistem Pencernaan

3. Ditinjau dari Aspek Sosial Budaya

Kawasan Asia tenggara berdasarkan letaknya, pernah menjadi wadah percampuran dari pengaruh-pengaruh kebudayaan pokok dalam fakta sejarah. Termasuk juga pengaruh dari para penyebar agama yang mengemban misi untuk menyebarkan paham-paham agama masing-masing. Tentu saja yang menjadi objek sasarannya secara umum ialah warga masyarakat. Selama berabad-abad kebudayaan bangsa India dan Cina telah memberi pengaruh kebudayaan pada kawasan ini. Sedikit banyak kebudayaan adat serta kebiasaan bangsa-bangsa Asia Tenggara dipengaruhi oleh kebudayaan serta adat istiadat Arab, Timur Tengah, dan juga Eropa. Pengaruh kebudayaan Jepang juga turut memengaruhi wilayah kawasan ini dikarenakan sebagian besar wilayah kawasan Asia Tenggara pernah diduduki oleh pemerintahan militer negara Jepang dalam jangka waktu beberapa tahun. Keseluruhan dari pengaruh-pengaruh kebudayaan asing ini mengakibatkan adanya sebuah integrasi kebudayaan antar berbagai adat dan kebiasaan. Walau demikian adanya, yang terlihat mendominasi dalam kehidupan warga masyarakat Asia tenggara saat ini ialah kebudayaan serta adat istiadat asli dari daerah mereka masing-masing.

Baca Juga:  Soal Sosiologi Kelas 10 Bab Sosiologi Sebagai Ilmu

Sumber :
Dewi, Nurmala, 2009, Geografi Untuk SMA dan MA kelas XII, Jakarta, CV Epsilon Grup.
https://id.m.wikipedia.org./wiki/Asia_Tenggara