Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi dalam Bahasa Indonesia

Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi dalam Bahasa Indonesia – Teks laporan dan teks deskripsi mempunyai beragam perbedaan yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Teks Laporan

Teks laporan adalah hasil tertulis dari kegiatan pengamatan yang dilakukan untuk tujuan memberikan informasi dari apa yang dilihat dan diamati kepada orang lain.

Dengan kata lain, teks laporan didasarkan pada hasil observasi, contohnya teks laporan tentang bunga mawar. Namun, apa yang dijabarkan di dalamya adalah mengenai bunga mawar secara umum, tidak mendetil seperti teks deskripsi.

Kita simpulkan bahwa teks laporan adalah bentuk tulisan yang memberikan penjelasan tentang peristiwa atau fenomena hasil dari pengamatan yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Teks ini dapat juga dikatakan sebagai teks klasifikasi. Teks laporan berisikan klasifikasi dan penjelasan secara umum mengenai suatu hal. Teks laporan sering kali disamakan dengan teks deskripsi. Namun kenyataannya kedua jenis teks tersebut adalah hal yang berbeda.

Baca Juga:  Proses Pencernaan Makanan Pada Kerongkongan dan Lambung

Perbedaannya terletak pada sifat dari teks tersebut, yang mana teks laporan bersifat umum atau universal, sedangkan teks deskripsi bersifat khusus dan unik. Teks laporan lebih mengedepankan klasifikasi atau pengelompokkan suatu hal ke dalam jenis-jenis atau kelas dengan ciri-ciri nya tersendiri. Teks laporan juga banyak menghubungkan jenjang antar kelas dan sub-kelas. Teks laporan memiliki struktur seperti pernyataan umumnya atau klasifikasi berada di awal paragraf dan pada tiap paragrafnya berisi aspek-aspek yang dilaporkan.

Selain itu, teks laporan juga ditandai dengan ciri-ciri seperti laporan yang ditulis bersifat fakta, bersifat objektif, hasil laporan ditulis lengkap dan sempurna, tulisan tidak memasukan unsur-unsur menyimpang seperti propaganda, laporan disajikan secara menarik, tata bahasanya jelas dan isinya juga berbobot, serta susunan teksnya logis.

Dalam menyusun teks laporan, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama, kita membuat judul teks laporan berdasarkan objek yang sedang diamati. Kedua, kita membuat kerangka tulisan. Ketiga, kita mengembangkan ide-ide yang ada di dalam kerangka tulisan dengan penjelasan-penjelasan pendukung yang berdasarkan hasil pengamatan. Keempat, membuat kesimpulan.

Baca Juga:  Definisi & 3 Contoh Surat Pernyataan Kesalahan

Untuk mengetahui perbedaan yang lebih jelas lagi antara teks laporan dan teks deskripsi, marilah kita mengupas tentang teks deskripsi kemudian membandingkannya dengan pemaparan tentang teks laporan.

Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek yang disampaikan dengan gagasan dan ide-ide yang detil sehingga para pembacanya seolah-olah seperti sedangan merasakan atau sedang berada dalam gambaran yang dipaparkan oleh sang penulis.

Apa yang ditulis bisa meliputi objek, tempat, atau peristiwa. Teks deskripsi memiliki cirri-ciri seperti dalam paragrafnya menggambarkan atau melukiskan sesuatu, penggambaran di dalam pargraf tersebut dilakukan dengan sangat jelas dan terperinci dan turut mengikutsertakan sudut pandang inderawi, saat membacanya, pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami sendiri apa yang sedang dibicarakan di dalam teks tersebut, teks menjelaskan ciri-ciri fisik objek seperti warna, ukuran, bentuk dan ciri-ciri psikis atau keadaan suatu objek dengan terperinci.

Baca Juga:  Teks Pidato Tentang Sholat Sebagai Tiang Agama

Teks deskripsi merupakan jenis teks yang memaparkan keadaan (sifat,bentuk,ukuran,warna) sesuatu (manusia atau benda ) secara khusus, unik dan detil. Sehingga, kita dapat menyimpulkan bahwa teks deskripsi adalah jenis teks yang berkebalikan dari teks laporan. Dalam teks deskripsi, yang lebih diutamakan adalah keterkaitan antara keselurahan isi dengan bagian-bagiannya.

Sedangkan teks laporan memaparkan ide dari hal-hal yang khusus menjadi hal-hal yang lebih umum. Dalam teks deskripsi mengandung unsur subjektivitas dan unsur opini, sedangan dalam teks laporan, tulisan dibuat berdasarkan fakta yang ditemui di lapangan dan dituntut untul menjadi objektif.

    1. Dharma March 28, 2016
      • Kakak Pintar March 31, 2016

    Add Your Comment