Penjelasan Jenis – Jenis Karangan Paling Lengkap

Penjelasan Jenis – Jenis Karangan Paling Lengkap – Karangan adalah suatu bentuk tulisan yang memiliki gagasan utama dan ditulis dengan tujuan tertentu. Ada beberapa jenis karangan yang diklasifikasikan menurut tujuan pembuatannya, diantaranya adalah karangan deskripsi, karangan persuasi, karangan, eksposisi, karangan argumentasi, dan karangan narasi. Tahukah Anda pengertian, ciri, dan contoh karangan – karangan tersebut ? Nah, artikel kali ini akan membahas hal itu semua. Berikut adalah penjelasannya.

1. Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi adalah karangan yang dibuat untuk menggambarkan atau melukiskan suatu objek kepada para pembaca dengan sangat jelas sehingga seolah – olah pembaca merasakan atau mengalamai sendiri objek yang sedang dibicarakan dalam karangan tersebut.

Ciri – Ciri Karangan Deskripsi:

1. Menggambarkan suatu objek yang nyata.
2. Objek dilukiskan dengan sejelas – jelasnya
3. Karangan deskripsi ditulis menggunakan metode subjektif dan objektif.

Contoh Karangan Deskripsi:

Si Meow

Aku memiliki seekor kucing yang kuberi nama Si Meow. Dia adalah kucing Persia yang memiliki bulu berwarna putih dengan ekor yang sangat panjang. Bulu Si Meow sangatlah tebal dan lembut sehingga membuat dirinya tampak memiliki tubuh yang gemuk.

Si meow tidak bisa diam. Dia selalu mengikui kemana saja aku pergi. Ketika aku tidak ada di rumah dia akan menunggu di depan pintu hingga aku pulang ke rumah. Selain itu, kucingku berbeda dengan kucing – kucing seperti biasanya. Si Meow sangat suka sekali mandi. Aku selalu mengajaknya berenang setiap tiga hari sekali. Jika aku sudah membawanya ke kolam, dia akan melompat – lompat ke girangan.

Kucingku, Si Meow sangat menyukai makanan kemasan. Dia akan terus mengeong tanpa henti jika merasa lapar. Aku pun selalu memberinya makan 3 kali dalam sehari. Tidak hanya itu, aku juga selalu memeriksakan kesehatannya di dokter hewan. Oleh karena itu, Si Meow selalu sehat dan tidak pernah sakit.

Baca Juga:  Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah dan Lingkungan Hidup

2. Karangan Persuasi

Karangan Persuasi adalah karangan yang ditulis untuk mengajak atu menghimbau pembaca untuk melakukan sesuatu yang diminta oleh penulis dalam karangan tersebut.

Ciri – Ciri Karangan Persuasi

1. Karangan persuasi bersifat mengajak
2. Karangan persuasi menggunakan kata – kata persuasif, sepeti ayo, marilah, dan lain – lain.
3. Karangan persuasi menghindari konflik dengan pembaca.

Contoh Karangan Persuasi

Ayo Menabung

Semakin tahun, kebutuhan manusia semakin meningkat. Meningkatnya kebutuhan ini memaksa kita untuk pintar dalam hal pengelolaan uang. Manajemen pengelolaan uang pneting dilakukan untuk menghindari keadaan – keadaan yang tidak diinginkan terjadi di masa depan seperti sakit, biaya pendidikan dan masih banyak lagi.

Hal ini didukung oleh sebuah pepatah yang mengatakan sedia paying sebelum hujan. Maksud dari pepatah ini adalah kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dimulai dari sekarang. Apabila kita sudah memiliki persiapan, tentu hal – hal tersebut bukanlah masalah. Namun, bayangkan jika kita tidak punya persiapan apa pun, pasti kita akan merasa kesulitan.

Oleh karena itu, mulai dari saat ini marilah kita mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan – kemungkinan yang tidak diinginkan. Caranya yaitu, sisihkan dan tabunglah uang untuk menunjang masa depan kita. Selain itu, jauhkanlah diri kita dari perilaku boros karena hal tersebut hanya akan menyusahkan diri kita.

3. Karangan Eksposisi

Karangan eksposisi adalah karangan yang dibuat untuk menyampaikan atau menjabarakan suatu informasi kepada pembaca.

Baca Juga:  Bagian-Bagian Hidung dan Fungsinya Masing Masing

Ciri Karangan Eksposisi

1. Isinya berupa informasi
2. Bersifat faktual
3. Karangan eksposisi hanya memberi informasi dan tidak memaksa pembaca untuk mempercayainya.
4. Disertai dengan fakta, data, dan contoh sebagai penguat karangan.

Contoh Karangan Eksposisi

Cara Menanam Singkong

Singkong adalah tumbuhan ubi yang sangat dekat dengan bangsa kita. Sejak dahulu makanan ini menjadi pengganti nasi di kala sulit. Hal ini dikarenakan singkong sangat mudah untuk ditemukan karena proses penanamannya yang mudah.

Pertama – tama batang singkong dipotong dengan ukuran 4 cm. Kemudian, ujung bawah singkong dilancipkan. Setelah itu, batang tersebut diletakkan di tempat yang lembab hingga muncul tunas. Setelah batang singkong ditumbuhi oleh tunas, maka singkong siap ditanam.

Singkong ditancapkan dalam tanah yang telah digemburkan. Namun, jangan menancapkannya terlalu dalam dan berilah jarak satu sama lain agar menghasilkan buah yang maksimal. Tumbuhan ini dapat dipanen jika telah berusia sekltar 6 bulan.

4. Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi adalah karangan yang dibuat untuk menyampaikan suatu pendapat penulis tentang problematika atau permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat.

Ciri Karangan Argumentasi

1. Karangan argumentasi bersisi pendapat pribadi
2. Karangan ini berusaha menyakinkan pembaca atau membuat pembaca menyetujui pendapat penulis
3. Disertai dengan data, fakta, dan contoh yang mendukung pendapat penulis

Contoh Karangan Argumentasi

Canggihnya HP Samsul Z X 2

Produsen HP, Samsul, mengeluarkan sebuah produk terbaru yatu Samsul ZX2. Produk ini memiliki beberapa fitur yang menjadikannya sebagai handpone canggih dan terbaik tahun ini. Bahkan HP ini telah memenangkan penghargaan HP terlaris tahun 2015.

Samsul ZX2 dilengkapi dengan kamera yang bisa menanggkap gambar dengan tingkat resolusi penuh. Selain itu, Samasul ZX2 juga dilengkapi dengan super baterai yang membuatnya awet, meskipun digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama.

Baca Juga:  Penjelasan Metode Perpetual dan Metode Fisik

Tidak hanya itu, HP ini juga memiliki beberapa spesifikasi yang sangat canggih. Oleh karena itu, HP samsul ZX2 adalah HP canggih yang sangat cocok bagi para anak muda, khususnya bagi para pecinta game.

5. Karangan Narasi

Karangan narasi adalah karangan yang ditulis untuk menghibur pembacanya dengan cerita – cerita atau peristiwa yang disampaikan secara kronologis.

Ciri Karangan Narasi

1. Karangan narasi berisi cerita yang disampaikan secara kronologis
2. Karangan narasi biasanya berupa fiksi maupun non fiksi
3. Karangan narasi memiliki unsur – unsur cerita seperti tema, tokoh, alur, dan lain – lain

Contoh Karangan Narasi

Pengalaman yang Memalukan

Pada saat itu semua siswa berhamburan keluar dari kelas setelah mendengar bel pulang. Tidak terkecuali aku, dengan sigap aku melompat dari tempat duduk dan menuju keluar kelas.

Kemudian aku berlari menuju perpustakaan. Aku ingin bertemu dengan temanku Ana. Kami berdua berencana akan pergi ke toko buku bersama hari itu. Ketika aku sudah sampai di perpus, aku melihat Ana tengah menghadapa belakang. Sontak saja aku raih tanggannya dan menariknya.

“Ayo kita pergi sekarang,” kataku tanpa melihat wajahnya.

Baru beberapa meter aku menuntunya, aku melihat Ana melintas di depanku. Dia pun heran melihatku pergi tergesa – gesa sambil menyeret seorang wanita.

“Lohh, Ana!” aku kaget.

Segera aku melihat gadis yang aku tarik tadi, ternyata dia bukanlah Ana melainkan orang lain. Dia tersenyum kepadaku. Aku pun merasa malu. Kemudian dengan wajah yang memerah aku meminta maaf kepadanya.