Pengertian, Tujuan, dan Jenis Transmigrasi

Pengertian, Tujuan, dan Jenis Transmigrasi – Simak penjelasan lengkap mengenai transmigrasi melalui artikel berikut ini.

A. Pengertian Transmigrasi

Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari sebuah wilayah yang telah mengalami kepadatan penduduk menuju ke tempat / wilayah yang kurang padat penduduknya, namun perpindahan ini masih dalam lingkup negara. Transmigrasi berasal dari bahasa belanda yakni transmigratie yang merupakan suatu program yang dicanangkan pemerintah guna menghindari kepadatan penduduk yang berlebih pada suatu daerah yang jumlah penduduknya telah mengalami kepadatan jumlah penduduk. Penduduk yang mengikuti program transmigrasi atau yang melakukan transmigrasi disebut transmigran.

Transmigrasi merupakan bentuk dari mobilitas penduduk seperti urbanisasi dan migrasi. Berbeda dengan urbanisai maupun migrasi, transmigrasi memiliki peran, tujuan, dan tata cara yang berbeda. Transmigrasi memiliki tujuan yang berkaitan dengan pembangunan skala nasional dalam rangka pemerataan penduduk serja kesejahteraan sosial.Berikut beberapa tujuan dari transmigrasi!

B. Tujuan Transmigrasi

a. Pemerataan jumlah penduduk.
b. Merintis daerah baru yang minim penduduk dengan datangnya warga dari penduduk wilayah lain, yang diharapkan warga pribumi mampu bekerja sama dengan warga pendatang dalam rangka membangun daerah.
c. Meningkatkan potensi daerah baru dengan berbagai pengalaman yang telah dimiliki warga pendatang di wilayah asal mereka. Wilayah padat penduduk biasanya merupakan daerah perkotaan yang relatif sudah maju dalam hal pendidikan dan lain-lain. Sebaliknya daerah yang baru merupakan wilayah yang masih minim fasilitas serta SDM yang kurang mumpuni dalam membangun potensi daerah.
d. Meningkatkan potensi hasil pertanian serta pengembangan pendidikan di daerah baru.
e. Menekan angka pengangguran dan kemiskinan dengan adanya lahan garapan baru di wilayah baru.
f. Dengan adanya program transmigrasi diharapkan mampu membangun persatuan dan kesatuan bangsa, mengingat warga pendatang memiliki latar belakang etnis yang berbeda dengan warga pribumi.
g. Meningkatkan kesejahteraan sosial dan taraf hidup rakyat.
h. Meningkatkan ketahanan dan kemamanan nasional.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Baku, Pengertian, & Ciri-Ciri (Lengkap)

Selain dari dampak positif serta fungsi transmigrasi, di sisi lain juga terdapat dampak negatif dari transmigrasi seperti berkurangnya lahan serapan hujan karena aktivitas penebangan hutan, berkurangnya habitat satwa, dan beberapa carut-marut pengelolaan transmigrasi.

C. Jenis-Jenis Transmigrasi

Transmigrasi mempunya macam atau jenis yang diklasifikasikan berdasarkan tujuan serta fungsinya. Dalam mengikuti program transmigrasi tentu harus memenuhi prosedur yang berlaku, serta memahami jenis-jenis transmigrasi yang hendak diikuti. Berikut merupakan penjabaran dari jenis-jenis transmigrasi serta penjelasannya!

a. Transmigrasi Lokal

Transmigrasi lokal ialah perpindahan penduduk antar provinsi. Dengan kata lain, perpindahan ini dilakukan dari satu propinsi menuju provinsi yang lain.

b. Transmigrasi Swakarya

Transmigrasi Swakarya merupakan transmigrasi yang diselenggarakan oleh pemerintah guna memberdayakan transmigran untuk mengelola lahan yang baru. Pemerintah menyediakan lahan baru yang nantinya akan dihibahkan kepada transmigran agar lebih produktif dan sejahtera.

Baca Juga:  Pengertian Motif Ekonomi, Contoh, dan Macam-Macam Motif Ekonomi

c. Transmigrasi Sektoral

Transmigrasi Sektoral merupakan jenis transmigrasi yang dilakuakn secara kolektif dengan biaya yang ditanggung bersama-sama.

d. Transmigrasi Umum

Tansmigrasi umum ialah transmigrasi yang dilakukan karena sebab tekanan dari penduduk daerah asal. Transmigrasi jenis ini ditanggung spenuhnya oleh pemerintah.

e. Transmigrasi Keluarga

Transmigrasi keluarga merupakan jenis transmigrasi yang seluruh pembiayaan dibebankan kepada keluarga yang telah menempati daerah transmigrasi.

f. Transmigrasi Swakarsa

Transmigrasi Swakarsa ialah transmigrasi yang terselenggara atas kemauan pribadi atau kolektif namun secara pelaksanaannya difasilitasi oleh pemerintah dalam hal konsultasi dan lain-lain.

g. Transmigrasi Bedol Desa

Transmigrasi jenis ini merupakan transmigrasi yang dilakukan oleh penduduk suatu desa tertentu atau bisa juga beberapa desa dan diikuti oleh aparatur desanya. Transmigrasi jenis ini dilakukan karena desa tersebut secara langsung berhubungan dengan proyek pemerintahan seperti proyek jalan, tambang, dan lain-lain.

Baca Juga:  Pengertian, Struktur DNA, dan Replikasi DNA

Sumber :

https : //id.m.wikipedia.org/wiki/transmigrasi
http://www.artikelsiana.com/2014/10/pengertian-transmigrasi-tujuan-transmigrasi.html?m=1