Pengertian Tindakan Ekonomi, Jenis, & Contoh Tindakan Ekonomi

Pengertian Tindakan Ekonomi, Jenis, & Contoh Tindakan Ekonomi – Sebagai makhluk ekonomis, manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang beragam. Kebutuhan hidup manusia itu dapat berupa kebutuhan rohani maupun kebutuhan jasmani. Dalam usaha pemenuhan kebutuhan hidupnya tersebut, ada banyak sekali masalah yang menghadang mereka.

Contohnya, manusia selalau dihadapi dengan kebutuhan yang banyak dan harus dipenuhi, tetapi dengan jumlah uang yang terbatas. Keadaan ini memakasa manusia untuk bersikap cermat dan cerdas dalam mengatasi masalah ini, yaitu dengan membeli barang – barang yang harganya cukup murah tetapi memiliki dampak atau manfaat yang besar bagi proses pemenuhan kebutuhan hidup mereka.

Hal ini membuktikan bahwa manusia selalu menggunakan pemikiran – pemikiran mereka untuk mempertimbangkan atau memilih hal yang paling baik dan paling bermanfaat bagi kehidupan mereka. Setiap usaha – usaha yang dilakukan melalui proses pertimbangan yang matang ini disebut dengan tindakan ekonomi.

Tindakan ekonomi ini muncul karena adanya keterbatasan pada sarana pemenuhan kebutuhan manusia, yang dapat berupa uang, barang, maupun jasa. Oleh karena keterbatasan inilah, manusia harus mengutamakan kebutuhan mana yang harus dipenuhi saat ini juga dan kebutuhan mana yang dapat ditunda atau diganti dengan lainnya.

Baca Juga:  Teori dan Bentuk Perilaku Menyimpang

Tindakan ekonomi ternyata tidak hanya dilakukan oleh perseorangan saja, tetapi juga dilakukan masyarakat, dan pemerintah. Tindakan ekonomi yang dilakukan oleh perseorangan, contohnya yaitu dengan membeli barang atau menggunakan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka untuk mendapatkannya. Sementara itu, tindakan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah contohnya adalah dengan mengeluarkan kebijakan – kebijakan yang menyangkut perekonomian masyarakatnya, seperti membangun sarana dan prasarana, dan lain sebagainya.

Berdasarkan penjabaran – penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam uasaha memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan tindakan ekonomi yang dilakukan dengan cara memilih beberapa pilihan yang paling menguntungkan bagi mereka dengan didasarkan kepada pemikiran yang rasional, yaitu dengan cara membandingkan antara seberapa besar jumlah pengorbanan mereka untuk hasil yang akan diperoleh. Oleh karena itu, manusia dituntut untuk bersikap cerdas dan cermat dalam melakukan tindakan ekonomi.

Baca Juga:  Definisi, Struktur Tulang Keras, Fungsi, & Contoh Tulang Keras (Osteon)

Jenis – Jenis Tindakan Ekonomi

Dalam pelaksanaanya, ada dua jenis tindakan ekonomi yang dilakukan oleh manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya, yaitu tindakan ekonomi rasional dan irasional. Apakah yang dimaksud dengan kedua jenis tindakan tersebut ? berikut ini adalah pembahasannya:

1. Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional adalah tindakan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dengan melalui pertimbangan – pertimbangan yang matang. Tindakan ini didasari oleh keputusan yang dianggap paling menguntungkan bagi manusia.

Contoh tindakan ekonomi rasional misalnya Budi harus membeli pakain seragam sekolah dan baju baru, tetapi dia hanya memiliki uang yang cukup hanya untuk membeli satu pakaian. Melalui beberapa pertimbangan yang matang, akhirnya Budi memutuskan untuk membeli seragam sekolah karena prioritasnya lebih penting daripada membeli baju baru yang masih bisa diganti dengan baju yang lama.

2. Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional tindakan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnnya tanpa melakukan beberapa pertimbangan. Akibatnya, pilihan yang dianggap baik justru malah merugikan bagi manusia tersebut.

Baca Juga:  Pengertian, Ciri, & Contoh Kalimat Berita Positif

Contohnya tindakan ekonomi irasional, misalnya jarak rumah Budi ke sekolah tidak terlalu jauh, tetapi Budi memutuskan untuk mengendarai sepeda motor daripada menggunakan sepeda dengan pertimbangan sepeda motor lebih cepat. Namun, ternyata pilihan Budi tersebut salah karena justru dia mengalami kerugian dengan mengeluarkan biaya untuk membeli bensin.

Contoh Tindakan Ekonomi

Setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya selalu didasari dengan motif atau prinsip tertentu. Misalnya Andi diberi uang saku oleh ayahnya untuk keperluan hidupnya selama sebulan. Dengan uang tersebut, dia bisa membeli apa saja yang dia inginan. Namun, karena dia

memiliki banyak sekali kebutuhan yang harus dia penuhi, dia harus menggunakannya seefesien mungkin, yaitu dengan membuat daftar atau list prioritas.

Sebenarnya bisa saja Andi menggunakan uang itu untuk membeli jajan, ongkos naik angkot, atau membeli alat tulis. Namun ketika Andi memutuskan untuk membeli alat tulis karena berbagai pertimbangan tertentu, maka secara tidak langsung Andi telah melakukan tindakan ekonomi.