Pengertian Sistem Sirkulasi Darah terbuka dan Penjelasannya

Pengertian Sistem Sirkulasi Darah terbuka dan Penjelasannya – Sistem peredaran darah terbuka merupaka sistem peredaran yang dimiliki oleh kelompok insekta (serangga). Seperti halnya pada hewan lainnya, sistem sirkulasi berfungsi untuk mengangkut senyawa kimia baik yang dibutuhkan oleh tubuh maupun zat sisa metabolisme dari dalam tubuh. Disebut peredaran terbuka dikarenakan susunan dan struktur pembuluh darah yang tak sempurna sehingga menyebabkan darah akan bercampur dengan cairan tubuh. Berikut penjelasan lengkapnya.

SISTEM PEREDARAN DARAH TERBUKA

Sistem sirkulasi atau peredaran terbuka merupakan sistem peredaran darah pada anggota kelompok serangga atau insekta. Sistem peredaran ini terdiri atas jantung pembuluh dan pembuluh darah yang membuka ke arah abdomen. Dengan demikian, pompaan jantung pembuluh akan mengalirkan darah yang masuk ke pembuluh darah dan kemudian keluar bercampur dengan cairan tubuh. Dengan demikian, istilah “darah” pada serangga akan digantikan dengan hemolimfa yaitu cairan darah yang bercampur dengan cairan tubuh.

Baca Juga:  Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank dan Jenisnya

Cairan hemolimfe yang mengalir pada sirkulasi terbuka ini mengangkut sari – sari makanan, hormon, dan senyawa lainnya ke seluruh tubuh hewan. Darah serangga tidak mengangkut oksigen dan karbokdioksida, tidak seperti halnya pada vertebrata. Pengangkutan gas ini diatur oleh sistem trakea yaitu sistem respirasi pada kelompok serangga. Fakta lain mengenai sistem pembuluh terbuka pada serangga ini ialah keabsenan haemoglobin yaitu pigmen darah yang berwarna merah. Darah serangga tidak mengandung haemoglobin melainkan haemosianin yang merupakan pigmen berwana kehijauan. Itulah mengapa “darah” serangga tidak berwarna merah melainkan berwarna kehijauan.

Bagaimana peredaran darah dalam sirkulasi peredaran darah terbuka???

Jantung pembuluh merupakan organ yang berfungsi sebagai pompa darah akan berkontraksi yang disebabkan oleh otot penyusun jantung pembuluh. Kontraksi jantung pembuluh akan mendorong cairan haemolimfa keluar dari pembuluh darah. Sementara itu, relaksasi dari jantung pembuluh akan membuat cairan haemolimfa memasuki jantung pembuluh lagi untuk mengalami siklus yang baru. Pembuluh darah pada sistem peredaran darah terbuka tidak seperti pada pembuluh darah pada sistem peredaran darah tertutup. Pembuluh darah ini terletak di daerah dorsal bagian tubuh serangga, yang tersusu atas pembuluh aorta yaitu pembuluh darah yang keluar langsung dari jantung pembuluh. Pembuluh darah ini tersusun sejajar dengan sumbu tubuh. Sementara pembuluh arteri adalah pembuluh darah yang keluar dari pembuluh aorta. Sinus venosus ialah pembuluh terbuka pada daerah jantung pembuluh. Sinus venusos merupakan tempat masuknya cairan haemolimfa ke jantung pembuluh.

Baca Juga:  Contoh Percakapan Bahasa Indonesia 2 Orang Tentang Liburan Sekolah

Bagaimana sistem pengangkutan pada sistem sirkulasi terbuka???

Sirkulasi terbuka pada beberapa invertebrata ini mengangkut sari – sari makanan dari sistem pencernaan. Distribusi sari – sari makanan dari sistem pencernaan ini melalui sistem sirkulasi. Dengan aliran darah yang bercambur dengan cairan tubuh, sari – sari makanan akan didifusikan ke sel – sel di seluruh tubuh. Hal ini karena, pembuluh darah pada sistem peredaran darah ini tidak sampai menuju pada sel – sel atau jaringan penyusun tubuh. Sementara limbah metabolisme akan diangkut menuju sistem eksresi dan dibuang ke luar tubuh. Darah pada sistem peredaran darah terbuka hanya mengandung plasma darah (cairan). Sistem sirkulasi terbuka juga berperang mengangkut hormon yang akan berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh hewan. Tidak ada istilah darah bersih dan darah kotor pada sistem sirkulasi terbuka. Hal ini dikarenakan haemolimfa mengandung sari – sari makanan. Sementara lmbah metabolisme berupa ammoniak akan masuk ke eksresi. Selain itu, sistem sirkulasi terbuka tidak mengangkut gas respirasi. Dengan demikian, tubuh serangga tidak akan teracuni oleh gas karbondioksida yang dihasilkan dari respirasi sel di dalam tubuh. Oksigen dan karbondioksida akan bertukar di dalam sistem respirasi.

Baca Juga:  Cara Membuat Esai dan Contoh Esai Tentang Pendidikan