Pengertian Resensi dan Cara Meresensi Buku

Pengertian Resensi dan 6 Langkah Membuat / Cara Meresensi Buku – Resensi adalah sebuah tulisan yang berisikan pembahasan atau pengulasan terhadap suatu objek karya tulis berkaitan dengan penilaian terjadap kualitas dari sebuah buku. Secara harfiah resensi memiliki arti menimbang, menilai, dan melihat. Ketiga penafsiran tersebut terpadu pada satu pengertian yakni mengulas / menilai. Dalam hal ini resensi menekankan pada penilaian terhadap suatu hasil karya tulis yakni buku.

Mersensi adalah suatu kegiatan membahas, mengulas, menimbang, dan menilai isi dari sebuah buku secara objektif sehingga menghasilkan sebuah penilaian yang baik. Penilaian dalam resensi bisa berupa kritikan dan pujian dalam hal kualitas isi buku dan lai-lain. Secara umum resensi memiliki tujuan sebagai media penyajian informasi secara menyeluruh terhadap pembaca tentang kualitas isi buku secara objektif serta Hasil ulasan resensi menyajikan tentang penilaian terhadap isi buku yang dapat memberikan pilihan terhadap pembaca apakah buku tersebut layak menjadi bahan bacaan atau tidak.

Berikut beberapa langkah yang tepat dalam meresensi sebuah buku!

1. Persiapan

Langkap awal yang harus dilakukan oleh oleh peresensi adalah membuat persiapan. Persiapan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut!

Baca Juga:  Pembahasan Teori Pembentukan Bumi (Big Bang, Nebula, Kuiper, Tidal, Bintang Kembar)

– Persiapan dimulai dengan menentukan buku yang hendak diresensi. Penting bagi peresensi dalam mengetahui kesesuaian minat dan keahlian penulis resensi dengan buku yang hendak diresensi. Mislanya penulis resensi menyukai sastra, maka buku yang hendak diresensi lebih kepada novel atau kumpulan cerpen.
– Selanjutnya pilihlah buku yang membahas masalah kekinian yang berhubungan dengan isu sosial yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak orang.
– Pastikan buku yang hendak diresensi belum diresensi oleh orang lain.
– Hindarilah plagiarism dan mematuhi etika-etika kepenulisan.
– Berikutnya catatlah identitas buku yang hendak di resensi berupa judul, pengarang, penerbit, tempat, tahun terbit, cetakan, ukuran, jumlah, halaman, harga buku dan ISBN.
– Jika diperlukan kumpulkan beberapa buku yang memiliki esensi sejenis dengan buku yang hendak diresensi sebagai bahan perbandingan dalam hal ide dan gagasan.

2. Observasi

Langkah berikutnya yakni melakukan observasi. Hal-hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut!

Baca Juga:  Definisi & Contoh Metamorfosis Sempurna Serta Tidak Sempurna

– Langkah pertama adalah membaca, memahami, dan menghayati isi buku yang hendak diresensi. Penulis resensi juga perlu memperhatikan dengan bail latar belakang penulis buku seperti keluarga, aktivitas, dan pendidikannya.
– Berikutnya memperhatikan tujuan penulis buku dalam menuliskan bukunya. Maksudnya, setiap penulis tentu memiliki tujuan tertentu dalam menulis buku yang dikarangnya, penulis resensi yang baik hendaknya turut menuliskan tujuan penulisan buku di dalam resensinya.Tujuan penulisan buku dapat menjadi referensi bagi penulis resensi dalam menuliskan resensinya.
– Dalam memahami sebuah buku yang hendak diresensi, penulis resensi dapat memahamai beberapa hal yang terdapat dalam buku berupa tema, sudut pandang penulis buku, referensi penulisan buku, sasaran pembaca, jenis buku ditinjau dari bacaannya, dan subtansi buku.
– Penulis resensi perlu memerhatikan jenis penjabaran tema yang dituliskan oleh penulis buku dalam bukunya. Tulisan dalam buku tentu saja bias berupa penjabaran tema deskripsi, narasi, eksposisi, atau campuran. Berkaitan dengan isi buku, penulis resensi juga perlu memperhatikan anatomi buku berupa informasi, halaman prancis, halaman judul, halaman catalog, kata pengantar, daftar isi, bab sub bab, daftar pustaka, glosarium, dan indeks.

Baca Juga:  Pengertian dan Fungsi Enzim Pepsin

3. Analisa

Selanjutnya menganalisa buku dengan mengidentifikasikan kelebihan, kekurangan, penyajian, dan bahasa tulis yang digunakan. Beberapa hal yang harus dianalisa dalam meresensi buku yakni isi buku, tata cara penyajian, dan bahasa tulisan.

4. Evaluasi

Langkah berikutnya dalam meresensi buku yakni mengevaluasi isi buku dengan penggunaan infornasi beradasarkan pengamatan isi buku berupa tata cara penyajian, bahasa tulis yang digunakan.

5. Penulisan

Langkah ini merupakan inti dari kegiatan meresensi yakni menulis. Menulis resensi hendaknya dilakukan dengan sistematis / berurutan diawali dengan judul resensi, data buku, pendahuluan, isi resensi, dan penutup.

6. Penyuntingan

Langkah terakhir dalam menyusun resensi adalah menyunting. Menyunting merupakan kegiatan mengoreksi sebuah tulisan berkaitan dengan isi maupun redaksi serta kaidah tulisan. Hendaknya penulis resensi melakukan pengamatan ulang terhadap tulisan resensi yang disusunnya. Penyuntingan secara umum mencermati deskripsi tentang isi buku, analisa resensi, objektivitas resensi, dan kualitas resensi.