Pengertian Procedure Text, Tujuan, Languange Feature, & Generic Structure

Pengertian Procedure Text, Tujuan, Languange Feature, & Generic Structure – Apakah kalian pernah membaca resep masakan sebelumnya? Atau pernahkah kalian membaca petunjuk pemakaian akan suatu barang, misalkan barang elektronik? Yup, resep masakan dan cara pemakaian suatu barang termasuk ke dalam jenis teks yang sama, yaitu teks prosedur (Procedure Text). Lalu apakah Procedure Text tersebut? Berikut adalah penjelasan mengenai Procedure Text.

Pengertian Procedure Text

Sebelum membahas mengenai pengertian Procedure Text, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Procedure. Procedure atau dalam Bahasa Indonesia disebut ‘prosedur’ merupakan kata yang mempunyai arti ‘a set of actions which is the official or accepted way of doing something’ atau merupakan ‘sekumpulan langkah-lanhkah yang merupakan cara untuk melakukan sesuatu’. Sedangkan text atau ‘teks’ memiliki arti tulisan. Jadi, Procedure Text is a text that is designed to describe how something is achieved through a sequence of actions or steps. Artinya, teks prosedur (Procedure Text) merupakan sebuah teks yang menggambarkan bagaimana sesuatu dapat dibuatatau digunakan melalui serangkaian langkah – langkah.

Tujuan Procedure Text

Melihat pengertian dari Procedure Text diatas, kita telah dapat mengetahui tujuan dari Procedure Text itu sendiri. The purpose (tujuan) dari Procedure Text adalah to make the reader understand how to make or how to operate something with a sequence of actions or steps. Artinya, tujuan dari teks prosedur adalah untuk membuat para pembaca paham atau mengerti bagaimana cara membuat atau bagaimana cara mengoperasikan sesuatu dengan serangkaian langkah secara berurutan.

Baca Juga:  4 Contoh Procedure Text How to Make Sandwich

Generic Structure of Procedure Text

Teks prosedur (Procedure Text) memiliki struktur kebahasaannya sendiri sehingga membedakan teks prosedur dengan jenis teks yang lain dalam Bahasa Inggris. Berikut adalah struktur kebahasaan (Generic Structure) dari Procedure Text:

1. Goal / Aim (Tujuan)

Tujuan atau Goal merupakan hal utama yang harus ditulis sebelum membuat Procedure Text. Tujuan atau Goal dari Procedure Text merupakan judul dari teks prosedur itu sendiri. Sebagai contoh kita ingin membuat Procedure Text mengenai cara membuat istana pasir, maka tujuan dari Procedure Text tersebut adalah “How to Build A Sand Castle”. Contoh lain yaitu jika kita ingin membuat Procedure Text mengenai cara membuat salad buah, maka tujuan dari Procedure Text kita merupakan judul dari teks itu sendiri, yaitu “How to Make Fruit Salad”.

2. Tools (Alat – Alat)

Tools atau alat – alat merupakan bagian selanjutnya yang harus ditulis dalam membuat Procedure Text. Tools merupakan bagian yang berisi alat – alat yang digunakan dalam mengoperasikan atau membuat sesuatu. Contohnya jika kita ingin membuat Procedure Text mengenai cara membuat istana pasir, berarti alat – alat yang diperlukan adalah sekop (shovel), ember (bucket), dan sebagainya. contoh lainnya jika kita ingin membuat contoh Procedure Text mengenai cara membuat salad buah, berarti alat – alat yang dibutuhkan adalah mangkuk (bowl), sendok (spoon), parutan keju (cheese grater), dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Contoh Procedure Text How to Use Microsoft Word

3. Ingredients / Materials (Bahan – Bahan)

Ingredients / Materials atau bahan – bahan merupakan langkah selanjutnya dalam Procedure Text. Bagian ini berisi bahan – bahan yang dibutuhkan dalam membuat sesuatu. Sebagai contoh, jika kita ingin membuat istana pasir, maka bahan – bahan yang dibutuhkan yaitu pasir dan air. Sedangkan jika kita ingin membuat salad buah, maka bahan- bahan yang dibutuhkan adalah buah beraneka macam, mayonnaise, susu kental manis, dan keju.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis Procedure Text yang tidak menggunakan bagian Ingredients / Materials dan/atau bagian Tools, yaitu sebagai berikut:

• Procedure Text yang menjelaskan cara melakukan instruksi secara manual, seperti How to Operate Smartphone, How to Use Rice Cooker, How to Operate Computer, dan sebagainya.
• Procedure Text yang menjelaskan bagaimana cara melakukan aktivitas – aktivitas tertentu serta peraturannya, seperti Driving Rules, Road Safety Rules, dan sebagainya.
• Procedure Text yang berhubungan dengan kebiasaan atau sifat manusia, seperti How to succeed, How to be Happy, How to Move On, dan sebagainya.

4. Steps (Langkah – Langkah)

Steps atau langkah – langkah merupakan bagian terakhir yang berisikan langkah – langkah dalam membuat, menggunakan, atau mengoperasikan sesuatu. Langkah – langkah tersebut biasanya ditulis secara kronologis atau berurutan dari langkah awal hingga proses terakhir hingga tujuan dari teks prosedur tersebut tercapai.

Baca Juga:  7 Contoh Procedure Text How to Make Milkshake

Ciri Kebahasaan Procedure Text (Language Feature of Procedure Text)

Ciri Kebahasaan (Language Feature) dari Procedure Text yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan Simple Present Tense

2. Menggunakan kalimat perintah (Imperative Sentences)

Kalimat dalam Procedure Text sedikit berbeda dengan kalimat dalam teks lain, karena kalimat dalam teks ini merupakan kalimat perintah (Imperative) dimana tidak ada subjek, melainkan kalimat diawali dengan menggunakan kata kerja (verb), contohnya cut, boil, stir, plug in, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan kata penghubung (Connectives)

Kata penghubung (connectives) digunakan sebagai penghubung antara satu kegiatan dengan kegiatan yang lain, contohnya firstly, secondly, then, after that, finally, last, dan sebagainya.

4. Menggunakan kata keterangan (Adverbs)

Kata keterangan (adverbs) digunakan untuk memberikan keterangan waktu (time), contohnya for 2 minutes, one hour, thirty minutes, dan juga untuk memberikan keterangan cara (manner), contohnya thoroughly, well, fast, dan lain – lain.

Demikianlah pengertian, tujuan, struktur kebahasaan, dan ciri kebahasaan dari Procedure Text. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

 

Baca Juga:

 

Contoh Recount Text Holiday In Bali Terbaru
Contoh Narrative Text Fabel dalam Bahasa Inggris
Pengertian Narrative Text, Tujuan, Languange Feature, & Generic Structure