Pengertian, Macam-Macam Norma dan Contohnya

Pengertian, Macam-Macam Norma dan Contohnya – Norma adalah suatu pedoman perilaku yang mengatur seorang individu untuk dapat hidup bersama – sama di dalam suatu kelompok masyarakat. Selain itu, norma juga dapat diartikan sebagai petunjuk atau dasar dari sebuah perilaku yang dibenarkan atau pantas untuk dilakukan pada saat melaksanakan interaksi sosial di dalam sebuah kelompok masyarakat tertentu.

Norma terbentuk dari hasil buatan manusia sebagai makhluk sosial yang pada awalanya terbentuk secara tidak disengaja. Setelah itu, lama kelamaan norma tersebut disusun dan dibentuk dengan sadar, sehingga terbentuklah norma – norma di dalam masyarakat.

Meskipun sama – sama berfungsi sebagai petunjuk dasar dalam berperilaku, norma dan nilai adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan mendasar antara norma dan nilai adalah konsekuensinya. Norma memiliki sanksi atau penghargaan yang dikenakai kepada seseorang ketika melanggar atau mematuhinya. Sedangkan, nilai tidak memiliki sanksi ataupun pengharagaan bagi yang melanggar atau mematuhinya.

Dalam kehidupan bermasyarakat, norma sering disebut juga sebagai peraturan sosial. Aturan – aturan tersebut bersifat memaksa seluruh anggota masyarakat untuk patuh dan bertindak sesuai dengan norma – norma tersebut.

Ciri-Ciri Norma Sosial

Norma sosial yang berlaku di dalam masyarakat memiliki ciri – ciri tertentu. Adapun ciri – ciri norma sosial adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Jenis Data Sistem Informasi Geografis

1. Norma merupakan hasil kesepatakan bersama dari anggota masyarakat.
2. Norma memiliki fungsi dalam mengatur perilaku anggota masyarakat.
3. Norma bersifat dinamis karena terus mengalami perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.
4. Norma sosial bersifat mengikat dan ditaati bersama oleh seluruh anggota masyarakat.
5. Norma sosial memiliki sanksi ataupun pengharagaan bagi siapapun yang melanggar atau mematuhi norma tersebut.

Macam – Macam Norma

Berdasarkan aspek – aspeknya, norma dibedakan ke dalam beberapa jenis, di antaranya adalah norma kesusilaan, agama, hukum, dan adat istiadat/kesopanan. Apakah pengertian dan contoh – contoh dari jenis – jenis norma tersebut ? Berikut ini adalah pembahasannya:

1. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah aturan – aturan yang mengikat aspek kehidupan sosial manusia. Norma ini didasari dari hati nurani manusia bahwa manusia bisa membedakan perbuatan yang baik dan buruk. Pada umumnya norma ini tidak tertulis tetapi tertanam dalam hati sanubari manusia ketika bersosialisasi.

Apabila norma kesusilaan ini dilanggar, maka pelanggarnya akan mendapatkan sanksi yang berupa penghakiman dari masyarakat, seperti cemooh, pengucilan, dan lain sebagainya.

Contoh norma – norma kesusilaan :

Dilarang berbohong dan berkhianat,
Saling menghormati dan menghargai orang lain,
Saling tolong – menolong,
Berlaku adil terhadap sesama manusia, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Tulang Tulang Penyusun Rangka Manusia Berdasarkan Bentuk, Fungsi, dan Strukturnya

2. Norma Agama

Norma agama adalah seperangkat aturan – aturan yang berasal dari wahyu ilahi. Norma ini dibuat bukan dari hasil kesepakatan manusia, tetapi perintah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk melaksankan anjuran dan menjauhi larangannya.

Norma agama ternyata dapat juga menjadi sumber atau rujukan dari semua norma – norma yang ada, seperti norma hukum, kesusilaan, dan lain – lain. Hal ini dikarenakan agama sangatlah bersifat komplek dan mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, sehingga manusia bisa hidup dengan baik dan benar.

Contoh norma – norma agama:

– Melaksanankan kewajiban, seperti pergi ke tempat ibadah, membaca kitab suci, dan sebagainya
– Melaksanakan perintah Tuhan Yang Maha ESA, seperti saling membantu, menyayangi, menghormati antar sesama umat manusia, dan sebagainya.
– Menjauhi perintah Tuhan Yang Maha ESA, seperti berbuat jahat, membunuh manusia, berjudi, berkhianat, minum – minuman keras, zina, memfitnah, dan lain sebagainya.

3. Norma Kesopanan/Adat

Norma kesopanan sering juga disebut dengan norma adat istiadat suatu masyarakat tertentu. Norma ini berasal dari suatu kebudayaan manusia yang didasari oleh kaidah – kaidah yang berupa kepatuhan, kepantasan dan kebiasaan yang berlaku pada masyarakat tersebut.

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Teks Biografi Pahlawan Indonesia

Singkatnya, norma kesopanan adalah suatu peraturan yang mengikat suatu pergaulan masyarakat tentang etika, sopan santun, dan tata krama dalam masyarakat. Sama seperti norma sosial, norma kesopanan juga tidak tertulis dan bagi yang melanggar atau mematuhi akan mendapatkan sanksi dan penghargaan dari masyarakat.

Contoh norma – norma kesopanan/adat :

– Bertutur kata yang baik,
– Menghormati orang yang lebih tua,
– Memberikan salam ketika bertemu,
– Menghargai wanita, dan lain sebagainya.

4. Norma Hukum

Norma Hukum adalah norma/aturan-aturan yang tertulis dan mengatur kehidupan bernegara masyarakat suatu Negara. Norma ini dibuat oleh pihak yang berwenang dan mengikat semua pihak tanpa terkecuali.

Pelanggaran atas norma hukum ini akan diberikan sanksi yang berupa hukuman penjara atau bahkan hukuman mati tergantung dengan seberapa berat pelanggaran tersebut.

Contoh norma – norma hukum :

Semua norma – norma hukum tercantum dalam UUD 1945, contohnya adalah Pembunuhan berencana yang diatur dalam pasal 340 adalah :

“Barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana ( moord ), dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun”.