Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri – Ciri, dan Jenisnya Adalah

Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri – Ciri, dan Jenisnya Adalah – Bahasa Indonesia memiliki beberapa jenis karangan yang diklasifikasikan berdasarkan tujuannya. Salah satunya adalah karangan deskripsi. Apakah yang dimaksud dengan karangan deskripsi tersebut ? artikel kali ini akan membahas tentang karangan deskripsi secara mendetail. Berikut ini adalah penjelasananya.

Karangan deskripsi adalah karangan yang menggambarkan suatu hal atau benda dengan sejelas – jelasnya sehingga si pembaca bisa merasakan, mengalami, atau melihat sendiri hal atau benda yang sedang di bahas di dalam tulisan tersebut.

Karangan deskripsi menggambarkan suatu hal yang bisa ditangkap oleh panca indera manusia seperti warna, bentuk, rasa, dan ada kalanya juga sifat yang sesuai dengan objeknya. Seperti karangan – karangan lainnya, karangan deskripsi dikembangkan dengan sebuah gagasan utama pada kalimat utama.

Gagasan utama tersebut kemudian didukung oleh kalimat – kalimat penjelas yang menggambarkan atau memberikan gambaran utuh objek tersebut.

Ciri Karangan Deskripsi

Berdasarkan pengertian di atas, ada beberpa karakteristik karangan deskripsi yang bisa kita lihat. Ciri – ciri karangan deskripsi tersebut adalah:

1. Karangan deskripsi menggambarkan suatu objek yang nyata. Dengan kata lain, bisa diterima oleh panca indera manusia.
2. Karangan deskripsi menggambarkan suatu objek sejelas – jelasnya sehingga membuat pembaca seolah – olah merasakan atau mengalamai sendiri apa yang dilukiskan oleh penulis.
3. Karangan deskripsi bersifat objektif. Dengan kata lain, penulis menggambarkan atau melukiskan suatu objek atau benda secara apa adanya atau tidak memihak.
4. Karangan deskripsi ditulis dengan metode, impresionistis (subjektif), realistis (objektif), atau sikap penulis.

Baca Juga:  Pengertian & Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Jenis Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi memiliki tiga macam jenis karangan, diantaranya adalah karangan deskripsi spatial, karangan deskripsi ekspositoris, dan karangan deskripsi impresionatis. Nah, di bawah ini adalah pengertian dan contoh – contoh karangan deskripsi.

1. Karangan Deskripsi Spasial

Karangan deskiripsi ini menggambarkan suatu hal atau benda yang berupa ruang atau tempat.

Contoh:

Ruang Kelasku

Ruang kelas kami, kelas VII B sangatlah luas dan nyaman. Ruangan itu cukup luas untuk menampung 30 siswa – siswinya dengan panjang yang mencapai 7 meter dan lebar hingga 6 meter. Karena luasnya kelas kami, tidak jarang ruangan ini sering dipakai untuk ruangan rapat oleh guru – guru.

Kelas kami dilengkapi oleh 31 pasang meja dan kursi yang menghadap langsung ke dua buah papan tulis yang cukup besar. Selain itu, kami juga memiliki dua buah lemari yang besar dan diletakkan di samping meja guru dan di belakang tempat duduk siswa yang paling belakang.

Lemari yang berada di depan digunakan untuk meletakkan perlengkapan kelas seperti buku absen, buku cetak dan peralatan menulis seperi spidol, dan penghapus. Sedangkan, lemari yang berada di belakang digunakan untuk menyimpan alat – alat kebersihan seperti sapu, alat pel, ember, dan lain – lain.

Selain luas, kelas kami juga sangat cantik. Kami menghisasi tembok yang berwarna putih itu dengan poster – poster motivasi dan gambar – gambar para pahlwan. Tidak hanya itu, kelas kami pula memiliki beberapa bunga yang diletakkan di meja guru dan di pinggir jendela sehingga kelas kami terlihat sangat indah menawan.

Baca Juga:  Pengertian Resensi dan Cara Meresensi Buku

Oleh karena itu, kelas kami sangatlah nyaman sehingga kami dan guru – guru pun betah untuk berlama – lama berada di kelas.

2. Karangan Deskripsi Impresionatis

Jenis karangan deskripsi ini menggambarkan suatu objek dengan metode subjektif. Dengan kata lain, benda atau hal yang dideskripsikan berdasarkan impresi, kesan atau pandangan pribadi penulisnya.

Contoh :

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah objek wisata yang tepat bagi para keluarga. Di sana kita bisa melihat miniature Indonesia secara lengkap. Banyak sekali kebudayaan – kebudayaan menarik yang bisa kita jumpai seperti budaya irian jaya, batak, dayak dan masih banyak lagi. Kita bisa berkeliling menikmati pemandangan di sekitar taman sekaligus belajar tentang Indonesia.

Selain memiliki kebudayaan yang lengkap, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai, seperti WC umum, tempat makan, tempat berkumpul dan lain – lain.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika akhir pekan karena saat itulah banyak pengunjung yang datang. Selain itu, setiap akhir pekan juga biasanya diadakan sebuah pawai yang sangat meriah untuk menghibur para pengunjung.

Oleh karena itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah tempat berlibur yang paling menyenangkan bersama keluarga karena selain berlibur kita juga bisa belajar di sana.

Baca Juga:  Pengertian & Daftar Negara Maju dan Negara Berkembang

3. Karangan Deskripsi Realistis

Karangan deskripsi realistis adalah karangan yang objeknya digambarkan dengan cara objektif. Dengan kata lain objeknya digambarkan secara apa adanya tanpa adanya kesan maupun pendapat pribadi penulisnya.

Contoh

Sekolahku

Sekolahku, SMAN 2, sangat luas dan hijau. Sekolah tersebut berdiri di sebuah lahan seluas 3 hektar dan dikelilingi oleh pohon – pohon yang rindang. Sekolah ini terbagi menjadi tiga lokal, yaitu lokal pertama, kedua dan ketiga.

Lokal pertama berdiri gedung yang cukup besar untuk ruang guru dan kepala sekolah. Tepat di sebelah ruang guru ada laboratorium dan perpustakaan. Selain itu, jika kita melewati lorong antara laboratorium dan perpustakaan kita akan menemukan sebuah masjid.

Lokal kedua yang terletak di tengah – tengah merupakan ruangan kelas. Ada sekitar 21 kelas yang tersusun mengelilingi lapangan basket dan lapangan upacara di tengah – tengahnya. Selain ruang kelas, di lokal kedua ini juga terdapat ruangan – ruangan kecil yang diperuntukan untuk kegiatan ekstrakulikuler.

Sedangkan lokal ketiga yang terletak paling belakang terdapat sebuah aula yang sangat besar. Selain itu, di lokal ini juga ada beberapa tempat berolahraga seperti badminton, lompat jauh, tolak peluru, dan lain – lain. Lokal ini juga terapat kantin – kantin yang menjual beberapa makanan seperti soto, nasi uduk, bakso, mie ayam dan lain – lain.

    1. albert December 22, 2015
      • Kakak Pintar December 25, 2015
    2. firdan March 28, 2016
      • Kakak Pintar March 31, 2016

    Add Your Comment