Pengertian Ide Pokok Paragraf & Contoh Lengkap

Pengertian Ide Pokok Paragraf & Contoh Lengkap – Ide pokok paragraf adalah ide yang mendasari disusunnya sebuah paragraf. Ide pokok kemudian dikembangkan lagi dengan kalimat yang lebih detil yang disebut dengan ide pendukung/penjelas sehingga paragraph yang tersusun menjadi utuh. Ide pokok paragraf adalah jiwa dari tiap paragraf atau inti dari apa yang dibahas di dalam sebuah paragraf. Istilah lain yang digunakan untuk menyebut ide pokok adalah gagasan pokok atau gagasan utama.

Di dalam sebuah paragraf hanya terdapat satu ide pokok. Sementara itu, kita juga sering mendengar istilah kalimat utama. Pertanyaannya adalah apakah ide utama/gagasan utama memiliki makna yang sama dengan kalimat utama? Banyak yang salah mengartikannya. Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama/ide pokok. Sedangkan ide pokok/gagasan utama mengacu pada kata-kata kunci yang menjiwai sebuah paragraf atau yang menjadi dasar tersusunnya sebuah paragraf.

Baca Juga:  Pengertian & Macam Macam Paragraf Lengkap

Ide pokok atau gagasan utama dalam sebuah paragraf dapat ditemukan dengan memperhatikan letak kalimat utama nya. Letak kalimat dalam paragraf menentukan jenis pola paragraf yang digunakan.

Berikut ini adalah jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya:

1. Paragraf Deduktif : Kalimat utama terletak di awal paragraf
2. Paragraf Induktif : Kalimat utama terletak di akhir paragraf
3. Paragraf Campuran : Kalimat utama terletak di awal dan akhir paragraf

Contoh paragraf deduktif:

1. Wajah berminyak adalah masalah kulit yang meresahkan remaja. Kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat dan kebanyakan remaja mengalami permasalahan ini. Jerawat di wajah tentu membuat tidak nyaman dan juga tidak indah dipandang. Remaja yang mengalami masalah kulit berminyak dan berjerawat cenderung menjadi tidak percaya diri. Sebagian dari mereka merasa canggung dan tidak percaya diri apabila tampil di depan banyak orang atau lawan jenis dengan kondisi kulit wajah yang berminyak dan berjerawat.

Baca Juga:  Pengertian & 4 Contoh Paragraf Deduktif

2. Tumbuhan memberi banyak manfaat bagi manusia. Salah satu manfaatnya adalah menghasilkan oksigen yang tersebar di bumi. Oksigen yang dihasilkan tumbuhan digunakan manusia untuk bernapas dan juga sebagai bahan dalam proses fotosintesis tumbuhan. Terlebih lagi, manusia juga dapat memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber makanan, obat, tempat tinggal dan lain-lain

Contoh paragraf induktif:

1. Dewasa ini, teknologi berkembang semakin cepat. Begitu pula dengan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini telah menjadi kebutuhan banyak orang. Telepon genggam dan teknologi canggih yang dapat memudahkan kegiatan manusia kini tersebar di pasaran dari harga yang sangat terjangkau hingga yang mahal. Hal tersebut merupakan gambaran bagaimana teknologi berkembang dan dibutuhkan. Dengan semakin maju pesatnya teknologi, kita pun dituntut untuk dapat menguasainya agar tidak ketinggalan di era globalisasi ini.

Baca Juga:  6 Contoh Pantun Nasehat yang Lucu

2. Dalam membuat karya, seorang penyair perlu menuangkan imajinasinya. Karya-karya sang penyair akan mencerminkan isi dari imajinasiya. Imajinasi sang penyair dapat dikembangkan menjadi rangkaian cerita dalam novel. Demikian juga seorang pelukis yang akan menggoreskan tinta warnanya dengan menvisualisasikan imajinasi.

Paragraf campuran

Kini, Facebook sudah manjadi teman akrab bagi para pemuda hingga orang tua. Setiap hari nya, orang-orang menyempatkan diri untuk memperbaharui statusnya di Facebook dan juga membagikan pemikiran serta foto-foto pribadi. Berkomunikasi dengan teman di Facebook telah menjadi kegemaran yang dapat menghilangkan kejenuhan dari aktivitas sehari-hari. Tidak hanya mengobrol dengan teman lama, beberapa orang juga menggunakan Facebook untuk mencari teman baru, bahkan jodoh. Banyak orang menggunakan facebook karena manfaatnya dalam menjalin silaturahmi dan komunikasi.