Pengertian Globe, Kedudukan, dan Penggunaan Globe

Pengertian Globe, Kedudukan, dan Penggunaan Globe – Manusia tinggal di atas muka bumi yang memiliki bentuk seperti bola. Pernahkah Anda mengamati matahari terbenam atau kapal yang sedang berlayar? Kapal yang berlayar di lautan akan terlihat semakin kecil hingga akhirnya hilang dari pandangan. Demikian pula dengan matahari terbenam yang akan lenyap dari pandangan. Fenomena – fenomena tersebut membuktikan bahwa bumi ini berbentuk bulat. Karena bentuknya yang bulat inilah kita tidak bisa mengamati keadaan bumi secara keseluruhan. Oleh karena itu, maka dibuatlah tiruan bola bumi yang disebut dengan globe.

Pengertian globe sendiri adalah sebuah model tiruan bola bumi yang menampilkan gambaran keseluruhan bentuk bumi sehingga hampir sama mendekati bentuk bumi yang sebenarnya. Hasil pemotretan bola bumi dari ruang angkasa, didapatkan bahwa bumi memiliki berapa dimensi sebagai berikut ini.

1. Luas permukaan bumi : ± 510.066.000 km2

2. Luas daratan : 148.326.000 km2

3. Luas lautan : 361.740.000 km2

4. Keliling equator : 40.075 km

5. Keliling meridian : 40.007 km

Baca Juga:  Pengertian Sosialisasi, Tujuan, Media Sosialisasi, dan Contohnya

6. Jari-jari kutub : 6.357 km

7. Jari-jari equator : 6.378 km

Berdasarkan ukuran dimensi di atas, dapat diketahui bahwa bumi memiliki ukuran yang cukup besar, namun tidak sebesar ukuran matahari.

Kedudukan Globe

Globe memiliki kedudukan yang tidak lurus (tegak), tapi condong dengan membentuk sudut sebesar 66½ derajat terhadap garis horizontal. Kedudukan tersebut menyamai kemiringan sumbu bumi. Sebuah globe yang ditempatkan pada tempatnya dapat berputar. Hal ini melambangkan bahwa bumi juga melakukan putaran terhadap porosnya. Perputaran ini disebut juga dengan rotasi. Gerakan perputaran bumi dan kutub utara selatan disebut grid geografi yang terdiri dari garis – garis utara-selatan dan timur-barat.

Garis – garis grid yang menghubungkan kutub-kutub bumi tersebut disebut sebagai meridian atau bujur. Garis bujur memiliki besaran antara 0° – 360°, di mana bujur 0° dimulai di kota Greenwich, sebuah kota yang terletak di Kota London bagian timur.

Garis bujur yang terletak di sebelah barat Greenwich disebut sebagai garis bujur barat (BB), besarnya antara 0° — 180°. Sedangkan garis yang ada di sebelah timur Greenwich disebut sebagai garis bujur timur (BT), besarnya antara 0° — 180°. Garis – garis bujur ini digunakan sebagai penentu waktu dan tanggal di seluruh dunia. Garis bujur 0° dijadikan sebagai dasar atau titik awal dalam perhitungan waktu internasional yang disebut sebagai waktu Greenwich Mean Time (GMT). Sementara itu pertemuan antara garis 180° BB dan 180° BT dijadikan sebagai garis batas tanggal internasional.

Baca Juga:  Pengertian & Daftar Negara Maju dan Negara Berkembang

Grid yang menghubungkan arah timur-barat yang sejajar dengan Equator disebut juga dengan garis pararel atau lintang yang besarnya antara 0°-90°. Garis lintang yang letaknya berada di utara Equator disebut sebagai garis lintang utara (LU). Sedangkan garis lintang yang letaknya berada di sebelah selatan Equator disebut juga dengan garis lintang selatan (LS).

Penggunaan Globe

Selain sebagai alat yang bisa digunakan untuk mempelajari bumi secara keseluruhan, ada berbagai macam kegunaan dari miniature bumi ini. Adapun kegunaan – kegunaan dari globe ini adalah sebagai berikut:

a. Sebagai perencanaa perjalanan jauh

Globe bisa digunakan untuk merencanakan perjalanan jauh, baik melalui udara, darat, maupun laut. Dengan globe kita bisa melihat jalur – jalur man sajakah yang bisa kita tempuh untuk menuju tempat tujuan.

b. Sebagai media pembelajaran

Baca Juga:  Penjelasan Teori Terbentuknya Tata Surya (Teori Nebula, Teori Planetesimal, Teori Pasang Surut, Teori Awan Debu)

Globe dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran baik untuk tingkat SD, SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi. Melalui globe, mereka bisa mempelajari bentuk bumi, dan mendapatkan informasi – informasi yang tidak didapatkan melalui peta atau atlas.

c. Sebagai penentu waktu dan musim

Globe bisa digunakan untuk menentukan waktu dan musim satu wilayah dengan cara melihat garis bujur yang ada pada globe. Penentuan waktu ini diawali dari garis bujur 0 derajat di kota Greenwich.

d. Sebagai petunjuk informasi arus laut

Globe dapat digunakan untuk mengetahui arus – arus laut. Dengan begitu, para pelaut dapat mengetahui arah arus laut, sehingga mereka bisa berlayar dengan selamat.

    1. Iqbal HS February 17, 2016
      • Kakak Pintar February 18, 2016

    Add Your Comment