Pengertian, Generic Structure, dan Contoh Report Text

Pengertian, Generic Structure, dan Contoh Report Text – Simak penjelasan lengkap mengenai report text berikut ini.

Pengertian

Report text adalah jenis teks yang menyajikan informasi dan deskripsi tentang sesuatu.Dalam report text, peulis tidak boleh menambahkan pendapat pribadi. Informasi yang terdapat dalam report text adalah pemaparan fakta-fakta yang disusun secara sistematis. Tujuan dari report text adalah untuk mendokumentasikan, menyusun, dan menampung informasi yang berupa fakta. Report text mengklasifikasikan dan mendeskripsikan fenomena di dunia kita. Deskripsi yang disajikan harus jelas dan detil. Yang membedakan descriptive text dan report text adalah pada topik utamanya. Sebagai contoh, apabila dalam descriptive text yang dibahas adalah “My Cat”, maka dalam report text judulnya hanya”Cat”. Pembahasannya pun akan berkisar tentang jenis-jenis ‘cat’, ciri-ciri ‘cat’ pada umumnya, dll.

Generic Structure

Dalam report text, ada dua komponen yang menyusunnya, yaitu sebagai berikut:

1. General classification: Berisi pernyataan umum yang biasanya berupa definisi atau klasifikasi umum dari apa yang akan dijabarkan selanjutnya.

2. Description: Berisi deskripsi lebih rinci tentang topic yang dibahas. Deskripsi tersebut adalah fakta-fakta yang menggambarkan objek yang dibahas. Fakta-fakta dikelompokkan sesuai dengan wilayah bahasannya, kemudian dikembangkan kembali. Terkadang juga penulis menggunakan ilustrasi, diagram, atau gambar yang dilengkapi dengan label untuk memperjelas deskripsi tersebut.

Baca Juga:  6 Contoh Undangan Resmi dalam Bahasa Inggris

Contoh

Koala

Koala is one of animals which has pouch, or it is usually called as marsupial animal. Koala is a typical animal from Australia. It can be found in Adelaide to Cape York Peninsula. In general, there are many people who say that word ‘koala’ is from the native citizen of Australia which means ‘it does not drink’. Actually, koala drinks water but it is rarely because it eats eucalyptus which contains much water. Therefore, koala does not need to drink more water. Koala only eats eucalyptus. Besides water, it also contains low protein, and phenol compounds which poisonous for the other animal. Commonly, Koala eats 500 gram of eucalyptus per day. It chews the eucalyptus until it is very smooth and then swallows it. The liver of koala can separate the poison. Therefore, it is not dangerous to consume.

Baca Juga:  Contoh Report Text About Dolphin dan Artinya

Koala is similar with wombat (its close relative), but it has thicker and softer fur. Its ears are bigger and its hands and feet are longer. It has paws which help it to climb the tree. The weight of Koala is range from 5kg to 14kg. Even though it looks cute, koala is forbidden to pet because the urban area is not suitable for it. Even in Australia, there is a law which categorizes it as law violation. Koala is the only animal which has fingerprints and those are similar with humans’. Sometimes it is difficult to differentiate both of them.

Artinya:

Koala adalah salah satu hewan yang memiliki kantung, atau ia biasa disebut hewan marsupial. Koala adalah hewan khas Austriala. Ia bias ditemukan di Adelaide hingga semenanjung Cape York. Umumnya, banyak orang yang mengatakan bahwa kata koala berasala dari bahasa asli pendudukan Australia yang memiliki makna “tidak minum”. Sesungguhnya koala minum air, namun jarang karena ia memakan daun ekaliptus yang mengandung banyak air. Sehingga, koala tidak perlu minum lebih banyak air. Koala hanya memakan dan ekaliptus. Selain mengandung air, ekaliptus juga mengandung protein yang rendah dan senyawa fenol yang beracun bagi hewan lainnya. Secara umum, koala mengkonsumsi 500grams daun ekaliptus dalam sehari. Koala biasanya mengunyah daun tersebut hingga sangat embut dan kemudian menelannya. Organ hati koala dapat memisahkan zat racun sehingga daun ekaliptus tidak berbahaya baginya.

Baca Juga:  Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Korupsi

Koala mirip dengan kerabatnta, wombat. Namun, koala memiliki bulu yang lebih tebal dan lembut. Telinganya lebih besar. Tangan dan kakinya juga lebih panjang. Ia memiliki cakar yang membantunya untuk memanjat pohon. Berat kola berkisar antara 5kg hingga 14kg. walaupun koala tampak menggemaskan, ia dilarang untuk dipelihara karena daerah pinggiran kota tidak cocok untuknya. Bahkan di Australia, terdapat hukum yang mengkategorikannya sebagai pelanggaran hukum. Koala adalah satu-satunya hewan yang memiliki jari dan mirip dengan sidik jari manusia. Terkadang, kedua sidik jari tersebut sulit untuk dibedakan.