Pengertian, Fungsi Devisa, Sumber Perolehan, dan Manfaatnya

Pengertian, Fungsi Devisa, Sumber Perolehan, dan Manfaatnya – Apakah yang dimaksud dengan devisa ? Fungsi dan sumber – sumber perolehan devisa ? Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

A. Pengertian Devisa

Devisa adalah segala macam benda yang digunakan dalam perdagangan internasional sebagai alat pembayaran yang diterima secara luas oleh Negara-negara di dunia. Adapun contoh dari devisa diantaranya adalah: mata uang asing (dollar, euro, and pondsterling), emas, wesel asing, dan lain lain sebagainya.

Ada dua macam jenis devisa yang biasa digunakan sebagai alat pembayaran, diantaranya adalah: Devisa umum, dan Devisa kredit. Devisa umum adalah devisa yang diperoleh dari hasil-hasil kegiatan ekspor barang atau jasa, dan bunga modal. Semenatara itu, devisa kredit adalah devisa yang didapatkan dari kredit pinjaman luar negeri.

B. Fungsi Devisa

Selain sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. ada beberapa fungsi dari devisa. Adapun fungsi dari devisa tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Devisa berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah dalam kegiatan perdagangan internasional, seperti: expor, impor dan lain-lain.
2. Devisa digunakan sebagai alat untuk membiayai hubungan internasional, misalnya diplomatik kedaulatan, perjalanan dinas, konsultan, grant, bantuan luar negeri dan lain-lain.
3. Devisa digunakan sebagai alat pembayaran hutang luar negeri.
4. Devisa digunakan sebagai sumber pendapatan Negara.

Baca Juga:  Proses Reproduksi Bakteri Aseksual dan Paraseksual

C. Sumber Devisa

Sebagai sumber pendapatan Negara, devisa diperoleh dari berbagai macam aktivitas perdagangan maupun penyediaan jasa. Adapun sumber devisa adalah sebagai berikut :

1. Kegiatan ekspor barang

Negara yang memiliki sistem ekonomi terbuka mengandalkan kegiatan ekspor barang untuk mendapatkan devisa. Semakin banyak suatu Negara mengekspor barang ke Negara-negara lain, semakin banyak pula devisa yang diperolehnya, sehingga pendapatan Negara akan meningkat.

2. Penyelenggaraan jasa

Tidak semua Negara diberkahi oleh sumber daya alam yang kaya untuk memproduksi barang-barang bermutu. Nah, Negara-negara yang tidak memiliki kemampuan tersebut mengandalkan bidang penyelenggaraan jasa sebagai sumber pemasukan devisa utama.

Adapun bentuk penyelenggaraan jasa yang dapat dilakukan adalah menyediakan Bandar udara, pelabuhan kapal, jasa pengiriman barang baik ekspor maupun impor, jasa perbankan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Pengertian Iman Kepada Rasul Allah dan Fungsinya

3. Pariwisata

Pariwisata merupakan sumber devisa utama bagi Negara yang mengandalkan sektor pariwisata. Devisa tersebut diperoleh dari turis – turis, baik mancanegara maupun domestik yang datang. Oleh karena itu, semakin banyak wisatawan yang datang, khususnya para wisatawan asing yang akan menukarkan mata uang negaranya, maka pemasukan Negara akan semakin meningkat.

4. Pinjaman luar negeri

Selain dari usaha yang dilakukan, pinjaman atau bantuan luar negeri juga dapat menjadi salah satu sumber devisa bagi suatu negara, khususnya negara-negara yang sedang berkembang. Negara-negara tersebut sangat bergantung pada pinjaman-pinjaman luar negeri untuk melaksananakan pembangunan.

Selain digunakan sebagai pembiayaan pembangunan dalam negeri, pinjaman luar negeri juga dapat digunakan untuk membiayai import barang. Meskipun pinjaman tersebut merupakan hutang yang harus dibayar, tetapi tetap saja ketika menerimanya akan meningkatkan devisa Negara.

5. Hibah dan hadiah dari luar negeri

Salah satu sumber devisa Negara yang bukan hutang adalah Hibah atau hadiah. Hibah atau hadiah merupakan bantuan yang diberikan dari dalam maupun luar negeri yang dapat menambah pemasukan kas Negara.

Baca Juga:  Perbedaan Sel Prokariotik Dan Sel Eukariotik

6. Warga negara yang bekerja di luar negeri

Warga Negara yang bekerja di luar negeri dapat menjadi sumber devisa Negara. Para tenaga kerja ini menyumbang devisa melalui biaya pengiriman-pengiriman uang atau transfer dari Negara tempat mereka bekerja.

Bagi Indonesia, warga Negara yang bekerja di luar negeri meruapakan pemasukan utama devisa Negara. Oleh karena itu, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) disebut sebagai pahlawan devisa Negara.

D. Manfaat Devisa

Devisa memiliki beberapa manfaat bagi Negara. Adapun manfaat dari devisa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membeli barang atau jasa dari luar negeri.
2. Baiaya mengimpor barang.
2. Membayar hutang maupun bunga utang luar negeri.
3. Membiayai aktivitas-aktivitas perdagangan internasional.
4. Membiayai hubungan antara Negara atau diplomat, contohnya adalah baiaya duta besar, konsulat dan lain sebagainya.
5. Membiayai atlit olah raga yang mengikuti suatu pertandingan tingkat internasional, studi banding para pejabat dan lain sebagainya.