Pengertian, Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan, dan Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Pengertian, Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan, dan Macam-Macam Kebutuhan Manusia – Setiap manusia yang dilahirkan di bumi ini memiliki unsur jasmani dan rohani yang dilengkapi dengan perasaan, akal, dan naluri. Kedua unsur tersebut memiliki kebutuhan – kebutuhan yang harus dipenuhi. Misalnya, unsur jasmani memerlukan kebutuhan jasmani yang memiliki wujud nyata, seperti makan, minum, pakaian, rumah, dan sebagainya. Begitu pula dengan unsur rohani yang memerlukan kebutuhan berupa kesenangan, ketenangan, kenikmatan, rekreasai, pendidikan, agama, dan siraman rohani. Kebutuhan – kebutuhan tersebut harus dipenuhi agar manusia dapat melangsungkan hidupnya di dunia ini.

Sifat manusia yang selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupannya adalah suatu bukti bahwa manusia merupakan makhluk ekonomi, Homo Econimus. Homo berarti manusia, sedangkan economicus berarti hidup menurut kepentingannya sendiri. Jadi, manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus) adalah manusia yang selalu mencari dan memperoleh kemakmuran diri yang bertindak sebagai makhluk ekonomi.

Dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia bergantung pada kemampuan dan usaha mereka masing – masing. Selain itu, kebutuhan manusia juga dipengaruhi oleh keinginan. Keinginan sangat berbeda dengan kebutuhan. Keinginan adalah hasrat manusia untuk mendapatkan kepuasan dalam memenuhi kebutuhan yang spesifik. Sementara itu, kebutuhan adalah keinginan terhadap barang dan jasa yang menentukan keberlangsungan hidup manusia di dunia.

Baca Juga:  Deskripsi Tentang Tumbuhan Biji Terbuka & Tumbuhan Biji Tertutup

Dengan hasrat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia akan berusaha sekeras mungkin dan melakukan berbagai macam cara dan upaya supaya kebutuhannya tersebut terpenuhi. Dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia tidak bisa melakukannya sendiri. Mereka memerlukan orang lain untuk mendapatkannya. Oleh karena itu manusia disebut dengan makhluk sosial.

Berdasarkan penjabaran – penjabaran di atas, dapat kita pahami bahwa kebutuhan manusia adalah segala sesutau yang harus dipenuhi oleh manusia, baik kebutuhan unsur jasmani maupun unsur rohani, yang bisa menentukan kelangsungan hidup manusia di dunia ini.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Pada penjelasan di atas telah disebutkan bahwa ada faktor – faktor yang mempenagruhi kebutuhan hidup manusia. Adapun faktor – faktor tersebut adalah:

1. Tempat Tinggal

Tempat tinggal manusia sangat berpengaruh terhadap keinginan mereka dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap manusia di daerah tertentu memiliki kebutuhan yang berbeda – beda dengan manusia yang hidup di daerah lain. Perbedaan tersebut muncul akibat letak geografis dan iklim tempat tinggal mereka yang berbeda. Manusia yang tinggal di pesisir pantai, memiliki kebutuhan yang berbeda dengan manusia yang tinggal di pegunungan.

Baca Juga:  Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah dan Lingkungan Hidup

Contohnya adalah manusia yang tempat tinggalnya berada di daerah tropis, yang memiliki dua perubahan musim (musim kemarau dan musim hujan), pada umumnya membutuhkan pakaian yang tipis, makanan yang berkalori tinggi, dan rumah dengan ventilasi yang cukup lebar. Kebutuhan – kebutahan tersebut tentu berbeda dengan kebutuhan manusia yang tempat tinggalnya berada di daerah sub tropis, yang memiliki empat perubahan musim.

2. Pendidikan

Pendidikan juga turut mempengaruhi kebutuhan hidup manusia. Manusia yang pendidikannya tinggi, seperti sarjana, memiliki keinginan yang berbeda dengan manusia yang pendidikannya rendah. Hal ini dikarenakan semakin besar tingkat pendidikan mereka, maka semakin banyak dan bervariasi pula keinginan manusia tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

3. Usia

Manusia dewasa memiliki keinginan yang lebih besar daripada remaja atau anaka anak. Hal ini dikarenakan semakin dewasa usia seseorang, maka semakin banyak keinginan mereka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh, orang dewasa membutuhkan alat transportasi, uang, dan lain – lain. Sedangkan anak – anak kecil hanya membutuhkan kasih sayang dan perhatian saja.

4. Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang Tersedia

Baca Juga:  Sejarah Kerajaan Kutai, Peninggalan, Prasasti, Pendiri, dan Uraian Lengkap Lainnya

Sumber daya di dalam suatu daerah turut mempengaruhi kebutuhan hidup manusia, baik sumber daya alamnya maupun manusia. Manusia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang melimpah biasanya memliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih besar dibandingkan mereka yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang kurang.

Tetapi ketersediaan sumber daya alam dan manusia berbanding terbalik. Manusia yang memiliki sumber daya alam yang banyak, tetapi sumber daya manusiannya sedikit, memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan yang rendah karena ketidakmampuan mereka mengolahnya.

Macam – Macam Kebutuhan Manusia

Sebagai manusia yang terdiri dari unsur jasmani dan rohani, manusia memiliki dua jenis kebutuhan hidup yang harus mereka penuhi, yaitu:

Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang harus mereka penuhi untuk pemuasaan komponen jasmani mereka. Kebutuhan ini berbentuk nyata. Contohnya adalah makan, minum, pakaian, uang, dan lain – lain.

Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan – kebutuhan yang harus dipenuhi untuk pemuasan komponen rohani manusia. Kebutuhan ini menyababkan rasa puas, ketenangan, kedamaian, dan sebagainya bagi manusia. Contohnya adalah rekreasi, siraman rohani, dan lain sebagainya.