Pengertian Descriptive Text, Tujuan, Generic Stucture, Language Feature

Pengertian Descriptive Text, Tujuan, Generic Stucture, Language Feature – Seringkali dalam kehidupan sehari – hari kita menceritakan kepada orang – orang disekitar kita mengenai suatu benda, binatang, atau bahkan tempat dengan detail dan jelas dengan maksud agar orang yang kita ceritakan tersebut mengerti. Hal tersebut disebut juga dengan mendeskripsikan sesuatu. Berikut adalah Pengertian Descriptive Text, Tujuan, Generic Stucture, Language Feature.

Pengertian Descriptive Text

Sebelum membahas mengenai pengertian decsriptive text, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan descriptive. Descriptive atau dalam Bahasa Indonesia disebut ‘deskriptif’ merupakan kata sifat yang mempunyai arti ‘gambaran’. Sedangkan text atau ‘teks’ memiliki arti tulisan. Jadi, Descriptive Text is a text which describe something, such as person, animal, thing, or place, in a detailed. Artinya, teks deskriptif (Descriptive Text) merupakan sebuah teks yang menggambarkan sesuatu, seperti orang, hewan, benda, atau tempat, secara mendetail atau secara lengkap. Kata mendeskripsikan disini berarti menyebutkan sifat – sifat atau karakteristik dari sesuatu yang akan kita deskripsikan tersebut.

Tujuan Descriptive Text

Melihat pengertian dari Descriptive Text diatas, kita telah dapat mengetahui tujuan dari Descriptive Text itu sendiri. The purpose (tujuan) dari Descriptive Text adalah to describe something, such as person, animal, thing, or place, in a detailed so that the readers or the listeners are able to understand what we describe and are able to imagine the thing we describe even though they have not seen it before. Artinya, tujuan dari teks deskriptif adalah untuk menggambarkan sesuatu, seperti orang, hewan, benda, atau tempat, secara detail sehingga para pembaca atau pendengar dapat memahami apa yang kita gambarkan dan juga dapat membayangkan hal yang kita gambarkan tersebut meskipun mereka belum pernah melihat benda atau hal yang kita deskripsikan tersebut.

Baca Juga:  Contoh Descriptive Text Tentang Tempat Wisata

Generic Structure of Descriptive Text

Teks deskriptif (Descriptive Text) memiliki struktur kebahasaannya sendiri. Hal inilah yang membedakan teks deskriptif berbeda dengan jenis teks yang lain dalam Bahasa Inggris. Berikut adalah struktur kebahasaan (Generic Structure) dari Descriptive Text:

1. Identification

Identification merupakan bagian pertama dari Descriptive Text yang terletak pada paragraf pertama. Fungsi dari Identification adalah untuk memperkenalkan hal atau benda yang ingin kita deskripsikan kepada para pendengar atau pembaca. Fungsi lain dari Identification adalah memberitahu para pendengar atau pembaca bahwa benda atau hal yang akan kita deskripsikan merupakan hal khusus dan berbeda dari yang lainnya. Identification merupakan paragraf yang berisi sedikit penjelasan mengenai benda atau hal yang kita ingin deskripsikan sebelum kita menyebutkan sifat – sifat atau karakteristik dari benda atau hal tersebut dalam paragraf yang selanjutnya.

Contoh: Jika Anda akan mendeskripsikan mengenai mobil Volkswagen Combi, kalian akan menuliskan dalam paragraf pertama (Identification) sebagai berikut:

Aku memiliki sebuah mobil baru. Mobil tersebut bermerek Volkswagen. Mobil ini merupakan jenis mobil yang sudah lama aku inginkan sejak aku berumur 12 tahun.

Baca Juga:  Pengertian Report Text, Tujuan, Ciri, & Generic Structure

(I have a new car. The brand of the car is Volkswagen. This car is the car that I really want to have since I was 12 years old).

2. Description

Description merupakan bagian selanjutnya dari teks dskriptif. Bagian ini biasanya ditulis pada paragraf kedua dan selanjutnya. Isi dari bagian Description adalah sifat – sifat atau karakteristik dari benda atau hal yang kita deskripsikan dan merupakan lanjutan dari bagian pertama (Identification). Sifat – sifat atau karakteristik dari benda atau hal tersebut merupakan karakteristik khusus yang memang melekat atau ada pada benda atau hal yang kita deskripsikan tersebut dan bukan merupakan hal umum yang bisa ditemui di setiap benda yang mirip dengan apa yang kita deskripsikan.

Contoh (lanjutan dari Identification): Mobil Volkswagen ini merupakan jenis Kombi. Warna dari mobil ini adalah merah dan cream. Mobil tersebut merupakan mobil tipe ke 2 yang diproduksi oleh Volskwagen, setelah sebelumnya Volkswagen memproduksi tipe 1 yaitu Beetle. Mobil VW Kombi ini memiliki 2 pintu di bagian samping dan juga memiliki atap yang dapat dibuka sehingga disebut juga sebagai mobil VW Samba Bus. (This Volkswagen car that I have is a Kombi one. The color is red and cream. This care is the second type that is produced by Volkswagen, after it produced the first type, Beetle. This VW Kombi has 2 doors at one side and has a cloth sunroof so that it is also called as VW Samba Bus).

Baca Juga:  Contoh Descriptive Text About Dog & Artinya Terbaru

Language Feature of Descriptive Text

Descriptive Text memiliki beberapa ciri kebahasaan atau Language Feature sebagai berikut:

1. Menggunakan Simple Present Tense

Karena fungsinya untuk menggambarkan sesuatu dimana ciri atau arakteristik dari benda atau hal tersebut tidak akan berubah, maka Descriptive Text menggunakan Simple Present Tense. Contoh: This car is a Kombi one. This car has a cloth sunroof and two doors at its one side.

2. Menggunakan kata sifat (Adjective)

Menggambarkan atau mendeskripsikan sesuatu akan lebih mudah dipahami jika menggunakan kata sifat (Adjective) sehingga sesuatu yang kita gambarkan tersebut dapat dibayangkan dengan lebih nyata. Contoh: This car is red and cream, the chairs are good.

3. Menggunakan kata penghubung (Linking Verb)

Kata penghubung merupakan kata yang menghubungkan subjek dengan kata penjelasan. Kata penghubung dapat berupa to be (is, am, are) atau yang lain, seperti seem, look, appear, sound, dan lain – lain.

Demikianlah pengertian Descriptive Text beserta ciri dan generic structure. Semoga dapat membantu. Terima kasih.

Baca Juga:

Contoh Descriptive Text About Person & Artinya
Contoh Descriptive Text About My House & Artinya
Contoh Descriptive Text About Cat & Artinya
2 Contoh Descriptive Text About Place