Pengertian dan Komponen Sistem informasi Geografis

Pengertian dan Komponen Sistem informasi Geografis – Artikel berikut ini akan memberikan penjelasan singkat kepada Anda tentang pengertian SIG serta apa saja komponennya.

A. Pengertian Sistem informasi Geografis

Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah sistem pembuatan peta dalam bentuk digital dengan menggnakan teknologi komputerisasi. Teknologi SIG telah banyak digunakan oleh para ilmuan geografi (geografi). Pada dasarnya sistem infoemasi geografi tidak serta merta digunakan dalam hal pembuatan peta saja, sistem ini juga dapat digunakan untuk pengolahan data keruangan dengan menggunakan teknologi komputer.

Secara definitif, pengertian SIG selalu mengalami perkembangan dan variasi. Beberapa pengertian tentang SIG yang telahdipahami secara umum adalah sebagai berikut!

a. SIG merupakan sebuah sistem berbasis komputerisasi yang dipergunakan untuk memasukkan, memeriksa, menyimpan, menyatukan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan data-data yang memiliki hubungan dengan posisi-posisi di permukaan bumi (Rice, 20).
b. SIG merupakan sebuah sistem teknologi informasi yang secara cepat menganalisa, menyimpan, serta menampilkan data secara spesial maupun nonspesial. SIG menyatukan kombinasi kekuatan perangkat lunak berbasis data relasi dan paket perangkat lunak CAD (Guo 20).
c. SIG merupakan sistem komputer yang dipergunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan melalui perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai pengolah data verifikatif, akuisif serta kompilatif.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Deduktif, Ciri-Ciri, & Definisi Lengkap

Pengertian SIG menurut istilah dibagi menjadi dua yakni:

a. Sistem informasi merupakan perpaduan kerja untuk memperoleh informasi dalam pengambilan keputusan. Sistem ini memiliki komponen data, perangkat keras, perangkat lunak, dan aktivitas dalam pengolahan dan analisa data.
b. Informasi geografis merupakan kumpulan fakta atau data yang berkaitan langsung dengan lokasi wilayah ruang pada permukaan bumi. Susunan data atau fakta tersebut selanjutnya menghasilkan informasi baru yang bersifat geografis

B. Komponen Sistem informasi Geografis

Sistem Informasi Geografis sebagai sistem informasi mempunyai komponen serta teknis kerja tertentu dalam penanganan data yang berisikan seputar informasi geografis. Komponen dalam sistem ini saling berkaitan satu sama lain. Dalam pengoperasian SIG pada dasarnya memerlukan beberapa komponen dasar. Penjelasannya sebagai berikut!

1. Sistem Komputer

Berdasarkan unsurnya komputer dibagi menjadi dua yakni perangkat lunak dan perangakt keras perangkat lunak.

a. Perangkat Lunak (Soft ware) ialah sebuah program komputer yang berfungsi sebagai pelaksana pekerjaan berdasarkan kehendak pengguna sesuai dengan yang dikehendaki. Program komputer tersebut dituliskan menggunakan bahasa khusus yang hanya dapat diterjemahkan oleh komputer. Software terbagi dari beberapa jenis, yakni:

– Sistem operasional, merupakan sistem program software yang berguna untuk pengaktifan keseluruhan perangkat yang terintegrasi pada sistem komputer sehingga setiap perangkat komputer tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain. Sistem operasi yang mendukung Sistem informasi geografi diantaranya yakni IG seperti UNIX, Windows, Novell, dan lain-lain.
– Program utility, merupakan sistem perangkat lunak yang berfungsi untuk menyesuaikan kekurangan/ kelemahan dari sistem operasi.
– Program aplikasi, merupakan program perangkat lunak yang secara khusus mengerjakan hal-hal tertentu seperti Iddrisi, Erdas, for GIS, Autocard, Ermapper, Ilwis, Map info, seperti ARC/Info, ArcView, dan lain-lain.

Baca Juga:  Tulang Tulang Penyusun Rangka Manusia Berdasarkan Bentuk, Fungsi, dan Strukturnya

b. Perangkat keras

Perangkat Keras ialah sebuah program komputerisasi yang sebagai pendukung aplikasi sains dan bisnis. Secara umum perangkat keras mencakup:

– CPU (Computer Processor Unit), perangkat keras ini merupakan pemroses utama dari sistem komputer yang selanjutnya menjadi inti dari semua instruksi dan program (processor). Disamping itu, CPU juga memiliki peran pengendali semua operasi yang ada dalam semua sistem komputer.
– RAM, perangkat ini dipergunakan oleh CPU sebagai sarana penyimpan sementara seluruh program dan data yang disatukan melalui input device, dalam jangka waktu tertentu.
– Storage, perangkat ini berfungsi sebagai tempat menyimpan data secara semi permanen (temporary) dan data permanen.
– Input device, perangkat keras ini berbentuk peralatan yang dipergunakan sebagai sarana untuk membantu pengguna dalam memasukkan data ke dalam Sistem Informasi Gegrafi. Perangkat ini terdiri atas mouse, scanner, keyboard, kamera digital dan lain-lain.
– Output device, perangkat keras ini berfungsi sebagai alat keluaran data seperti hasil presentasi data dari dalam komputer. Alat ini berguna untuk mempresentasikan data informasi SIG dalam bentuk hardcopy. Data juga dapat ditampilkan tetap dalam bentuk softcopy berupa tampilan layar monitor. Perangkat ini terdiri atas monitor, printer, plotter, dan sebagainya.

Baca Juga:  Definisi Comparative & Superlative Adjective Serta Penjelasannya

2. Data Geografis

Data geografis ialah data yang memiliki hubungan dengan kondisi / keadaan geografi seperti jalan raya, pegunungan, topografi, gedung, dan lain sebagainya. Data ini dapat dilihat dengan foto udara, data statistik, citra satelit, dan lain sebagainya.

3. Pengguna (User)

Pengguna merupakan seseorang yang bertugas untuk memilih informasi yang penting dan diperlukan,menjadwalkan pemutakhiran (updating) yang efektif, membuat standar tertentu, menganalisa berkaitan dengan hasil yang disajikan untuk manfaat yang diinginkan, serta melakukan perencanaan aplikasi. Dalam hal pengoperasian Sistem Informasi Geografi, penginputan data ruang dibutuhkan beberapa elemen dasar SIG, diantaranya yakni akuisi data, persiapan, manajemen data, manipulasi dan analisis serta pembuatan produk.

Sumber :
Dewi, Nurmala, 2009, Geografi Untuk SMA dan MA kelas XII, Jakarta, CV Epsilon Grup.