Pengertian dan Klasifikasi Struktur Sosial

Pengertian dan Klasifikasi Struktur Sosial – Berikut terdapat penjelasan lengkap mengenai pengertian serta klasifikasi struktur sosial.

A. Pengertian

Struktur sosial ialah sebuah sistem sosial yang susunannya memiliki bentuuk berupa kelompok-kelompok sosial yang ada dalam lingkungan masyarakat. Ditinjau dari jenis susunannya, struktur sosial bisa berbentuk vertikal ataupun horizontal. Contoh dari struktur sosial yang berbentuk vertikal ialah kelompok warga miskin dan warga yang kaya raya. Hal tersebut secara jelas menampakkan kedudukan yang memiliki perbedaan diantara keduanya. Secara umum di masyaraka, orang kayalah yang memiliki status / kedudukan yang lebih tinggi di bandingkan dengan orang miskin. Sedangkan struktur sosial yang beebentuk horizontal contohnya yakni kelompok warga masyarakat yang beragama islam, kristen, hindu, budha, konghucu, dan semua etnis suku bangsa yang ada di Indonesia. Dalam struktur sosial horizontal ini taka ada kedudukan yang lebih tinggi ataupun lebih rendah.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi sebab struktur sosial timbul dikalangan masyarakat, diantaranya yakni:

a. Faktor individual

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Teks Biografi Pahlawan Indonesia

Pada sebab ini seorang individu masyarakat sebagai pelaku pembentukan masyarakat dan juga pembentuk struktur sosial. Apabila tak ada individu maka tentu tidak akan ada yang namanya masyarakat.

b. Interaksi

Interaksi yang dilakukan antar individu masyarakat juga turut membentuk sebuah struktur sosial. Jika tak ada interaksi, tentu struktur sosial tak akan pernah ada dalm masyarakat.

B. Ciri-Ciri Struktur Sosial

a. Struktur sosial timbull pada sebuah kelompok masyarakat
b. Struktur sosial erat kaitannya dengan kebudayaan yang ada di dalamnya
c. Struktur sosial sangat dinamis dan dapat berubah serta mengalami perkembangan

struktur sosial setidaknya terdapat 3 fungsi, diantaranya yakni:

a. Fungsi identitas

Fungsi identitas berkenaan dengan peranan sebagai penegas terhadap identitas seseorang dalam sebuah kelompok sosial.

b. Fungsi Kontrol

Fungsi kontrol adalah sebuah sisitem kontroling yang memiliki peranan sebagai pengawas seorang individu yang berada pada sebuah struktur sosial tertentu.

c. Fungsi Pembelajaran

Fungsi ini erat kaitannya dengan wadah pembelajaran terhadap struktur sosial yang berkaitan dengan interaksi sosial yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga:  Kumpulan Pantun Anak Bahasa Indonesia Terbaru

Struktur sosial yang ada dalam sebuah fenomena kehidupan seorang individu setidaknya dapat diklasifikasikan ke dalam 5 jenis, diantaranya yakni :

1. Struktur Permanen dan Dinamis

Struktur permanen memiliki sifat tak dapat dirubah, sedangkan struktur dinamis ialah struktur yang memiliki pola yang dapat diubah-ubah berdasarkan kebutuhan.

2. Struktur Formal dan Informal

Struktur formal atau struktur resmi ialah struktur yang memiliki pengakuan oleh pikak yang mempunyai wewenang yang didasarkan pada hukum tekait. Sedangkan struktur informal ialah struktur yang benar-benar ada serta memiliki fungsi bagi masyarakat kebanyakan. Namun struktur ini tidak memiliki pengakuan oleh pihak yang memiliki wewenang terhadapnya dan secara otomatis sistem ini tidak memiliki payung hukum yang berkaitan dengannya.

3. Struktur Homogen dan Heterogen

Struktur homogen ialah sebuah struktur sosial yang memiliki beberapa unsur yang berpengaruh sama terhadap dunia diluar. Sedangkan struktur heterogen ialah sebuah struktur sosial yang beberapa unsurnya memiliki kedudukan yang berbeda serta peluang yang juga berbeda. Perbedaan ini meliputi perbedaan terhadap kelompok sendiri ataupun terhadap kelompok orang lain.

Baca Juga:  Pengertian & 4 Contoh Paragraf Generalisasi

4. Struktur Mekanis dan Statistik

Struktur mekanis ialah sebuah struktur yang memiliki tuntutan terhadap persamaan posisi dari tiap anggotanya supaya mampu memainkan peranan dan funsinya dengan baik. Sedangkan struktur statistik ialah struktur yang mampu berfungsi dengan sangat baik jika segala persyaratan yang berkaitan dengan jumlah tiap anggotanya telah terpenuhi dengan baik.

5. Struktur Atas dan Struktur Bawah

Struktur atas pada secara umum diduduki oleh segolongan orang yang memiliki wewenang serta kekuasaan dalam hal ekonomi, sosial, budaya dan politik. Struktur bawah ialah sebuah tempat bagi segolongan warga masyarakat bertaraf hidup menengah ke bawah.

Berdasarkan beberapa pernyataan mengenai pengertian serta jenis struktur sosial di atas, secara umum, masyarakat sosial bisa diklasifikasikan menjadi kelompok sosial diferensi sosial dan stratifikasi sosial seperti yang telah dibahas pada bahasan mengenai klasifikasi kelompok sosial.

Sumber :
http: //mylifehasgoneaway.blogspot.ae/2015/01/klasifikasi-struktur-sosial.html?m=1