Pengertian dan Contoh Paragraf Campuran (Lengkap)

Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif Induktif atau Campuran – Pada bahasan lalu kita telah membahas tentang paragraf deduktif dan induktif. Sebelum membahas pada materi berikutnya, mari kita sedikit mengulas tentang bahasan lalu tentang paragraf deduktif dan induktif! Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya berada di awal kalimat beserta gagasan utamanya dan berpola umum khusus. Sedangkan paragraf induktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya berada di akhir kalimat beserta gagasan utamanya dan berpola khusus umum.

Pada artikel ini secara khusus kita akan memelajari tentang jenis paragraf berikutnya yakni paragraf deduktif – induktif atau paragraf campuran. Paragraf deduktif – induktif atau paragraf campuran ialah paragraf yang letak kalimat utaman beserta gagasan utamanya berada di awal dan di akhir kalimat. Ciri khusus paragraf campuran yaitu kalimat terakhir pada paragraf campuran bersifat mengulangi dan menegaskan kembali kalimat utama di awal paragraf.

Contoh 1 :

Globalisasi dapat menimbulkan efek positif terhadap umat manusia tetapi dapat juga menimbulkan efek yang negatif. Globalisasi dapat merupakan bentuk eksploitasi dari negara yang kuat terhadap negara-negara yang lemah. Globalisasi juga dapat menciptakan ketidakseimbangan ekonomi dan merupakan suatu pemborosan terhadap negara dan masyarakat yang dikuasai oleh negara-negara maju yang menguasai teknologi. Dari segi sosial, globalisasi dapat merupakan suatu bentuk yang dapat menimbulkan ketegangan-ketegangan sosial karena perbedaan antara yang punya hak dan yang tidak punya akan semakin lebar, sehingga dapat menimbulkan ketegangan sosial yang semakin ekslusif. Itulah penjelasan bahwa globalisasi tidak hanya dapat menimbulkan efek positif, namun juga dapat menimbulkan efek negatif. (Mencari bentuk otonomi daerah,
J. Kaloh 2004)

Baca Juga:  Pengertian & Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Paragraf di atas memiliki kalimat utama di awal dan di akhir kalimat. “Globalisasi dapat menimbulkan efek positif terhadap umat manusia tetapi dapat juga menimbulkan efek yang negatif”. Kalimat tersebut memiliki gagasan utama yaitu efek positif dan negatif dari globalisasi. Kemudian ditegaskan dengan kalimat yang terakhir. “Itulah penjelasan bahwa globalisasi tidak hanya dapat menimbulkan efek positif, namun juga dapat menimbulkan efek negatif.”

Contoh 2 :

Waktu belum menjadi suatu hal begitu penting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Terbukti dengan dikenalnya istilah jam karet yang berarti molor atau tidak tepat waktu dalam hal apapun di masyarakat kita. Jika dikaitkan dengan kaidah bahasa Indonesia yang tidak mengenal konsep waktu dalam kata kerja yang digunakannya, mungkin sedikit banyak ada hubungan antara perilaku ngaret dan tidak adanya konsep waktu dalam penggunaan bahasa. Inggris dikenal sebagai negara industri yang warga negaranya sangat disiplin dalam menghargai waktu. Korelasinya dengan penggunaan bahasa yang digunakannya terbukti dengan adanya 16 konsep waktu dalam bahasa inggris. Bangsa Arab dikenal dengan warga negaranya yang rajin, gigih, dan sangat disiplin soal waktu. Dalam bahasa Arab juga menggunakan konsep waktu dalam penggunaan kata kerjanya yakni fi’il madhi, fi’il mudorek, dan fi’il amar. Terlepas dari ada atau tidaknya hubungan antara penggunaan bahasa dan perilaku penggunanya, satu hal yang pasti adalah masyarakat Indonesia belum menganggap waktu sebagai sesuatu yang sangat berharga dan penting.

Baca Juga:  Teks Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP

Paragraf di atas memiliki kalimat utama di awal dan di akhir kalimat. “Waktu belum menjadi suatu hal begitu penting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia”. Kemudian gagasan utama pada kalimat tersebut ditegaskan dengan kalimat utama yang terakhir. “satu hal yang pasti adalah masyarakat Indonesia belum menganggap waktu sebagai sesuatu yang sangat berharga dan penting.”

Contoh 3 :

Rusaknya sejumlah jalan di suatu daerah berimbas pada melambatnya pertumbuhan ekonomi skala nasional. Dampak jalan rusak bukan hanya dirasakan oleh pengguna jalan saja. Dalam skala besar pertumbuhan ekonomi juga akan merasakan dampaknya secara signifikan. Hal ini disebabkan karena lambannya proses distribusi barang dari pusat ke daerah karena akses jalan yang sulit. Harga-harga barangpun akan melonjak naik seiring dengan mahalnya ongkos didtribusi barang. Sementara disektor lain selain perdagangan juga merasakan dampak yang sama. Hal ini jika dibiarkan bukan hanya akan mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasiobal, bahkan bisa menimbulkan dampak yang semakin buruk bagi perekonomian nasional.

Baca Juga:  Penjelasan Batuan Beku, Batuan Sedimen atau Batuan Endapan, & Batuan Metamorf atau Malihan

Paragraf di atas memiliki kalimat utama di awal dan di akhir kalimat. “Rusaknya sejumlah jalan di suatu daerah berimbas pada melambatnya pertumbuhan ekonomi skala nasional”. Kemudian gagasan utama pada kalimat tersebut ditegaskan dengan kalimat utama yang terakhir. “Hal ini jika dibiarkan bukan hanya akan mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasiobal, bahkan bisa menimbulkan dampak yang semakin buruk bagi perekonomian nasional.”

Demikian beberapa contoh dan pengertian dari paragraf deduktif – induktif atau paragraf campuran. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

Sumber :
Panduan belajar kelas 12 IPA / IPS 2007, Primagama, Yogyakarta.