Pengertian dan Contoh Majas Repetisi dalam Kalimat

Pengertian dan Contoh Majas Repetisi dalam Kalimat – Majas repetisi merupakan ungkapan gaya bahasa yang menggunakan pengulangan kata, frasa, atau klausa yang sama yang bertujuan untuk menegaskan makna dari kalimat atau wacana. Jika ditinjau dari segi pemaknaan, majas repetisi termasuk ke dalam golongan majas penegasan, namun jika ditinjau dari segi bentuk katanya, majas ini digolongkan ke dalam majas perulangan. Selanjutnya perhatikan beberapa contoh majas repetisi dalam kalimat berikut!

Contoh :

  1. Aku akan terus belajar, belajar, dan terus belajar demi hasil yang baik dan mendapatkan pekerjaan yang baik demi orang tua dan keluarga besarku.

Penjelasan:

Pada contoh kalimat pengulangan kata terdapat pada penggalan kalimat “Aku akan terus belajar, belajar, dan terus belajar” yang berfungsi sebagai penegasan makna dan menambah nilai estetika pada kalimat tersebut. Penambahan kesan terdapat pada pengulangan kata “belajar” di akhir pengulangan.

  1. Tak peduli apa yang ia lakukan, menurut istrinya ia selalu saja salah, selalu salah, dan salah lagi.

Penjelasan:

Pada contoh kalimat pengulangan kata terdapat pada penggalan kalimat “menurut istrinya ia selalu saja salah, selalu salah, dan salah lagi.” yang berfungsi sebagai penegasan makna dan menambah nilai estetika pada kalimat tersebut. Penambahan kesan terdapat pada pengulangan kata “salah” di akhir pengulangan.

  1. Dalam kejuaraan balap sepeda ini tim kita harus meraih kemenangan, menang, menang, dan menang lagi.
Baca Juga:  Penjelasan Batuan Beku, Batuan Sedimen atau Batuan Endapan, & Batuan Metamorf atau Malihan

Penjelasan:

Pada contoh kalimat pengulangan kata terdapat pada penggalan kalimat “menang, menang dan menang lagi” yang berfungsi sebagai penegasan makna dan menambah nilai estetika pada kalimat tersebut. Penambahan kesan terdapat pada pengulangan kata “menang” di akhir pengulangan.

Dalam majas repetisi pengulangan seluruh kata atau bentuk lain pada kalimat yang mengalami perulangan memiliki makna kata yang sama. Bentuk pengulangan kata tersebut dapat menimbulkan kesan penegasan, menunjukkan sisi kuantitas makna pada kalimat, serta menambah nilai estetika pada kalimat.

Perhatikan contoh majas repetisi dalam contoh kalimat 5 – 20  berikut!

  1. Di kesunyian dini hari istrinya selalu berteriak suamiku, suamiki, suamiku. Ia selalu teringat dengan suaminya yang telah meninggal 3 tahun yang lalu.
  2. Aku sudah mengatakan padanya agar tidak menghisap barang haram itu, tapi dia tidak menghiraukan. Ia menghisap, menghisap, dan menghisapnya setiap hari.
  3. Dia masih perlu banyak latihan, berlatih, berlatih dan terus berlatih sampai ia terbiasa menggunakan sepeda motor balap itu.
  4. Orang tuanya telah melarangnya untuk menemui pria misterius itu, tapi Andi Nugroho tetap tak menghiraukan nasihat orang tuanya untuk menemuinya, menemuinya, dan menemuinya lagi.
  5. Dalam pidatonya yang begitu mengagumkan ia berteriak dengan lantang, Indonesia merdeka, indonesia merdeka, indonesia merdeka.
  6. Ibuku selalu berdoa, berdoa, dan terus berdoa untukku dan addikku. Harapan terbesarnya adalah agar aku bisa lulus dengan baik dan sukses di dunia dan akhirat.
  7. Dalam hidup ini kita harus pandai bersyukur, bersyukur, dan bersyukur kedapa Allah SWT atas apa yang telah dianugerahkannya kepada kita.
  8. Walaupun telah banyak cobaan dan rintangan yang telah ia lalui, ia tetap bersabar, bersabar, dan terus bersabar serta berharap manisnya buah kesabaran menghampiri dirinya.
  9. Dia menyambut kedatangan kami dengan sangat ramah seraya berkata, selamat datang, selamat datang, selamat datang.
  10. Di sini aku merasa senang, di sini aku merasa tetnteram, dan di sini aku merasa bahagia, di desaku yang amat kucintai.
  11. Aroma kue lapis legit ini begitu menggoda, begitu menggoda, dan menggoda diriku untuk mencicipi makanan terenak di dunia ini.
  12. Aku sangat mencintaimu, sangat mencintaimu, dan terus mencintaimu sampai kapanpun.
  13. Kincir air itu tak pernah berhenti berputar, berputar, dan berputar untuk mengairi irigasi sawah di desa kami.
  14. Ayah pernah berkata bahwa selama ia masih hidup di dunia ini, ia akan terus bekerja, bekerja, dan terus bekerja untuk kesejahteraan hidup kami.
  15. Semoga ia selamat, semoga ia selamat, semoga ia selamat pasca kebakaran yang terjadi di pasar tengah Tanjung Karang Pusat Malam tadi meskipun sampai sekarang ia masih belum ditemukan.
  16. Keripik pisang cokelat ini begitu manis, begitu manis, dan begitu manis untuk menjadi cemilan di saat santai.
  17. Aku sangat menyukai hujan karena hujan membawa keberkahan, aku sangat menyukai hujan karena menyuburkan tanaman, aku sangat menyukai hujan karena hujan begitu berarti bagi kelangsungan hidup kami.
Baca Juga:  Penjelasan Proses Reproduksi pada Manusia