Pengertian dan Contoh Kata Dasar dalam Bahasa Indonesia

Pengertian dan Contoh Kata Dasar dalam Bahasa Indonesia – Pada materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tentu kita mengenal istilah kata. Kata memunyai kedudukan penting dalam kegiatan berbahasa.

Khususnya dalam menulis kalimat. Susunan paragraf terdiri dari beberapa kalimat dan kalimat merupakan kumpulan dari beberapa kata. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang apa itu kata dasar beserta contohnya.

Sebelum lebih jauh membahas tentang kata dasar, terlebih dahulu kita akan mecoba mengenali apa itu kata.

Menurut definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (1997) memberikan beberapa definisi mengenai kata yakni:

a. Kata dalam bahasa Melayu dan Indonesia diambil dari bahasa Dalam bahasa Sanskerta, bermakna konversasi, bahasa, cerita atau dongeng. Dalam bahasa Melayu dan Indonesia terjadi penyempitan arti semantis menjadi “kata”.

b. Kata adalah elemen terkecil dalam sebuah bahasa yang diucapkan atau dituliskan dan merupakan realisasi kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa

Baca Juga:  Definisi, Ciri, & 23 Contoh Kalimat Aktif Transitif

c. Kata atau adalah suatu unit dari suatu bahasa yang mengandung arti dan terdiri dari satu atau lebih morfem. Umumnya kata terdiri dari satu akar kata tanpa atau dengan beberapa afiks. Gabungan kata-kata dapat membentuk frasa, klausa, atau kalimat.

Ditinjau berdasarkan bentuknya, kata digolongkan menjadi empat jenis yakni kata dasar, kata turunan, kata ulang, dan kata majemuk. Secara spesifik dalam artikel ini kita akan membahas tentang kata dasar secara definitif dan contoh-contohnya.

Kata dasar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI mempunyai beberapa definisi yakni :

a. Kata dasar adalah unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa

b. Kombinasi morfem yang oleh bahasawan dianggap sebagai satuan terkecil yang dapat diujarkan sebagai bentuk yang bebas

c. Satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri, terjadi dari morfem tunggal atau gabungan morfem. Contoh:

• Pancasila = Gabungan dari morfem panca dan sila
• mahakuasa = Gabungan dari morfem maha dan kuasa
• Rumah = Satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri
• Meja = Satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri
• pergi = Satuan bahasa yang dapat berdiri sendiri

Baca Juga:  Pengertian & 23 Contoh Kalimat Definisi

Kata dasar Menurut pengertian lain,

a. Kata dasar adalah satuan bahasa terkecil yang memiliki makna. Kata tersebut belum mengalami penambahan atau perubahan bentuk yang mengakibatkan perubahan makna. Dengan pengertian lain bahwa kata dasar adalah kata yang belum diberi imbuhan dan kata yang menjadi dasar awal pembentukan kata yang lebih besar.

b. kata dasar adalah kata yang paling sederhana yang belum memiliki imbuhan, juga dapat dikelompokkan sebagai bentuk asal (tunggal) dan bentuk dasar (kompleks). Contoh :

o pikir
o buka
o tutup
o ambil

c. Kata dasar juga merupakan dasar pembentukan kata turunan atau kata berimbuhan. Contoh:

• Pukul “me + pukul” memukul

Penjelasan :

Kata “pukul” merupakan kata dasar sebelum mengalami pembentukan kata berimbuhan yang diimbuhi awalan me- menjadi memukul.

• Guna “me + guna + kan” menggunakan

Baca Juga:  Pengertian & 30 Contoh Kalimat Denotasi

Penjelasan :

kata “guna” merupakan kata dasar sebelum mengalami pembentukan kata berimbuhan yang diimbuhi awalan akhiran me-, -kan menjadi menggunakan.

• Kerja “kerja + kan” kerjakan

kata “kerja” merupakan kata dasar sebelum mengalami pembentukan kata berimbuhan yang diimbuhi akhiran akhiran –kan menjadi kerjakan.

Contoh lainnya adalah minum, pergi, datang, kembali, lari, cuci, langkah, pindah, dan lain – lain. Kata dasar bisa membentuk satu kesatuan kalimat, yaitu:

1) Kijang yang sedang makan itu sangat besar .
2) Andini pergi ke museum dengan Rini.
3) Arifudin datang ke rumah Pak dahlan tadi pagi.
4) Kakak suka makan pempek dari kota Palembang.
5) Paman pergi dari rumah, ketika aku sedang tidur.

Jika kita perhatikan secara seksama, kalimat-kalimat di atas tersusun dari kumpulan beberapa kata dasar. Demikian pembahasan kali ini mengenai kata dasar. Semoga bermanfaat. Selamat belajar.