Pengertian dan Contoh Ekosistem Buatan (Lengkap)

Pengertian dan Contoh Ekosistem Buatan (Lengkap) – Ekosistem merupakan interaksi yang terjadi antara komponen biotik dengan komponen abiotik. Beragam ekosistem yang dapat kita temukan di alam. Keberagaman ini dipengaruhi oleh struktur atau komposisi dari kmponen abiotik. Meskipun komponen abiotik bukanlah komponen hidup namun komposisi komponen abiotik dalam suatu ekosistem sangat menentukan komponen biotik hidup yang dapat bertahan hidup. Pemanfaatan hewan atau tumbuhan tertentu dalam sektor pangan atau industri membuat permintaan terhadap suatu spesies organisme di alam meningkat. Jika hanya mengandalkan dari alam, maka permintaan ini takkan terpenuhi.

Mengingat kompetisi yang terjadi di alam akan lebih kejam. Dengan perihal yang demikian, maka manusia membuat suatu penangkaran atau budidaya yang merupakan ekosistem buatan untuk mengembangbiakan spesies tersebut dalam jumlah yang sangat banyak tanpa khawatir terjadinya kompetisi antar spesies di alam. Manfaat dari pembuatan ekosistem buatan ialah selain untuk memenuhi kebutuhan manusia juga dapat melestarikan kehidupan organisme tertentu. Hal ini karena, dengan adanya ekosistem yang dibuat oleh manusia dapat mendatangkan organisme – organisme tertentu untuk berinteraksi dalam ekosistem tersebut.

PENGERTIAN EKOSISTEM BUATAN

Yang dimaksud dengan ekosistem buatan ialah suatu ekosistem yang sengaja dibuat dengan bantuan manusia, segala komponen abiotik dan biotiknya sebagian merupakan iut campur dari manusia, sehingga memiliki keragaman yang terbatas dibanding ekosistem alami. Tujuan manusia membuat ekosistem buatan ialah untuk beberapa hal, antara lain:

Baca Juga:  Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan Lengkap

1. Memenuhi kebutuhan

Meningkatnya populasi manusia maka kebutuhan hidupnya pun makin tinggi. Keperluan manusia mulai dari sandang, pangan, dan papan diperoleh dari alam. Jika hanya mengandalkan ekosistem alami maka dapat terjadi ketidakseimbangan ekosistem akibat menurunnya spesies tertentu. Dengan membuat ekosistem buatan maka dapat memenuhi kebutuhan manusia terhadap suatu spesies yang dibutuuhkan tanpa merusak ekosistem alami.

2. Pelestarian

Menurunnya suatu populasi organisme atau eningkatnya kerusakan suatu ekosistem akibat aktivitas manusia harus segera di atasi dengan salah satunya membuat ekosistem buatan. Dengan menyediakan atau membuat suatu wilayah menjadi suatu habitat yang layak bagi suatu organisme dapat menjadi upaya untuk melestarikan makhluk hidup terhadap kepunahan serta memperbaiki lingkungan hidup organisme.

3. Hiasan dan sarana belajar

Beberapa orang memanfaatkan ekosistem sebagai suatu hiasan baik dalam suatu ruangan tertutup atau terbuka. hal ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar dengan mengenalkan beberapa flora atau fauna melalui ekosistem buatan.

Baca Juga:  Pengertian dan Komponen Ekosistem Biotik Serta Abiotik

MACAM – MACAM EKOSISTEM BUATAN

Seperti halnya ekosistem alami, ekosistem buatan dapat dikelompokkan menjadi dua macam berdasarkan tempatnya yaitu darat dan perairan. Meskipun ekosistem buatan ialah ekosistem yang dibuat oleh manusia, namun interaksi yang terjadi antara komponen ekosistem di dalamnya tidak dapat dikendalikan seutuhnya oleh manusia. Masuknya organisme lain (dari alam) akan menambah kekayaan komponen biotik di dalam ekosistem. Selain itu, faktor alam seperti cahaya, suhu, udara, juga mempengaruhi perkembanngan suatu ekosistem buatan.

1. EKOSISTEM BUATAN DI DARAT

a. Agroekonomi

Ekosistem ini didominasi dengan tumbuhan – tumbuhan pemenuhan pangan seperti padi, jagung, singkong, tebu, kopi, lada, dan lain – lain. Meski demikian, banyak pula organisme – organisme asing yang masuk ke dalam ekosistem ini mungkin sebgai tanaman atau hewan pengganggu. Contoh daro ekosistem yang tergolong agroekosistem ialah: sawah, ladang, dan kebun.

b. Hutan produksi

Hutan produksi merupakan ekosistem buatan yang dengan sengaja menumbuhkan tumbuhan – tumbuhan berkayu yang sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan seperti jati, pinus, dan lain – lain. Industri properti serta kerta merupakan salah satu industri dengan permintaan kayu yang sangat tinggi. Dengan membuat ekosistem buatan berupa hutan produksi maka permintaan yang tinggi terhadap kayu dapat terpenuhi tanpa merusak hutan asli. Manfaat lain dari hutan produksi ialah menjadi habitat bagi organisme lain, sehingga dapat melestarikan kehidupan organisme lainnya.

Baca Juga:  Aturan Penggunaan Huruf Kapital pada Kata Benda Bahasa Inggris

2. EKOSISTEM BUATAN DI AIR

a. aquarium

Merupakan ekosistem buatan yang menghadirkan sejumlah biota laut dengan tujuan sebagai hiasan atau tempat rekreasi. dalam membuat ekosistem jenis ini tentu harus menyesuaikan dengan komponen abiotik yang cocok untuk komponen biotiknya. sehingga apabila kita memelihara bintang aut dalam aquarium maka kadar garam dalam airnya harus disesuaikan dengan air dimana bintang laut itu hidup (laut).

b. Kolam

Lain halnya dengan aquarium, kolam biasanya dibuat untuk budidaya ikan air tawar seperti lele, gurame, ikan mas, dan lain – lain. Permintaan yang tinggi akan konsumsi ikan jenis air tawar ini harus dibuatkan ekosistem khusus untuk upaya pelestarian dan pemenuhan kebutuhan manusia. Adapun contoh lain dari ekosistem buatan di air ialah tambak, waduk, bendungan, dan lain sebagainya.