Pengertian dan 4 Contoh Paragraf Deskripsi

Pengertian dan 4 Contoh Paragraf Deskripsi – Paragraf deskripsi merupakan kumpulan beberapa kalimat yang menjelaskan suatu hal dengan penggunaan kata-kata secara rinci dan jelas berupa penggambaran yang bertujuan agar pembaca merasa seolah-olah melihat secara visual mengenai suatu hal tersebut. Dalam paragraf ini biasanya menggambarkan mengenai obyek karakter seseorang, panorama alam, situasi kondisi tertentu dan lain sebagainya. Perhatikan beberapa contoh paragraf deskripsi berikut :

Contoh 1 :

Aku mengingatnya ketika aku masih di usia sekolah kelas 1 SD. Ketika itu aku dan teman-teman sangat suka bermain bergelantungan di peyangga bedug tua itu selepas mengaji. Kini bedug itu telah terguling dari penyangga yang tak lagi kokoh. Aku juga mengingat bahwa dahulu kami pernah melempari papan nama mushala yang tertuliskan mushala Al-Fath itu. Kini papan nama itu telah tergeletak tepat berada di bawah tempat asalnya dengan keadaaan huruf yang tak lagi lengkap tercerai berai. Mushala tua yang hanya meninggalkan sisa-sisa kehidupan aktivitas keagamaan ini masih terlihat kokoh dengan debu-debu dan kotoran rayap di teras lantainya. Dari kaca jendela aku melihat karpet hijau yang tak lagi hijau dengan paduan warna cokelat agak keputih-putihan. Dinding-dindingnya yang berwarna kuning kecokelatan dengan debu-debu yang menghiasinya seakan menambah kesan tak terurusnya rumah ibadah ini. Di bagian depan shaf pertama tempat kehormatan imam dan mimbar khotib shalat jum’at dipenuhi dengan kotoran kelelawar dan tikus yang tak tahu adat membuang hajatnya di sana. Sungguh mushala tercintaku sudah tertinggalkan zaman oleh ummat yang tak lagi ingat dengan kampung akhirat.

Baca Juga:  Batas Kawasan, Bentang Alam, dan Lokasi Negara Kanada

Penjelasan :

Paragraf deskrispsi di atas menceritakan tentang gambaran sebuah mushala tua yang tak lagi digunakan sebagai tempat beribadah. Pada paragraf juga dijelaskan secara detail bagaimana keadaan dan kondisi mushala tersebut. Penjabaran kalimat pada paragraf membuat seolah-olah pembaca berada dalam situasi dan kondisi yang tokoh aku alami. Itulah mengapa paragraf ini disebut sebagai paragraf deskripsi.

Contoh 2 :

Tepat di belakang halaman sekolahku terdapat sebuah sungai kecil yang sangat jernih. Karena begitu jernihnya, kami dapat melihat langsung dasar sungai tersebut yang dipenuhi oleh banyak ikan-ikan kecil. Di bagian pinggiran sungai dengan sengaja dibangun dermaga-dermaga kecil dengan beberapa tempat duduk yang digunakan sebagai tempat makan atau sekedar duduk-dukuk pada jam istirahat. Sungai kecil tersebut juga berfungsi sebagai sumber air di sekolah kami. Mesin pompa air dihubungkan langsung di pinggiran sungai agar dapat dipergunakan untuk keperluan berwudhu dan lain sebagainya. Tak sedikit pula anak-anak yang berwudhu dengan mengambil air secara langsung dipinggiran sungai. Anak-anak sangat senang sekali dengan keberadaan sungai kecil yang jernih tersebut. Pak kepala sekolah berpesan kepada kami agar bisa menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah dan mengotori sungai.

Baca Juga:  Pengertian dan Bentuk Kontak Sosial

Penjelasan :

Pada paragraf di atas menggambarkan tentang sebuah sungai yang berada tak jauh dari lingkungan sekolah. Pada paragraf dijelaskan pula mengenai kondisi sungai yang bersih serta kebermanfaatannya yang begitu dirasakan oleh penghuni sekolah. Kalimat dalam paragraf dijabarkan dengan cara deskriptif yang membuat pembaca seolah-olah melihat dan berada pada tempat tersebut.

Perhatikan kembali paragraf deskripsi pada contoh 3 dan 4 berikut :

Contoh 3:

Ketika aku berjalan pulang menuju rumah, tiba-tiba aku menjumpai seorang lelaki tua yang sepertinya tak asing bagiku. Ketika kudekati dan kuamati, ternyata benar aku mengenalnya walaupun dengan upaya yang cukup keras aku mengingat-ingat. Wajahnya yang teduh dengan kerutan di dahi, guratan di wajahnya yang menyisahan sedikit ketampanan di masa lalu, rambutnya yang sebagian besar memutih, dan postur tubuhnya yang tak lagi tegak sempurna membuatku cukup untuk kesulitan mengenalinya. Ia adalah Pak Wirman, guru Bahasa Indonesiaku sewaktu aku duduk di bangku SMP dulu. Ia tersenyum ramah padaku ketika aku menyapanya dan memperkenalkan siapa diriku. Aku terkejut bahwa dirinya masih mengingatku hingga kini. Ia menanyai kabar dan seperti apa kehidupanku sekarang. Aku jawab semua pertanyaannya dengan perasaan senang dan haru mengingat beliau adalah guru yang aku hormati dan kusayangi.

Contoh 4 :

Panorama alam di sepanjang pantai kabupaten Pesisir Barat provinsi Lampung sangatlah memesona. Jika anda berjalan dari arah kota Bandar Lampung melewati jalan provinsi lintas barat, dan pada saat anda mulai memasuki kabupaten Pesisir Barat maka anda akan disuguhi pemandangan yang begitu menakjubkan. Di sebelah kiri jalan lintas barat anda akan melihat deburan ombak besar dan hamparan pasir putih sepanjang jalan sampai memasuki ibu kota kabupaten yakni kota Krui. Jalan lintas barat di daerah kabupaten Pesisir Barat memang melewati pinggiran pantai. Banyak pantai-pantai indah di sepanjang jalan yang masih belum terjamah dan tak diragukan lagi keindahan panorama alamnya. Pada saat mulai memasuki kota krui, anda akan menemukai destinasi pantai Tanjung Setia yang merupakan tempat persinggahan bagi turis lokal maupun mancanegara. Tak heran jika di daerah ini banyak sekali orang asing berkulit putih dan berambut pirang. Di daerah tersebut anda juga akan menyaksikan atraksi para bule tersebut bermain selancar. Beberapa kilometer ke arah selatan anda masih akan menemukan pantai-pantai indah sampai pada pusat kota Krui yang ditandai dengan banyaknya monumen ikan selayar.

Baca Juga:  Pengertian, Jenis, & Contoh Majas Pertentangan Dalam Kalimat

Sumber :
http://www.ilmusiana.com/2015/09/6-contoh-karangan-teks-deskripsi.html
http://www.irfansyahputra.web.id/2014/10/pengertian-dan-contoh-paragraf-deskripsi.html

Baca Juga:

4 Contoh Paragraf Definisi & Pengertiannya
4 Contoh Paragraf Persuasi Bertemakan Pendidikan dan Cinta Lingkungan
Pengertian, Ciri, & 4 Contoh Paragraf Sebab Akibat
Pengertian & Macam Macam Paragraf Lengkap
Pengertian, Ciri, & Contoh Paragraf Analogi