Pengertian dan 3 Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Pengertian dan 3 Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan – Pada bahasan lalu kita telah mengenal pengertian dan contoh surat pernyataan beserta tata cara penyusunannya. Artikel kali ini masih membahas seputar surat pernyataan namun kali ini kita akan lebih terkonsentrasi pada surat pernyataan yang berisikan kesanggupan. Sebelum lebih jauh membahas tentang judul terkait, ada baiknya kita sedikit mengulas bahasan lalu tantang surat pernyataan.

Surat peryataan adalah surat yang berisikan peryataan diri, kesanggupan, kesungguhan dan kebenaran tertentu yang memiliki kekuatan hukum yang mengikat bagi yang bersangkutan. Surat pernyataan kesanggupan berisikan tentang pernyataan bahwa yang bersangkutan menyanggupi hal-hal yang menjadi syarat tertentu yang diajukan oleh intansi atau perorangan. Berikut beberapa contoh surat pernyataan yang menyatakan kesanggupan terhadap syarat tertentu!

Contoh 1 :

Surat Pernyataan

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ardian Sepandra Gupta, S.Si.
Tempat, tanggal lahir : Banjarejo 09 April 1990
Alamat : jalan Lembayung No. 90 Banjarejo Lampung Timur
Pekerjaan : Wiraswasta

Dengan ini saya menyatakan bahwa diri saya menyanggupi untuk menjalani masa ikatan dinas dengan sebaik-baiknya selama tiga tahun dan tidak akan menikah selama periode ikatan dinas berlangsung. Jika dalam masa kontrak saya melanggar kesepakatan yang telah dinyatakan dalam surat pernyataan, maka saya bersedia menerima denda sebesar Rp 10.000.000, 00 dan konsekuensi hukum yang telah ditentukan.

Baca Juga:  Pengertian & Contoh Adaptasi Fisiologi pada Tumbuhan serta Hewan

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Sukadana, 05 November 2015
Yang Menyatakan,
(Materai 6000)

Ardian Sepandra Gupta, S.Si.

Contoh 2 :

Surat Pernyataan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Syarif Hidayat, S.Sos.
Tempat/ Tgl. Lahir : Bandar Lampung, 07 Maret 1990
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Pendidikan : S1 Sosiologi Universitas Lampung
Formasi Jabatan : Kepala HRD
Alamat : jalan Pramuka Perum RBP No. 78 Rajabasa, Bandar Lampung

Kode Pos : 35153
No Telepon / HP : 085367528964

Dengan ini menyatakan bahwa saya bersedia dan menyanggupi untuk bertempat tinggal di kompleks perumahan perusahaan PT. Karya Utama Adiluhung selama masa kerja sebagai kepala HRD di perusahaat tersebut. Hal-hal yang berkenaan dengan pemindahan dan lain-lain akan dilakukan sesegera mungkin. Apabila dalam masa kerja saya sebagai kepala HRD terbukti bahwa saya melanggar aturan yang telah disepakati, maka saya bersedia menerima konsekuensi apapun dari pihak perusahaan.

Baca Juga:  Cara Kerja Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil pada Manusia

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar dan sebenar-benarnya, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandar lampung, 05 November 2015

Yang Membuat Peryataan
(Materai 6000)

(Syarif Hidayat, S.Sos.)

Contoh 3 :

Surat Pernyataan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Ridho Pradana, S.Pd.
Tempat/ Tgl. Lahir : Pringsewu, 05 Mei 1989
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Pendidikan : S1 Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lampung
Formasi Jabatan : Guru Bidang Studi Biologi
Alamat : jalan Seroja No. 101 Fajar Isuk, Pringsewu

No Telepon / HP : 081267543290

Dengan ini menyatakan bahwa saya menyanggupi untuk menjalani masa percobaan kontrak kerja selama 7 bulan di SMP Global Insan Merdeka dan bersedia bertempat tinggal di kompleks perumahan guru / pegawai yayasan SMP Global Insan Merdeka. Dalam masa percobaan ini, saya berjanji akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan akan mendedikasikan diri saya kepada yayasan Global Insan Merdeka. Apabila dalam masa kerja saya sebagai tenaga pengajar terbukti bahwa saya melanggar aturan yang telah disepakati, maka saya bersedia menerima konsekuensi apapun dari pihak Yayasan.

Baca Juga:  Definisi Zero & First Conditional serta Contohnya

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar dan sebenar-benarnya tanpa tekanan dari puhak manapun.

Pringsewu, 05 November 2015

Yang Membuat Peryataan
(Materai 6000)

(Muhammad Ridho Pradana, S.Pd.)

Demikian beberapa contoh tentang surat pernyataan kesanggupan. Pada dasarnya yang membedakan antara surat pernyataan yang satu dengan lainnya hanyalah pada kontent yang menyertainya. Misalnya surat pernyataan kesanggupan menyatakan penyanggupan terhadap sesuatu, surat pernyataan belum menikah menyatakan bahwa yang bersangkutan belum pernah menikah dan lain-lain. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untuk pembelajaran. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

Sumber :
http://berguruseo.blogspot.co.id/2014/10/contoh-surat-pernyataan.html?m=1