Pengertian dan 20 Contoh Majas Simbolik

Pengertian dan 20 Contoh Majas Simbolik – Majas adalah ungkapan bahasa indah yang digunakan untuk memperindah susunan kalimat yang mempunyai tujuan untuk memperoleh efek-efek tertendu agar terkesan imajinatif bagi pendengar atau penulis baik secara lisan maupun tertulis. Bahasan kali ini kita akan membahas tentang majas simbolik.

Majas simbolik adalah salah satu dari majas perbandingan yang membandingkan suatu hal dengan menggambarkan makna dari suatu hal yang lain berupa simbol, lambang, tokoh, hewan, atau benda. Dalam majas simbolik sesuatu hal dibandingkan dengan hal lain yang dapat menggantikan kata dari suatu hal tersebut, namun memiliki kesamaan makna yang ingin disampaikan. Simbol / lambang yang digunakan sebaiknya merupakan simbol yang sudah familiar dan mudah dipahami baik oleh pembaca maupun pendengar.

Penggunaan majas simbolik dalam sebuah kalimat dapat digunakan untuk mengutarakan kegelisahan penulis untuk kriktikan atau bisa juga sebagai opini terhadap sesuatu yang disampaikan secara halus. Penggunaan majas simbolik dalam kalimat disampaikan secara implisit atau tersirat. Berikut beberapa contoh kalimat majas simbolik:

Baca Juga:  4 Faktor Pendorong Interaksi Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

1. Warna merah melambangkan keberanian yang sejati.
2. Kebanggaan kita adalah burung Garuda yang merupakan lambang bangsa dan negara Indonesia.
3. Dalam persoalan politik, selalu ada yang menjadi kambing hitam. (korban)
4. Jika mereka tak terima dengan perbuatan kita, mereka bisa membawa persoalan ini sampai ke meja hijau. (pengadilan)
5. Ingatlah, jaga baik-baik kata-katamu! Mulutmu adalah harimaumu.
6. Pemuda itu tidak memiliki kepercayadirian dan pendirian, dia seperti bunglon yang seringkali berkamuflase.
7. Laki-laki itu hidung belang, banyak sekali wanita yang telah menjadi korbannya.


8. Semenjak ayahnya meninggal 3 tahun lalu, ia telah menggantikan posisi ayahnya sebagai tulang punggung keluarga. (kepala keluarga yang bertanggung jawab terhadap keluarga)
9. Pembegal di kawasan itu dikenal sadis dalam melakukan aksinya, tak jarang mereka menghabisi korbannya yang melawan, perilaku mereka tak ubahnya seperti iblis.
10. Buronan pembobol ATM yang sedang diburu polisi itu seperti kancil. Licik, cerdas, dan sulit ditangkap.
11. Martinah adalah janda kembang di desa Arsimilyo, banyak sekali laki-laki dari kalangan pengusaha dan politisi dan datang untuk melamarnya, namun satu pun dari mereka belum ada yang dapat meminangnya. (janda cantik)
12. Pemadam kebakaran kota Bandar Lampung berusaha keras untuk memadamkan si Jago merah yang melalap habis kompleks pasar tengah Tanjung Karang pusat Bandar Lampung. (si jago merah = api)
13. Penggunaan cakrawala dunia bagi anak-anak perlu diawasi secara ketat, karena selain efek positif juga terdapat efek negatif yang dapat merusak moral generasi bangsa. (cakrawala dunia = internet)
14. Dia dijuluki kamus berjalan, karena kepiawaiannya dalam berbahasa asing dan perbendaharaan kata yang begitu banyak.
15. Asrinah merupakan kembang desa di kampung Sari mulyo, banyak pemuda yang tergila-gila padanya. (gadis tercantik di desa)
16. Shalat 5 waktu merupakan tiang bagi agama, apabila shalat kita terjaga, maka akan tegaklah bangunan agama itu. Sebaliknya, apabila shalat tidak terjaga, niscaya akan robohlah agama itu.
17. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dilambangkan dengan warna ungu yang berarti kedewasaan dan kasih sayang.
18. Akibat lilitan hutang dari lintah darat, Pak Suroso terpaksa menjual seluruh aset yang dimilikinya seperti ladang, sawah, rumah, dan mobilnya. (lintah darat = renternir)
19. Merah hati merupakan lambang cinta dan kasih sayang yang hangat.
20. Wataknya begitu keras seperti batu, tak ada seorangpun yang didengarnya tak terkecuali orang tuanya. (keras kepala)

Baca Juga:  Mekanisme Kerja Otot Manusia Dan Contohnya Secara Singkat

Demikian beberapa contoh kalimat majas simbolik. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!