Pengertian & Contoh Surat Kesepakatan Lengkap

Definisi dan Contoh Surat Pernyataan Kesepakatan – Surat Pernyataan kesepakatan merupakan bukti tertulis yang menunjukkan bahwa beberapa pihak melakukan sebuah transaksi atau negosiasi yang mebuahkan kesepakatan. Hal tersebut mempunyai maksud agar pihak-pihak yang melakukan kesepakatan tidak dirugikan satu sama lain. Surat kesepakatan memiliki kekuatan hukum yang mengikat, sama seperti jenis surat peryataan pada umumnya.

Kesepakatan yang telah dilakukan oleh beberapa pihak melalui surat peryataan dapat memberikan jaminan terhadap kepastian hukum serta antisipasi terhadap segala sesuatu yang tidak diinginkan. Selanjutnya konsekuensi hukum akan berlaku jika salah satu pihak melanggar kesepakatan yang telah disepakati bersama.

Isi surat pernyataan kesepakatan dapat berupa kesepakatan kerja sama dan lain-lain. Selain itu, diperlukan juga adanya saksi yang akan memperkuat keabsahan surat pernyataan kesepakatan. Selanjutnya kita akan membahas lebih jauh tentang surat pernyataan kesepakatan melalui contoh sebagai berikut!

Baca Juga:  Pengertian, Fungsi Devisa, Sumber Perolehan, dan Manfaatnya

Download disini: Surat Kesepakatan

Demikian pembahasan dan contoh surat kesepakatan, Mudah-mudahan bisa menjadi referensi yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam pembelajaran. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!