Pengertian & Contoh Paragraf Persuasi Lengkap

Pengertian dan Contoh Paragraf Persuasi Lengkap – Pada pembahasan lalu kita belajar tentang paragraf, pola pengembangannya, ciri-ciri, dan syarat paragraf yang baik. Selanjutnya pada artikel ini kita akan membahas tentang Paragraf persuasi secara definitif beserta contohnya. Berikut pembahasannya!

A. Pengertian Paragraf Persuasi

Sebelum membahas tentang paragraf pesuasi, terlebih dahulu kita harus tahu apa itu persuasi. Menurut KBBI persuasi adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik. Persuasi adalah menarik, memengaruhi, mendoktrin, dan mengajak sehingga pembaca hanyut dalam ajakan.

Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi, mengajak, membujuk, atau mendoktrin pembaca sehingga diharapakan agar pembaca terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis.

B. Ciri-Ciri Paragraf Persuasi

Selanjutnya kita akan mengenal apa saja ciri-ciri umum dari paragraf persuasi, supaya kita dapat mengidentifikasi apakah sebuah paragraf dapat dikatakan paragraf persuasi atau tidak. Berikut ini merupakan ciri-ciri umum dari paragraf persuasi:

1) Paragraf persuasi sering menggunakan alasan-alasan yang kuat disertai dengan data dan fakta yang menunjang tujuan ajakan, mengingat paragraf ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca.

2) Paragraf ini berusaha meyakinkan pembacanya untuk mempercayai dan mengikuti ajakan penulis.

3) Paragraf persuasi seringkali menggunakan “ayo”, “mari”, “lakukanlah”, “berikan” dan lain-lain sebagai kata-kata ajakan dalam kalimat-kalimatnya.

Paragraf persuasi seringkali digunakan oleh media masa, perusahaan-perusahaan produk tertentu atau bahkan kampanye politik karena upaya persuasif dalam hal ini melalui paragraf persuasi merupakan cara yang paling tepat guna untuk mempengaruhi pembacanya.

Baca Juga:  Bentuk Peninggalan Sejarah Hindu Budha di Indonesia

C. Jenis-Jenis Paragraf Persuasi

Secara singkat kita akan memelajari tentang jenis paragraf persuasi. Paragaf persuasi berdasarkan fungsinya dapat dibagi menjadi 4 jenis. Berikut uraiannya:

1) Paragraf Persuasi Politik

Paragraf persuasi politik adalah jenis paragraf yang isin adalah usaha untuk mempengaruhi pembacanya untuk menentukan pilihan pada calon atau partai politik tertentu. Biasanya di media cetak ditandai dengan judul “Advertorial” dibagian kiri atas wacana yang memuat paragraf ini.

2) Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf persuasi ini banyak digunakan oleh intansi atau dalam dunia pendidikan untuk menunjang tujuan pendidikan. Paragraf persuasi pendidikan bisa berupa himbauan, motivasi, dan anjuran.

3) Paragraf Persuasi Advertensi

Paragraf persuasi advertensi adalah paragraf yang meiliki tujuan komersil. Advertendi biasa digunakan oleh produsen perusahaan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk tertentu dengan harapan konsumen tertarik untuk membelinya.

4) Paragraf Persuasi Propaganda

Persuasi propaganda biasa digunakan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan agar pembacanya mau mempercayai dan melakukan apa yang disampaikan oleh penulis di dalam paragraf tersebut. Persuasi propaganda banyak ditemukan di media-media cetak seperti majalah, portal berita online, surat kabar dan lain-lain.

Dari beberapa jenis paragraf persuasi di atas, kita akan lebih jauh membahas tentang paragraf persuasi propaganda dengan beberapa contoh berikut :

Contoh 1 :

Banjir merupakan bencana yang begitu akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Seolah merupakan agenda tahunan yang sangat biasa terjadi. Baik dalam cara menyikapi dan penanggulangan banjir, masih sangat terkesan biasa-biasa saja. Hal ini tidak boleh terjadi lagi. Kita harus mulai merubah kebiasaan hidup kita. Mulai dari yang kecil seperti mebuang sampah pada tempatnya, bukan membuangnya di selokan atau di sungai, membersihkan saluran pembuangan dan lain-lain. Kebiasaan membuang sampah di sungai dan di selokan inilah yang menjadi cikal bakal banjir. Marilah kita sama-sama jaga lingkungan hidup kita, untuk lingkungan yang sehat dan menentramkan.

Baca Juga:  Pengertian Zakat Fitrah dan Zakat Mal Beserta Penjelasannya

Contoh paragraf persuasi diatas memuat tentang ajakan untuk tidak membuang sampah di sungai dan di selokan yang merupakan sebab dari banjir. Paragraf di atas juga memuat tentang ajakan untuk menjaga lingkungan hidup untuk kehidupan yang sehat dan menentramkan.

Contoh 2 :

Hutan merupakan paru-paru dunia. Tanpa adanya hutan kita tidak akan bisa hidup di bumi ini. Pohon-pohon yang ada di hutan setiap harinya memproduksi oksigen yang sangat kita butuhkan untuk bernafas. Jika hutan kita tak terselamatkan dari penebangan liar dan pembakaran maka cepat atau lambat pohon-pohon di hutan akan habis. Hal tersebut berdampak pada kelangsungan hidup makhluk hidup temasuk diri kita. Jika hutan habis maka tak ada lagi pohon yang menghasilkan oksigen untuk kita bernafas. Lalu bagaimana kita akan hidup? Marilah bersama-sama kita kampanyekan program one man one tree. Satu orang wajib menanam minimal satu pohon. Mari selamatkan, lestarikan, dan jaga hutan kita. Untuk adanya masa depan untuk kita dan anak cucu kita.

Baca Juga:  Manfaat Peta Untuk Kepentingan Industri dan Pertanian

Contoh paragraf persuasi diatas memberikan infoemasi tentang dampak dari kerusakan hutan serta berisi tentang ajakan untuk menanam pohon agar keberlangsungan hidup makhluk hidup tetap terjaga.

Contoh 3 :

Hutan bakau merupakan aset penting bagi lingkungan. Hutan bakau memiliki manfaat penting bagi ekologi yaitu sebagai pelindung alamai pantai dari abrasi, pencegah sedimentasi, dan menghambat angin kencang dan gelombang air yang tinggi dari arah laut menuju daratan. Mangrove juga merupakan ekosistem penting bagi biota laut bagi kepiting, udang, dan laut. Berdasarkan laporan pengelolaan hutan mangrove tahun 1999 luas mangrove indonesia yang semula seluas 4,25 juta ha berkurang menjadi 3,7 juta ha, 1,6 juta ha dalam keadaan rusak parah. Hal ini tentu akan mengakibatkan terjadinya abrasi, sedimentasi dan matinya berbagai macam biota laut. Hal ini dapat diatasi dengan menggalakkan reboisasi bagi hutan-hutan mangrove yang rusak. Mari bersama-sama melakukan gerakan tanam seribu mangrove demi terjaganya lingkungan dari abrasi dan kelestarian biota laut.

Paragraf persuasi di atas merupakan ajakan untuk kembali memperbaiki lingkungan daerah pantai yang rusak akibat abrasi dengan melakukan reboisasi hutan mangrove.

Sumber :

(Sumber : Cerdas Berbahasa Indonesia, Hal : 209, Penerbit : Erlangga. 2006. Jakarta, Penulis :Engkos Kosasih)
Panduan Belajar Kelas 12 SMA IPA / IPS 2007, Primagama, Yogyakarta.
http://www.kelasindonesia.com/2015/03/pengertian-contoh-paragraf-persuasi-beserta-ciri-dan-jenisnya.html?m=1