Pengertian, Contoh Karangan Persuasi, dan Ciri – Ciri

Pengertian, Contoh Karangan Persuasi, dan Ciri – Ciri – Salah satu jenis karangan yang ada dalam bahasa Indonesia adalah karangan persuasi. Namun, Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan karangan persuasi ? Apa ciri – ciri karangan narasi, dan bagaimanakah contohnya ? Jika tidak, jangan khawatir karena pada artikel kali ini kita akan membahas segala sesuatu tentang karangan persuasi, dimulai dari definisi karangan persuasi, ciri – ciri, dan contoh karangan persuasi. Berikut ini adalah pembahasannya.

Karangan persuasi adalah tulisan atau karangan yang ditulis dengan bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan apa yang dikatakan penulis dalam tulisannya. Dengan kata lain, karangan persuasi adalah karangan yang isinya mengajak, menghimbau atau menarik para pembacanya.

Karena sifatnya yang bersifat mengajak ? maka karangan persuasi sering sekali digunakan dalam bentuk – bentuk himbaun seperti brosur, pamphlet, dan lain – lain.

Ciri – Ciri Karangan Persuasi

Karangan persuasi memiliki beberapa ciri – ciri yang membuatnya berbeda dengan jenis karangan lainnya. Nah, berikut ini adalah karakteristik yang dimiiki oleh karangan persuasi.

Baca Juga:  Contoh Karangan Persuasi tentang Lingkungan Hidup (Terbaru)

1. Karangan persuasi bersifat mengajak
2. Ada kalanya menampilkan data pendukung agar para pembaca percaya dan patuh
3. Karangan persuasi berusaha menarik perhatian para pembaca
4. Karangan persuasi menghindari konflik

Contoh Karangan Persuasi

Setelah mengetahui apa itu pengertian dan ciri – ciri karangan persuasi. Nah, sekarang tibalah saatnya Anda membaca contoh karangan persuasi. Baca dan pahamilah karangan persuasi berikut ini agar Anda lebih memahami lagi materi tentang karangan persuasi:

Ayo Berolahraga secara Teratur

Olaharaga adalah kegiatan menggerakan bagian tubuh tertentu dengan cara berulang – ulang dan teratur Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatakan dari berolahraga, salah satunya adalah dengan berolahraga tubuh menjadi sehat. Namun, sebenarnya manfaat dari olahraga bukan hanya sekedar membuat tubuh menjadi sehat. Anda ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari berolahraga. Nah, bacalah manfaat – manfaat olahraga di bawah ini agar kita semakin yakin dan bersemangat untuk berolahraga.

Manfaat yang pertama adalah berolahraga bisa membuat tubuh menjadi bugar. Olahraga akan membuat tubuh kita bergerak sehingga akan membakar lemak – lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Kemudian, lemak – lemak tersebut akan dirubah menjadi energi. Nah, energi inilah yang digunakan oleh tubuh untuk menunjang aktivitas seheari – hari. Oleh sebab itu, tubuh akan mendapatkan energi sepanjang hari sehingga tubuh terasa segar dan bugar.

Baca Juga:  Hubungan Antara Konflik dan Terjadinya Integrasi Sosial

Selain membuat tubuh segar dan bugar, berolahraga juga bisa menyehatkan tubuh. Olahraga teratur akan membantu tubuh meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas atau daya tahan inilah yang akan menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Jika sistem imun kita kuat, maka tubuh kita akan terhidar dari segala macam penyakit. Namun, jika imunitas kita lemah, maka tubuh akan sangat mudah terserang penyakit, seperti batuk, pilek, dan lain – lain.

Selanjutnya, berolahraga juga dipercaya bisa menjaga kulti agar terlihat menjadi awet muda. Pernahkan Anda melihat instruktor – instruktor olahraga ? Perhatikanlah wajah dan kulit mereka. Mereka memiliki kulit yang sehat dan kecang sehingga kulit mereka tampak lebih muda. Nah, dengan rajin berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat yang mengandung beberapa racun di dalam tubuh sehingga kulit akan menjadi lebih segar dan sehat.

Baca Juga:  Perkembangan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural

Tidak hanya itu, berolahraga secara teratur bisa juga meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan. Mengapa hal tersebut demikian ? Berolahraga akan membuat sistem peredaran darah menjadi lancar. Dengan lancarnya sistem peredaran darah yang menuju ke otak, otak akan menadapatkan makanan yang cukup sehingga akan meningkatkan konsentrasi. Apablla konsentrasi meningkat, tentunya belajar menjadi lancar dan membuat seseorang menjadi pintar.

Bahkan berolahraga bisa membantu membentuk tubuh yang ideal. Berolahraga secara teratur membentuk masa otot sehingga otot – otot akan terlihat menarik. Kita bisa membentuk masa otot yang kita inginkan seperti lengan, paha, dada, dan lain – lain.

Berdasarkan pembahasan di atas, tentu sudah jelas bahwa olarga memiliki bergam manfaat. Oleh karena itu, marilah kita berolaharaga agar mendapatkan manfaat – manfaat tersebut. Berolahragalah secara teratur dan jangan terlalu memberatkan. Cukup lakukan olaharaga sederhana di rumah seperti push up, sit up, dan lain – lain.