Pengertian, Ciri, & Contoh Kalimat Berita Positif

Pengertian, Ciri, & Contoh Kalimat Berita Positif – Anda tentu pernah mendengar kalimat – kalimat berita dalam kehidupan sehari – hari. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan kalimat berita tersebut, apakah ciri – cirinya dan bagaimanakan contoh – contohnya. Nah, artikel kali ini akan membahasa khusus tentang kaliimat berita. Berikut ini adalah penjelasannya.

Kalimat berita atau yang dikenal juga dengan kalimat informative adalah kalimat – kalimat yang di dalamnya terkandung suatu informasi yang berupa peristiwa atau kejadian yang dipaparkan, bisa juga pernyataan – pernyataan yang disampaikan baik secara langsung maupun tidak langsung. Kalimat berita sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah kalimat berita posistif, kalimat berita negatif, kalimat berita langsung, dan  kalimat berita tidak langsung.

Pada pembahasan artikel kali ini kita khusus akan membahas jenis kalimat berita positif. Pengertian kalimat berita positif sendiri adalah jenis kalimat berita yang isinya berupa informasi – informasi positif. Dengan kata lain, berita yang ada di dalam kalimat tersebut tidak ada pengingkaran ataupun penyangkalan. Oleh karena itu, pada kalimat berita positif tidak ditemukan kata – kata negatif, seperti tidak, bukan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Jenis-Jenis dan Sifat Perilaku Menyimpang

Kalimat berita positif selalu memberikan informasi yang berguna, kabar yang menyenangkan, dan bisa pula pernyataan – pernyataan tentang suatu keindahan.

Ciri – Ciri Kalimat Berita Positif

  1. Kalimat berita menyampaikan berita – berita yang positif, seperti prestasi, terobosan terbaru, kejadian yang penting, keberhasilan, keindahan dan lain sebagainya.
  2. Kalimat berita ditulis dengan menggunakan bahasa yang baku sehingga menjadi kalimat yang efektif.
  3. Kalimat berita positiif merupakan fakta. Dengan kata lain, kalimat tersebut bukanlah merupakan opini atau pendapat pribadi seseorang.
  4. Memiliki isi yang jelas dan menajawab 5 W + 1 H
  5. Bukan merupakan kalimat tanya, maupun perintah, tetapi kalimat statement.

Contoh – Contoh Kalimat Berita Positif

Setelah memahami pengertian dan contoh – contoh kalimat berita di atas sekarang waktunya untuk mengetahui contoh – cotoh dari kalimat beriita positif. Contoh – contoh kalimat ini bisa membuat Anda semakin memahami apa itu kalimat berita positif. Nah, perhatikanlah contoh – contoh kalimat berita positif di bawah ini:

  1. Dika memenangkan kejuaraan Bulu Tangkis tingkat dunia Di Inggris pada hari kamis lalu.
  2. Ayah membeli sepeda motor baru seharga 50 juta rupiah di Dealer Yamada beberapa hari yang lalu.
  3. Para petani lada mengalami panen raya dan bahagia karena harga lada menyentuh 150 ribu per kilo gram.
  4. Aisyah akan pergi ke Belanda bulan ini untuk belajar karena dia anak yang pintar sehingga mendapatkan beasiswa.
  5. Koleksi hewan kebun binatang selamat mendapatkan koleksi tambaha karena Lia, si Induk Harimau Sumetra, melahirkan 3 ekor anak harimau kemarin malam.
  6. Teluk Kiluan mendapatkan pengakuan sebagai tempat wisata paling indah untuk dikunjungi oleh majalah Our Trip Our Adventure.
  7. Bulan depan Timnas Indonesia akan melaksanakan tour ke Negara – Negara Eropa dengan menjajal kemampuan beberapa klub sepak bola di sana.
  8. Program pemerintah untuk mementaskan kemiskinan di Indonesia mulai terlihat keberhasilannya berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementrian Sosisal beberapa hari yang lalu.
  9. Tahun depan Sumsang akan melemparkan produk keluaran terbarunya di pasar Indonesia dengan harga yang murah.
  10. Mulai tahun depan Desa Suka Maju akan mendapatkan program listrik masuk desa dari pemerintah.
  11. Pemerintah akan merealisasikan pembangunan jembatan selat sunda pada akhir tahun ini diawali dengan pembangunan – pembangunan tiang pancang awal di Provinsi Banten dan Lampung.
  12. Sekolah SMAN 1 Ujung Tambak mendapatkan juara pertama lomba kebersihan tingkat kota dan akan mewakili provinsi dalam lomba sekolah bersih nasional tahun depan.
  13. Shinta dan Rama akan membawa hubungan mereka ke tingkat selenjutnya setelah bersama – sama selama 10 tahun lamanya.
  14. Aku akan diberikan hadiah sepeda baru oleh ayah karena menjadi juara kelas besok.
  15. Nenek telah sembuh dari penyakitya dan telah kembali ke rumah setelah dirawat di rumah sakit selama kurang lebih dua minggu.
  16. Siti Zulaeha selamat dari kecelakaan tunggal yang menimpa dirinya di jalan raya pukul pada pukul 20. 00 wib kemarin malam.
  17. Malam ini Pak Raden mengundang kami ke acara selamatan beliau yang ingin pergi melaksanakan ibadah haji bulan yang akan datang.
Baca Juga:  Penjelasan Perkembangbiakan Tumbuhan Secara vegetatif Alami dan Buatan

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai pengertian, ciri, dan contoh kalimat berita positif. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda.