Pengertian Atmosfer, Sifat Atmosfer, dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Pengertian Atmosfer, Sifat Atmosfer, dan Manfaatnya Bagi Kehidupan – Udara berperan sebagai komponen utama dalam kehidupan ini. Semua makhluk hidup akan mati apabila tidak ada udara. Namun, apakah sebenarnya udara? Udara adalah materi yang terbentuk dari gas, debu dan air. Udara – udara inilah yang mengisi bumi kita dan membentuk atmosfer. Namun, sesungguhnya tahukah Anda apa itu atmosfer ? Apa sajakah manfaatnya bagi kehidupan ini? Anda akan mendapatkan semua jawaban dari pertanyaan itu setelah membaca artike berikut ini.

Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi. Atmosfer sendiri terbentuk dari gas – gas yang saling berkumpul menjadi satu. Adapun gas – gas penyusun atmosfer adalah:

1. Nitrogen = 78,08 %

2. Oksigen = 20,95 %

3. Argon = 0,93 %

4. Karbondioksida = 0,037 %

5. Neon = 0,0018 %

6. Helium 0,0005 %

7. Ozon O3 0,000004 %

8. Hidrogen H 0,00006 %

9. Klorofluorokarbon = 0,00000002 %

10. Xenon = 0,000009 %

11. Metana = 0,00017 %

Atmosfer memiliki beberapa lapisan udara dengan ketebalan dan karakteristik yang berbeda-beda. Lapisan – lapisan atmosfer tersebut adalah sebagai berikut.

1. Troposfer

Lapisan troposfer adalah lapisan udara yang berada paling rendah. Lapisan ini terletak di khatulistiwa dengan ketebalan mencapai sekitar 16 km, dan 11 km di daerah sedang, dan 8 km di daerah kutub. Lapisan troposfer memiliki kedalaman sekitar 12 km. Di lapisan inilah tempat terjadinya peristiwa-peristiwa cuaca, seperti angin berhembus, awan, dan hujan yang terjadi.

Baca Juga:  Sejarah Kerajaan Tarumanegara, Prasasti, Peninggalan, Lokasi, & Penyebab Runtuhnya

Suhu udara yang dimiliki oleh lapisan ini adalah sekitar 27 derajat C pada ketinggian 0 m di atas permukaan, sedangkan di bagian yang berbatasan dengan tropopause memiliki suhu sekitar 2 derajat C. Dengan begitu, semakin tinggi suatu tempat, maka suhunya semakin turun. Berdasarkan Teori Braak, setiap naik 100 m, maka suhu troposfer turun sebesar 0,61 derajat C.

2. Stroposfer

Stratosfer adalah lapisan kedua dari atmosfer. Lapisan ini berada tepat di atas troposfer. Ketinggian stroposfer mencapai sekitar antara 12 – 50 km dari atas permukaan bumi. Lapisan ini berperan penting bagi makhluk hidup di muka bumi ini, karena di lapisan inilah tempat lokasi terjadinya akumulasinya gas ozon. Ozon berfungsi sebagai pelindung permukaan bumi dari pengaruh langsung sinar ultraviolet. Apabila sinar ultra violet yang dihasilkan oleh matahari langsung mengenai permukaan bumi, maka mengakibatkan kesehatan manusia terganggu.

Baca Juga:  Penjelasan Struktur Lapisan Atmosfer Bumi

3. Mesosfer

Lapisan mesosfer ini adalah lapisan ke tiga dan terletak di atas stratosfer. Mesosfer memiliki ketinggian sekitar 50 – 80 km di atas permukaan bumi. Lapisan ini memiliki fungsi sebagai pemantul gelombang radio, seperti gelombang UHF, VHF, AM, FM, dan SW.

4. Thermosfer

Thermosfer berada tepat di atas lapisan mesosfer. Lapisan ini memiliki ketinggian lebih dari 80 km di atas permukaan bumi. Pada lapisan thermosfer tejadi perubahan suhu yang sangat drastis. Kenaikan suhu udara ini terjadi disebabkan oleh radiasi sinar X dan Ultra Violet (UV).

Setiap peralihan anatr lapisan atmosefer terdapat lapisan lain yang disebut lapisan anatara. Lapisan antara troposfer dengan stratosfer disebut dengan tropopause, lapisan antara stratosfer dengan mesosfer disebut dengan stratopause, dan lapisan antara mesosfer dengan thermosfer disebut sebagai lapisan mesopause.

5. Eksosfer

Lapisan eksosfer merupakan lapisan terluar dari atmosfer bumi. Di dalam eksofer jarang terjadi benturan – benturan udara sehingga pengaruh gaya berat sangat kecil.

Baca Juga:  Unsur-Unsur Atlas & Jenis-Jenis Atlas

Ketinggian lapisan eksosfer berkisar antara 500 km hingga 1.000 km. Butiran-butiran gas yang ada pada lapisan ini berangsur-angsur keluar menuju angkasa luar, sehingga lapisan ini juga disebut dissipasisfer.

Manfaat Atmosfer bagi Kehidupan:

Peranan atmosfer sangat penting bagi keberlangsungan makhluk hidup di muka bumi ini. Adapun manfaat atmosfer tersebut adalah sebagai berikut.

1. Atmosfer akan melindungi bumi dari jatuhnya meteor atau benda angkasa yang lain. Di lapisan inilah benda – benda angkas tersebut akan terbakar habis sebelum tiba di bumi.

2. Atmosfer dapat menjaga temperatur udara di permukaan bumi sehingga tetap bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup.

3. Atmosfer dapat memantulkan gelombang radio dan sinyal, sehingga dapat memudahkan proses komunikasi.

4. Selain itu, atmosfer mempunyai peran masing-masing, sebagai berikut.

a. Nitrogen sebagai zat pertumbuhan tanaman.

b. Oksigen untuk pernapasan.

c. Karbondioksida untuk fotosintesis.

d. Neon untuk lampu listrik.

e. Ozon untuk menyerap sebagian radiasi matahari.