Pengertian Atlas, Syarat-Syarat Atlas, & Manfaat Atlas

Pengertian Atlas, Syarat-Syarat Atlas, & Manfaat Atlas – Atlas adalah peta – peta yang dikumpulkan menjadi satu dan dijilid menjadi sebuah buku. Penggunaan nama atlas sendiri berasal dari nama seroang dewa dari bangsa Yunani, yaitu Dewa Atlas. Atlas adalah dewa yang digambarkan sedang menjaga dan memegang bumi di atas pundaknya.

Peta-peta yang ada di dalam atlas terdiri dari peta umum maupun peta tematis. Bahkan, ada juga sebuah atlas yan tidak hanya mencantumkan peta – peta saja, tetapi juga mencantumkan gambar – gambar tertentu, seperti gambar hewan yang dilindungi, pakaian adat, keajaiban dunia, dan lain sebagainya.

Pada umumnya peta-peta yang terdapat di dalam atlas disusun dengan teratur dan rapih berdasarkan pembagian wilayah dalam suatu negara, dan juga berdasarkan pembagian wilayah pada masing-masing benua. Dengan susunan yang beraturan tersebut, maka akan memudahkan orang – orang dalam membaca dan menemukan informasi yang dicarinya.

Sebenarnya informasi yang ada di dalam atlas tidaklah jauh berbeda dengan informasi yang bisa ditemukan dalam peta. Perbedaannya adalah di dalam atlas, kita dapat memungkinkan pembacanya untuk mendapatkan informasi yang lebih luas dan lengkap dibandingkan informasi yang bisa didapatkan di dalam peta.

Baca Juga:  Akibat Adanya Konflik Sosial (Positif dan Negatif)

Kelebihan yang dimiliki oleh atlas adalah atlas dilengkapi dengan daftar isi dan indeks. Indeks merupakan unsur yang cukup penting di dalam atlas. Dengan indeks, pembaca dapat menemukan informasi, seperti letak pulau, letak gunung, sungai, kota, dan lain sebagainya dengan cepat dan mudah.

Kini atlas tidak hanya menyajikan gambaran – gambaran peta saja, tetapi atlas terbitan baru saat ini telah dilengkapi dengan kumpulan gambar, indeks nama – nama yang tercantum di dalam atas, dan table.

Oleh karena atlas merupakan sekumpulan peta, maka atlas juga dapat digunakan sebagai sebagai sumber dalam mencari data. Data – data yang dapat diperoleh dari dalam atlas, diantaranya adalah: data kependudukan, data daerah wisata, hasil bumi, persebaran tambang, persebaran flora fauna, jalur transportasi, dan lain-lain.

Syarat- Syarat Atlas

Sebagai sumber yang digunakan untuk mencari informasi – informasi penting, maka atlas harus dibuat dengan baik dan benar. Sebuah atlas dapat dikatakan sebagai atlas yang baik dan benar apabila memiliki syarat – syarat berikut ini. Adapun syarat – syarat tersebut antara lain:

Baca Juga:  Materi Tentang Akhlak Terpuji (Zuhud & Tawakal)

1. Atlas memuat isi yang lengkap, seperti data fisik, sosial, ekonomi, sehingga pembacanya dapat menemukan apa yang dicari dengan mudah dan cepat.

2. Atlas menyajikan gambar dan petanya dengan jelas. Selain itu, gambar dan peta di dalam atlas dibuat dengan warna menarik, sehingga dapat menarik perhatiaan pembacanya.

3. Atlas dapat mudah dipahami oleh siapun yang ingin mencari informasi di dalamnya.

4. Gambar dan peta yang ada di dalam atlas diurutkan sesuai dengan judul atlas. Selain itu, peta – peta pada atlas juga diurutkan sesuai dengan pembagian suatu wilayah atau daerahnya masing – masing.

5. Peta – peta yang ada di atas memiliki unsur – unsur yang ada pada peta, seperti simbol, mata angin, legenda, dan lain sebagainya.

Manfaat Atas

Secara umum atlas bermanfaat sebagai penyedia informasi kepada para pembacanya. Namun, ternyata atlas memiliki banyak manfaat – manfaat khusus yang bisa didapatkan darinya. Adapun manfaat – manfaat tersebut adalah:

Baca Juga:  Definisi Comparative & Superlative Adjective Serta Penjelasannya

1. Menunjukkan wilayah tertentu. Atlas dapat digunakan untuk menunjukan suatu wilayah tertentu di muka bumi ini. Hal ini dikarenakan atlas menghimpun semua peta – peta, termasuk peta – peta Negara yang ada di dunia.

2. Atlas dapat memberikan informasi lokasi kota, sungai, atau danau dengan informasi geografis yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan.

3. Atlas dapat digunakan untuk membandingkan luas, letak, dan lokasi tertentu, sehingga pembaca dapat mengetahui luas, atau jarak yang sebenarnya dari suatu atau antar kota dengan menggunakan skala yang ada pada atlas tersebut.

4. Atlas dapat digunakan untuk membandingkan perbedaan – perbedaan relief suatu daerah dengan cara melihat simbol – simbol yang ada di dalam peta, contohnya simbol warna, dan lain sebagainya.

5. Selain dapat digunakan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan letak atau posisi sebuah daerah, atlas juga dapat digunakan untuk mencari informasi tertentu seperti, binatang – binatang yang dilindungi, keajaiban dunia, pakaian adat, dan lain sebagainya.