Pengertian Anecdote Text, Tujuan, Languange Feature, & Generic Structure

Pengertian Anecdote Text, Tujuan, Languange Feature, & Generic Structure – Apakah teman – teman pernah membaca sebuah teks yang lucu atau mengandung cerita yang tidak biasa sehingga membuat kalian terkejut atau mungkin tertawa? Jika pernah, artinya kalian pernah membaca Anecdote Text atau dalam Bahasa Indonesia disebut ‘teks anekdot’. Lalu apakah Anecdote Text tersebut? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai Anecdote Text.

Pengertian Anecdote Text

Kata ‘Anecdote’ sebenarnya berasal dari bahasa Yunani (Greek) yaitu ‘Anekdota’ yang memiliki arti ‘unpublished’ atau dalam Bahasa Indonesia berarti ‘tidak diumumkan’ atau ‘tidak dipublikasikan’. Dalam Bahasa Inggris sendiri, kata ‘Anecdote’ digunakan sebagai istilah untuk sebuah cerita rahasia atau cerita pribadi. Namun, sekarang kta ‘Anecdote’ telah mengalami pergeseran makna dan juga pemahaman istilah menjadi sebuah cerita lucu. Pengertian Anecdote Text yaitu a text which deals with something unexpected or out of ordinary that usually contains some amusing or unusual incidents. Artinya, Anecdote Text merupakan sebuah teks yang berhubungan dengan sesuatu yang tidak terduga atau tidak biasa terjadi yang mengandung beberapa kejadian yang menghibur atau bahkan kejadian yang tidak lazim.

Tujuan Anecdote Text

Dari pengertian di atas, kita telah dapat mengetahui tujuan dari Anecdote Text yaitu to tell the past events in order to amuse the readers or listeners by telling the unusual and/or amusing incidents. Artinya, tujuan Anecdote Text yaitu untuk menceritakan kejadian yang terjadi di masa lampau untuk menghibur para pembaca atau para pendengar dengan menceritakan beberapa kejadian yang tidak biasa dan/ atau kejadian yang menghibur.

Baca Juga:  Contoh Report Text About Penguin Terbaru

Struktur Kebahasaan Anecdote Text (Generic Structure of Anecdote Text)

Sama halnya seperti jenis teks lain dalam Bahasa Inggris, Anecdote Text pun memiliki struktur kebahasaan (Generic Structure) sebagai berikut:

1. Abstract

Abstract merupakan bagian pertama dari Anecdote Text. Bagian ini berisi tulisan singkat dari sang penulis mengenai sesuatu yang unik atau tak lazim sehingga membuat para pembaca atau pendengar penasaran dan tertarik untuk membaca atau mendengarkan cerita tersebut lebih lanjut. Biasanya, pada bagian Abstract penulis akan mengawalinya dengan mengajukan sebuah pertanyaan. Akan tetapi tidak semua bagian Abstract terdapat pertanyaan untuk mengawali teks tersebut. Adanya pertanyaan atau tidak itu tergantung oleh sang penulis dan gaya penulisannya.

2. Orientation

Bagian selanjutnya dari Anecdote Text merupakan Orientation. Pada bagian ini, setelah berhasil membuat para pembaca atau pendengar penasaran dan tertarik untuk membaca atau mendengarkan lebih lanjut, penulis kemudian mengenalkan tokoh, waktu, serta setting tempat dari cerita tersebut. Bagian ini memiliki fungsi yang sama seperti bagian Orientation pada Narrative Text.

3. Crisis

Setelah Orientation, bagian selanjutnya yaitu Crisis. Bagian Crisis merupakan bagian dimana sang penulis mempertegas atau menjelaskan lebih lanjut mengenai hal unik atau tak lazim yang telah ia ceritakan secara singkat pada bagian Abstract. Bagian Crisis memiliki fungsi untuk meningkatkan curiosity graphic (grafik penasaran) dari para pembaca atau pendegar sehingga mereka akan membaca atau mendengarkan cerita lebih lanjut.

Baca Juga:  2 Contoh Anecdote Text dan Artinya Terbaru

4. Incident atau Reaction

Setelah Abstract, Orientation, dan Crisis, bagian selanjutnya adalah Incident atau Reaction. Bagian Incident atau Reaction berisi pemecahan masalah yang dilakukan oleh pelaku cerita tersebut dalam mengakhiri kejadian ganjil dalam cerita tersebut. Disinilah para pembaca atau pendengar akan menurunkan curiosity graphic (grafik penasaran) mereka karena mereka telah menemukan pemecahan masalah dari bagian Crisis. Selain itu, pada bagian inilah para pembaca atau pendengar menemukan hal yang menarik atau bagian yang lucu dari pemecahan masalah tersebut.

5. Coda

Coda merupakan bagian terakhir dari Anecdote Text. Bagian ini berisi kesimpulan yang dapat diambil dari cerita lucu tersebut dan biasanya mengundang tawa dari para pembaca atau pendengar. Namun, bagian ini tak selalu ada dalam Anecdote Text.

Ciri Kebahasaan Anecdote Text (Language Feature of Anecdote Text)

Anecdote Text memiliki beberapa ciri kebahasaan (Language Feature), yaitu:

1. Menggunakan Past Tense

Anecdote Text menggunakan berbagai macam Past Tense, seperti Simple Past Tense, Past Continous Tense, atau Past Perfect tense.

Contoh: When my family and I went to a zoo in my city, I saw a man dancing belly dance with a monkey.

Baca Juga:  Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Langka di Indonesia

2. Menggunakan Exclamation (Kata Seru)

Anecdote Text menggunakan beberapa kata seru.

Contoh: How weird that man is! (sungguh sangat aneh lelaki itu), what a very wonderful day! (sungguh hari yang sangat indah).

3. Menggunakan Conjunction of Time (Kata Sambung Waktu)

Anecdote Text menggunakan kata sambung waktu untuk menunjukkan urutan kejadian dalam cerita tersebut.

Contoh: lately, firstly, after, before, finally, etc.

4. Menggunakan Rhetoric Question

Anecdote Text juga menggunakan Rhetoric Question. Rhetoric Question merupakan jenis pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban karena sang penanya lebih mengetahui jawab dari pertanyaan tersebut. Biasanya, Rhetoric Question digunakan agar adanya interaksi dengan para pembaca atau pendengar.

Contoh: Do you know what? (kau tahu apa?), do you know why? (kau tahu kenapa?)

5. Menggunakan Intensity Word

Selain itu, Anecdote Text juga menggunakan Intensity Word, yaitu kata yang digunakan untuk menunjukkan intensitas untuk membuat cerita lebih terdramatisir.

Contoh: really good, very, very much, pretty much, dan sebagainya.

Demikianlah pengertian, tujuan, generic structure, dan ciri dari Anecdote Text. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat menambah ilmu teman – teman semua. Terima kasih.

Baca Juga:

2 Contoh Anecdote Text dan Artinya Terbaru
5 Iklan Bahasa Inggris Tentang Shampoo
4 Iklan Bahasa Inggris Tentang Sabun Terbaru