Penelitian dan Jenis Kajian Sosiologi

Penelitian dan Jenis Kajian Sosiologi – Berikut terdapat artikel penjelasan mengenai penelitian serta kajian Sosiologi.

A. Pengertian

Sebagai salah satu ilmu pengetahuan, sosiologi tentu memiliki suatu metode dalam melakukan sebuah penelitian. Realitas sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat merupakan objek nyata dalam penelitian sosiologi. Dalam melakukan sebuah penelitian, para sosiolog lebih banyak meneliti tentang masalah sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Penelitian ialah sebuah kegiatan ilmiah yang memiliki tujuan untuk menyingkap suatu kenyataan sosial sebagai sebuah kebenaran untuk mengidentifikasi sebuah masalah dan solusinya. Penelitian bertujuan untuk menemukan solusi dari masalah-masalah yang telah melalui prosesi perumusan dari kegiatan penelitian yang dilakukan.

Dalam melakukan penelitian sosial, masalah yang ada dalam lingkungan masyarakat sebagai objek yang nantinya hasil dari sebuah penelitian akan membuahkan definisi-definisi dan juga pola secara umum mengenai manusia dan lingkungan masyarakatnya. Selain itu penelitian juga diharapkan dapat menghasilkan suatu prinsip-prinsip secara umum serta kaidah dari hubungan interaksi seorang individu masyarakat, hakikat, bentuk, sifat, isi, dan struktur pada masyarakat itu sendiri. Tahapan penelitian sosiologi secara umum tersusun dalam beberapa urutan diantaranya yakni perumusan masalah, studi pustaka, perumusan hipotesis perencanaan design penelitian, pengumpulan data, analisa data, penyimpulan, dan yang terakhir ialah menelaah kembali penelitian yang telah dilakukan.

Baca Juga:  Latihan Ujian Sosiologi Kelas 12 Semester 1

Objek penelitian dalam kajian sosiologi mengenai masyarakat begitu luas. Hal tersebut dikarenakan objek penelitian yang berupa masalah sosial serta kelompok sosial yang ada di masyarakat sangatlah beragam. Berikut ini merupakan klasifikasi dari contoh kajian sosiologi pada sektor realita kehidupan masyarakat yang selanjutnya menjadi spesialisasi kajian sosiologi!

B. Jenis-Jenis Kajian dalam Sosiologi

1. Sosiologi Politik

Politik ialah seorang individu masyarakat atau kolektif yang menggunakan cara-cara tertentu dengan strategi untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan. Dalam pengertian lain, politik tentu akan sangat beragam definisinya. Polotik merupakan realita sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Sedangkan pelakunya juga merupakan bagian dari kelompok sosial yang ada dalam realita kehidupan bermasyarakat. Dalam berpolitik, masing-masing individu yang terjun di dalamnya akan saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mendapatkan tujuan tertentu. Politik seringkali diartikan sebagai suatu seni berstrategi untuk mendapatkan kekuasaan. Pola gerak para politisi dengan segala aktivitas-aktivitasnya menjadi salah satu objek dalam penelitian sosiologi.

Baca Juga:  Fungsi Bunga, Bagian, dan Struktur Jaringan Penyusun Bunga

2. Sosiologi Ekonomi

Dalam realita sosial kehidupan setiap warga negara tentu tidak terlepas dari persoalan-persoalan yang berkaitan ekonomi. Manusia senantiasa melakukan aktivitas perekonomian, dalam rangka memenuhi segala kebutuhan, hajat, serta keinginan dalam hidupnya. Sejak dahulu kehidupan manusia dalam rangka pemenuhan hajat hidupnya terpengaruh oleh adanya perkembangan sosial pada suatu masyarakat di dalamnya. Bahkan hingga saat ini pun, masih sama. Pada aspek ini juga menjadi fokus dalam penelitian sosiologi.

3. Sosiologi Agama

Objek kajian sosiologi yang erat kaitannya dnegan aspek agama adalah sebuah objek kajian yang sangat menarik sekali. Hal ini disebabkan oleh adanya sebuah aktivitas manusia sebagai individu masyarakat yang membentuk sebuah karakteristik umat beragama yang turut mewarnai masyarakat secara kultural. Sehingga aspek kajian ini telah menyentuh ranah keilmuan sosiologi yakni yang mengkaji mengenai masyarakat. Oleh karenanya, aspek keagamaan adalah salah satu objek paling menarik dalam penelitian sosiologi.

Baca Juga:  Soal Sosiologi Kelas 10 Bab Sosiologi Sebagai Ilmu

4. Sosiologi Budaya

Dalam menelaah kajian sosiologi tentu berbeda dengan menelaah keilmuan tentang budaya. Kebudayaan merupakan buah dari pikiran serta aktivitas seorang individu masyarakat berupa karya, cipta, dan karsa. Kebudayaan manusia pada masyarakat tentu sangat beragam tergantung pada perkembangan peradaban yang ada pada masyarakat. Sosiologi meninjau sebuah korelasi yang tak terpisahkan antara kebudayaan dan masyarakat. Oleh karenanya, apek budaya merupakan objek yang menarik untuk ditelaah pada kajian sosiologi.

Sumber:
http;//sosiologiada.blogspot.ae/2015/11/penelitian-dan-jenis-kajian-sosiologi.html?m=1