Pembagian Benua Asia Berdasarkan Struktur dan Hubungan Bangsa

Pembagian Benua Asia Berdasarkan Struktur dan Hubungan Bangsa – Asia merupakan benua yang terluas dan terbesar yang jemlah penduduknya melebihi jimlah penduduk di benua yang lainnya. Di bagian timur serta belahan utara benua Asia cakupannya terdiri atas 8,7 % dari total keseluruhan luas permukaan bumi yang terdiri atas 30 % dari luas daratannya. Benua Asia mempunyai tingkatan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi di masa modern saat ini yakni berkisar 60 % jumlah penduduk dari total keseluruhan semua benua di dunia. Berikut pembahasan mengenai benua Asia berkenaan dengan pembagian wilayah berdasarkan pembagian wilayah benua Asia berdasarkan struktur serta hubungan antar bangsa di benua tersebut!

Pembagian Wilayah

Asia merupakan benua yang dapat dikatakan sebagai sebuah bagian dari benua eurasia yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan benua-benua yang lainnya. Pembagian wilayah benua Asia berdasarkan struktur hubungan dan bangsa-bangsa adalah sebagai berikut!

Baca Juga:  Pengertian, Fungsi Pranata Ekonomi, dan Contohnya

A. Wilayah Asia Tenggara

Wilayah Asia bagian Tenggara meliputi semenanjung Malaka, Indochina serta kepulauan pada Samudera Hindia dan juga Samudera Pasifik. Negara-begara yang berada pada kawasan Asia Tenggara ialah :

– Di bagian daratan Asia Tenggara terdapat Birma (Myanmar), Laos, Thailand, Kamboja, Malaysia bagian barat dan Vietnam.
– Pada bagian wilayah kepulauan Asia Tenggara terdapat negara Filipina, Indonesia, singapura, Brunei Darussalam, Malaysia bagian Timur, dan Timor Leste.

Negara Malaysia terbagi menjadi dua bagian wilayah pada laut Tiongkok Selatan, dan juga wilayah daratan. Daratan yang pertama berada pada Semenanjung Malaka, dan bagian selanjutnya berada pada pulau Kalimantan. Dengan pengertian sederhana dapat dikatakan bahwa Malaysia memiliki dua bagian wilayah yankni wilayah bagian daratan dan bagian wilayah kepulauan. Kepulauan Malaysia bagian Timur berada pada Pulau Kalimantan yang terdiri atas negara bagian Sabah dan Serawak. Kepualauan Malaysia bagian barat berada pada wilayah bagian selatan negara Thailand yang terdiri atas negara bagian Selanggor, negeri sembilan, Johor, Perak, Pahang, kelantan, dan lain-lain.

Baca Juga:  Pengertian & Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

B. Wilayah Asia Timur

Wilayah Asia bagian timur juga biasa disebut dengan Timur Jauh. Hal tersebut dikarekanan wilayah Asia Timur memiliki letak geografis yang begitu jauh dari eropa. Wilayah Asia Timur meliputi Samudera Pasifik Taiwan dan Jepang, di bagian semenanjung Korea terdapat Korea Utara dan Korea Selatan, Republik Rakyat Tiongkok, dan Hongkong.

C. Wilayah Asia Tengah

Wilayah Asia bagian tengah meliputi beberapa negara yakni Tajikistan, Uzbekistan, Kazakstan, Armenia, Russia, Azerbaijan, Kirgiztan, dan Turkimenistan.

D. Wilayah Asia Selatan

Wilayah bagian Asia Selatan meliputi negara-negara Himalaya seperti Pakistan, Bangladesh, India, Bhutan, dan Nepal. Berikutnya negara-negara Samudera Hindia meliputi Maladewa dan Srilanka. Disamping itu negara India memiliki julukan khas yakni negara Anak Benua Asia dan Asia Muka.

E. Asia Barat

Wilayah bagian Asia Barat sering mendapat julukan sebagai wilayah Asia Tengah, walaupun istilah tersebut terkadang dipergunakan untuk merujuk pada negara-negara yang berada di wilayah Afrika Utara. Pembagian wilayah Asia Barat terdiri atas:

Baca Juga:  Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah dan Lingkungan Hidup

– Negara pulau Siprus yang berada di wilayah laut tengah
– Wilayah Timur Dekat atau Levant yang terdiri atas negara Yordania, Suriah, Lebanon, dan Irak.
– Wilayah Jazirah Arab meliputi Arab Saudi, bahrain, Qatar, Oman, Yaman, Kuwait dan Uni Emirat Arab.
– Wilayah Kaukakus meliputi Armenia dan Azerbaijan.
– Wilayah hamparan Iran meliputi negara Iran dan bagian dari negara-negara yang lain.

Sumber :
https:id.m.wikipedia.org/wiki/Asia#Etimologi