Macam – Macam Lembaga Sosial di Dalam Kehidupan Masyarakat

Macam – Macam Lembaga Sosial di Dalam Kehidupan Masyarakat – Lembaga-lembaga sosial terdiri atas beberapa macam, diantaranya yakni lembaga sosial keluarga, lembaga agama, lembaga ekonomi, lembaga pendidikan, dan lembaga politik. Berikut penjelasannya!

a. Lembaga Sosial Keluarga

Lembaga sosial keluarga merupakan lingkup kecil yang direpresentasikan oleh sebuah keluaraga. Lembaga ini beranggotakan ayah, ibu, serta anak-anak sebagai satu kesatuan yang utuh yakni keluarga. Anggota keluarga satu sama lain memiliki hubungan darah yang mengikat atau bisa juga kesatuan ini terbentuk dengan adanya adopsi dan pengangkatan keluarga. Keluarga sebagai pranata merupakan integrasi dari norma, aturan, dan pedoman berperilaku yang ada dan bersifat mengikat serta harus dipatuhi dalam lingkup keluarga. Keluarga tak ubahnya seperti suatu sistem pemerintahan dalam lingkup kecil, yang terdapat beberapa struktur penting di dalamnya. Misalnya ayah berperan sebagai pemimpin dalam keluarga, ibu berperan sebagai manager yang bertugas mengatur segala urusan rumah tangga dengan segala kasih dan sayangnya. Keluarga memiliki peran untuk membina anggota-anggotanya untuk adaptif terhadap lingkungan budaya maupun lingkungan fisik.

Fungsi pranata keluarga amatlah penting, keluarga merupakan representasi dari lingkungan masyarakat yang lebih luas. Karakteristik keluarga yang baik akan menjadi cikal bakal terbentuknya masyarakat yang baik pula. Fungsi pranata keluarga jika ditinjau dari sudut pandang para ahli sosiologi meliputi beberapa fungsi pengaturan, diantara yakni fungsi reproduksi, fungsi hubungan biologis, fungsi sosialisasi, fungsi penentuan status, fungsi afeksi, fungsi perlindungan, dan fungsi ekonomi.

Baca Juga:  Klasifikasi atau Tipe-Tipe Lembaga Sosial

b. Lembaga Agama

Agama merupakan salah satu dari beberapa lembaga sosial yang ada. Agama atau kepercayaan mengajarkan dan menuntun umatnya agar selamat dan senantiasa menganjurkan untuk melakukan hal-hal yang baik serta bermanfaat bagi orang lain. Dengan adanya agama menjadikan sebab terhadap pencarian manusia tatas dasar nilai-nilai moral menjadi terpusat padanya. Hal ini dikarenakan dalam ajaran agama masyarakat dapat menemukan berbagai ajaran norma serta perilaku yang sesuai dengan fitrah manusia. Agama bukan hanya sebuah aturan tapi juga merupakan sebuah tuntunan yang baik bagi masyarakat. Di dalamnya juga terdapat filter terhadap perilaku maksiat dan perbuatan keji lainnya. Orang yag taat beribadah, maka secara otomatis ia akan senantiasa terjaga dari hal-hal yang tidak baik. Peran serta agama bagi terbentuknya masyarakat yang madani menjadi tonggak utama bagi terwujudnya hal tersebut.

c. Lembaga Ekonomi

Lembaga perekonomian merupakan suatu hal yang amat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat. Sistem ekonomi menjadi sebuah wadah bagi masyarakat untuk melakukan segala kegiatan ekonomi seperti berdagang, bekerja, dan lain-lain. Berikut beberapa peran dan fungsi pranata ekonomi bagi masyarakat!

1. Pengaturan Produksi Barang dan Jasa

Produksi merupakan sebuah usaha unduk pengadaaan barang dan jasa guna kepentingan perniagaan yang nantinya akan menjadi bahan konsumsi bagi masyarakat. Produksi
meliputi aktivitas untuk meningkatkan kualitas suatu barang, secara langsung maupun tidak langsung, dalam rangka pemenuhan hajat hidup manusia.

Baca Juga:  Persamaan dan Perbedaan Respirasi Aerob dan Anaerob

2. Distribusi Barang dan Jasa

Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang produksi dari produsen agara sampai ke konsumen. Aktivitas ini melibatkan tiga pihak yang saling terkait satu sama lain yakni produsen, perantara (distributor), dan konsumen.

3. Konsumsi Barang dan Jasa

Konsumsi adalah kegiatan penggunaan barang atau jasa hasil produksi. Untuk mencukupi segala kebutuhan akan barang dan jasa serta kebutuhan hidup yang lain, manusia melakukan penyesuaian antara pendapatan dengan pengeluaran dalam rangka bertahan hidup.

d. Lembaga Pendidikan

Menurut para ahli sosiolog, pranata pendidikan dibedakan menjadi dua fungsi yakni fungsi manifes dan fungsi laten pendidikan.Fungsi manifes pendidikan berarti melakukan persiapan anggota masyarakat untuk mandiri, mengembangkan potensi individu tertentu demi kepentingan pribadi / kolektif ataupun demi kepentingan masyarakat, pelestarian budaya, serta menjadikan individu memiliki keterampilan untuk hidup yang lebih baik. Selanjutnya fungsi laten pendidikan memiliki maksud untuk pembinaan kemajuan dan menambah pengetahuan.

Lembaga pendidikan secara umum memiliki fungsi pokok pendidikan sebagai berikut!

1. Sebagai sarana pelestarian serta pembelajaran budaya bangsa
2. Sebagai sarana persiapan peranan sosial yang diakui masyarakat
3. Sebagai sarana landasan penilaian serta pemahaman hidup yang lebih kompleks
4. Sebagai penguatan adaptasi diri dengan lingkungan masyarakat
5. Mempersiapkan tenaga ahli serta profesional yang handal untuk menjawab tantangan masa depan.
6. Sebagai sarana pembentukan karakter yang baim bagi masyarakat

Baca Juga:  Soal Sosiologi Kelas 12 Tentang Perubahan Sosial di Masyarakat

e. Lembaga Politik

Politik merupakan sebuah seni dalam mencapau suatu tujuan tertentu. Politik sangat identik dengan upaya perebutan kekuasaan dan lain sebagainya. Namun pada kenyataannya tidak selamanya demikian, jika pemahaman terhadap politik itu sendiri dapat dicerna dengan baik dan proporsional. Politik merupakan kegiatan masyarakatyang terintegrasi dalam sebuah sistem kenegaraan yang bersangkutan dengan proses penentuan dan pelaksanaan kebijakan tertentu dalam suatu negara. Terdapat tiga unsur dalam pemenuhan sebuah syarat terciptanta suatu negara yakni rakyat, pemerintah, dan wilayah. Kegiatan berpolitik tersebar pada seluruh aktivitas masyarakat dalam pengeloalaan tujuan negara dan proses pencapaian tujuan tertentu. Beberapa lembaga yang memiliki kaitan dengan akyivitas perpolitikan yakni eksekutif, legislatif, yudikatif, militer, keamanan, partai politik, dan sebagainya. Lembaga eksekutif kaitannya adalah pemerintahan yang berwengan sebagai pengambil kebijakan. Kepala pemerintahan dari lingkup yang terkecil yakni bupati, gubernur, dan presiden. Lembaga legislatif adalah parlemen tempat dibuatnta segala peraturan perundang-undangan.

Perandan fungsi pokok lembaga legislatif adalah sebagai berikut!
1. Melegalkan RUU atau Norma Melalui Undang-Undang
2. Melindungi Warga Negara dengan Undang-undag yang memiliki kekuatan hukum
3. Melakukan penyelenggaraan pelayanan umum bagi masyarakat
4. Menampung aspirasi kontituen dan menyampaikannya kepada pemerintah dan beberapa tugas pokok lainnya.

Sumber :
Waluya Bagja, 2009, Geografi Menyelami Fenomena Sosial Masyarakat Untuk SMA dan MA kelas XII, Jakarta, PT. Setia Purna Invers