Macam-Macam Enzim dan Fungsinya

Macam-Macam Enzim dan Fungsinya – Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai enzim, struktur, dan fungsinya (baca artikel enzim pada blog ini). Kemampuan katalitik enzim sangat menguntungkan dalam berbagai metabolisme di dalam tubuh. Dengan enzim, energi yang dibutuhkan untuk melagsungkan suatu metabolisme menjadi lebih rendah. Hal ini karena enzim akan menurunkan energi aktivasi (energi untuk memulai suatu reaksi) pada suatu metabolisme. Sehingga, laju metabolisme akan lebih cepat jika dalam metabolisme tersebut melibatkan enzim.

Enzim memiliki peranan penting dalam menjaga kelangsungan hidup suatu organisme. Semua aktivitas organisme, pencernaan; reproduksi; pertumbuhan dan perkembangan; pertahanan tubuh; dan lainnya akan melibatkan enzim dalam berbagai reaksi kimia. Seperti yang telah diuraikan pada artikel sebelumnya bahwa enzim memiliki sifat spesifik yang hanya dapat terlibat pada reaksi tertentu. Oleh karena itu, akan terdapat beragam enzim di dalam tubuh yang dapat dikelompokkan berdasarkan jenis reaksi yang dikatalisisnya.

MACAM – MACAM ENZIM DAN FUNGSINYA

1. Oksidoreduktase

Oksidoreduktase adalah kelompok enzim yang terlibat dalam reaksi reduksi dan oksidasi (redox). Reaksi redox merupakan reaksi kimia yang memindahkan elektrok dari suatu rektan ke unsur produk. Reduksi adalah reaksi yang menyebabkan suatu senyawa kehilangan elektron ditandai dengan hilangnya unsur hidrogen atau oksigen. Sementara oksidasi adalah reaksi kimia yang menyebabkan suatu senyawa menerima donor elektron. Reduksi dan oksidasi adalah reaksi yang berlawanan. Meski demikian, keduanya saling berhubungan. Reaksi redoks adalah reaksi paling umum yang terjadi pada seluruh metabolisme di dalam tubuh organisme seperti glykolisis. Enzim – enzim yang tergolong dalam kelompok oksidoreduktase ialah enzim dehidrogenase, peroksidase, oksigenase, hidroksilase, dan lainnya.

Baca Juga:  Contoh Procedure Text How to Use Microsoft Word

2. Transferase

Transferase adalah kelompok enzim yang mengkatalisis reaksi pemindahan gugus dari satu senyawa ke senyawa lainnya. Senyawa yang dirombak berperan sebagai donor, sementara senyawa yang menerima disebut sebagai aseptor. Reaksi ini merupakan reaksi dasar yang ditemukan pada makhluk hidup. Tujuan dari reaksi yang dikatalisis oleh enzim transferase ialah mendapatkan senyawa yag dibutuhkan. Contohnya ialah allanine aminotransferase mampu mengubah asam amino alanin menjadi aspartate. Enzim yang tergolong dalam kelompok transferase ialah esterase, peptidase, glikosidase, dan lainnya.

3. Liase

Liase adalah kelompok enzim yang mengkatalisis reaksi pemecahan ikatan ganda suatu senyawa kimia tanpa menambahkan air. Enzim ini disebut juga enzim sintetase yaitu enzim yang mengkatalisis reaksi pembentukan ikatan ganda pada suatu senyawa kimia. Dengan kata lain, lyase dapat bekerja bolak balik yaitu merombak dan menyusun ikatan ganda pasa suatu senyawa kimia. Cara kerja enzim liase ialah dengan mengeliminasi ikatan ganda atau ikatan benzene (cincin). Contoh enzim yang tergolong liase ialah dekarboksilase, aldolase, dan dehidratase.

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Ekosistem Alami (Ekosistem Darat & Perairan)

4. Hidrolase

Hampir serupa dengan enzim liase, hydrolase merupakan kelompok enzim yang mengkatalisis reaksi pemecahan ikatan suatu senyawa kompleks hanya saja pada hydrolase perlu ditambahkan air. Terdapat sekitar 200 enzim yang memiliki aktivitas hydrolase yang kemudian dikelompokkan menjadi dua kelompok besar. Eksohydrolase yaitu kelompok enzim hydrolase yang memecah ikatan protein dari rantai paling luar. Sementara kelompok endohyrolase yaitu enzim hydrolase yang memecah ikatan mulai dari rantai tengah suatu senyawa kompleks.

5. Isomerase

Isomerase adalah kelompok enzim yang mengkatalisis reaksi perubahan struktur tanpa mengubah komposisi (jumlah) molekul suatu senyawa kimia. Dengan kata lain, enzim ini akan mengubah satu substrat menjadi satu produk yang secara komposisi atomnya sama (rumus kimianya sama) namun bentuk dari senyawanya berbeda. Reaksi ini dapat ditemui pada reaksi glikolilis yaitu reaksi isomer (pengubahan bentuk) dihidroksi aseton fosfat diubah menjadi gliseraldehid 3-fosfat oleh enzim triosefosfat isomerase.

Baca Juga:  Pengertian, Jenis, & Contoh Adaptasi Tingkah Laku pada Tumbuhan serta Hewan

6. Ligase

Ligase adalah enzim yang mengkatalisis reaksi penggabungan (liga = gabungan) dua senyawa menjadi satu. Berbeda dengan hidrolase yang memecah ikatan dengan menambahkan air, ligase menggabungkan dua senyawa kimia dengan membuang komponen airnya. Kerja enzim ligase ini akan membutuhkan energi berpotensial tinggi dari pemecahan ATP. Contohnya ialah DNA-Ligase yaitu enzim ligase yang akan menggabungkan rantai DNA yang rusak (putus) dalam upaya perbaikan. Enzim ligase telah banyak digunakan dalam bidang bioteknologi untuk menyatukan dua DNA yang berbeda untuk menghasilkan DNA rekombinan.