Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia 2

Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia 2 – Perang Dunia II tercatat sebagai tragedi yang paling mengerikan yang pernah terjadi dalam sejarah kehidupan manusia. Betapa tidak ? Hampir seluruh Negara – Negara di dunia ini terlibat dalam peperangan yang amat sangat besar ini, sehingga menyebabkan kehancuran di mana – mana. Bahkan lebih dari 700 juta jiwa yang kebanyakan merupakan orang sipil meninggal dunia.

Apakah sebenarnya yang menjadi latar belakang meletusnya Perang Dunia II ? Nah, berikut ini adalah latar belakang terjadinya Perang Dunia II.

Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia 2

Meletusnya Perang Dunia II diawali dari keadaan politik internasional yang memanas pada masa itu. Keadaan politik menjelang Perang Dunia II menyerupai keadaan pada tahun 1900-1914 sebelum terjadinya Perang Dunia I. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa Perang Dunia II adalah lanjutan dari Perang Dunia I yang merupakan aksi balas dendam Perancis kepada Jerman akibat kalah perang pada tahun 1870-1871.

Memanasnya hubungan internasional, terutama di daratan Eropa juga disebabkan oleh persaingan – persaingan dalam bidang industri, contohnya adalah Jerman yang bersaing dengan Inggris. Akibat terjadinya persaingan – persaingan tersebut, timbullah persekutuan atau aliansi di antara Negara – Negara di dunia.

Baca Juga:  Berbagai Penyebab Perang Dunia 2

Ada dua persekutuan yang terbentuk, yaitu Aliansi Triple Alliantie atau lebih dikenal dengan sebutan Blok Sentral terdiri dari Negara Jerman, Austria dan Italia. Sedangkan Aliansi Triple Entente atau disebut juga dengan Blok Sekutu terdiri dari Negara Perancis, Inggris, Rusia dan lain-lain.

Timbulnya aliansi – aliansi ini membuat keadaan semakin memanas, sehingga timbul berbagai kecemasan – kecemasan akan timbulnya perang di seluruh dunia. Apa yang ditakutkan oleh semua orang pun terjadi pada tanggal 1 Agustus 1914 dengan diumumkannya perang Jerman terhadap Rusia.

Perancis yang merupakan musuh Jerman sejak lama pun ikut mengumumkan kepada Jerman pada tanggal 3 Agustus 1914. Kemudian disusul oleh Inggris yang menyatakan perang terhadap Jerman pada tanggal 4 Agustus. Kemudian setelah itu, berkecamuklah Perang Dunia ke I.

Perang Dunia I ini berlangsung selama 4 tahun dan berakhir dengan menyerahnya Jerman terhadap Perancis pada tanggal 11 November 1918. Sebagai pihak yang kalah, Jerman harus menandatangani perjanjian Versailles yang mengharuskan Jerman membayar ganti rugi kepada Sekutu pada tahun 1919.

Akibat dari kekalahan ini, Adolf Hitler membangkitkan semangat bangsanya untuk kembali bangkit dan melakukan balas dendam kepada pihak sekutu dengan menyerang Perancis. Pada tanggal 1 September 1939, Jerman menyerang Danzig, sebuah kota di Polandia karena Hitler beranggapan penduduknya adalah bangsa Jerman. Negara Polandia sendiri adalah Negara yang mendapatkan perlindungan oleh Liga Bangsa – Bangsa (LBB).

Baca Juga:  Peran Nilai dalam Kehidupan Masyarakat

Akibat dari serangan tersebut, Negara – Negara LBB, terutama Perancis dan Inggris mengumumkan perang terhadap Jerman Pada tanggal 3 September 1939. Setelah itu, meletuslah Perang Dunia II, yaitu peperangan di antara Negara – Negara Eropa melawan Jerman.

Pada awalnya Perang Dunia II ini hanya melibatkan Negara – Negara yang ada di dataran Eropa saja, tetapi meluas hingga ke Asia Pasifik karena Jepang ikut masuk ke dalam pihak Sentral dan menyerang Amerika. Setelah itu, semakin meluaslah Perang Dunia II sehingga hampir melibatkan seluruh Negara di dunia.

Akibat Perang Dunia II

Setelah Perang Dunia II berakhir, timbul beberapa akibat yang muncul di dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial, berikut adalah akibat – akibat Perang Dunia II.

Bidang Politik

1. Amerika Serikat dan Rusia (Uni Soviet) menjadi Negara adi kuasa.
2. Timbunya perang dingin karena adanya perebutan pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.
3. Timbulnya Nasionalisme dan banyaknya Negara merdeka di kawasan Asia.
4. Timbulnya blok – blok atau aliansi yang berdasarkan kepentingan bersama, misalnya NATO, METO, dan SEATO.
5. Timbulnya politik memecah belah negara, misalnya:
1) Jerman dipecah menjadi dua negara, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur.
2) Korea dipecah menjadi dua negara, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara.
3) Indo-Cina dipecah menjadi tiga negara, yaitu Laos, Kamboja, dan Indo-Cina.
4) India dipecah menjadi dua negara, yaitu India dan Pakistan.

Baca Juga:  Pengertian dan Faktor-Faktor Pengembangan Kepribadian

Bidang Ekonomi

Perang Dunia II mengakibatkan hancurkan perekonomian negara-negara di dunia, kecuali Amerika Serikat yang pada akhirnya menjadi pusat kekayaan dan kreditur bagi seluruh dunia. Kesempatan ini diguakan oleh Amerika Serikat untuk membendung pengaruh Komunis dan menanam pengaruhnya di dunia dengan melaksanakan program – program seperti Truman Doctrine (1947), Marshall Plan (1947), Point Four Truman dan Colombo Plan.

Bidang Sosial

Akibat Peran Duni II banyak sekali korban – korban yang menderita, baik itu cacat, maupun kehilangan harta dan bendanya, sehingga dibentuklah UNRRA (United Nations Relief Rehabilitation Administration) oleh PBB untuk membantu para korban perang.

Adapun tugas UNRRA di antaranya adalah sebagai berikut.

a. Memberikan makanan kepada orang-orang terlantar.
b. Mendirikan rumah-rumah sakit.
c. Mengurusi pengungsi dan menyatukan kembali dengan keluarganya.
d. Mengolah kembali tanah yang rusak.