Keadaan Penduduk, dan Potensi Ekonomi Kanada

Keadaan Penduduk, dan Potensi Ekonomi Kanada – Kanada adalah negara yang terletak di kawasan Amerika Utara dan Beribukota di Ottawa sebagai pusat pemerintahan nasional terhadap otoritas negaranya. Berikut pembahasan tentang negara tersebut yang berhubungan dengan keadaan penduduk dan potensi ekonomi negara!

A. Keadaan penduduk

Hampir keseluruhan dari masyarakat penduduk Kanada merupakan warga keturunan Inggris berjumlah 50% dan keturunan Perancis sebanyak 30%. Sisanya merupakan warga negara keturunan Jerman, Belanda, Skandinavia, Polandia, Cina, Italia dan Jepang. Sebagian kecil diantara mereka juga terdapat warga Indian dan eskimo.

Penduduk asli bangsa Kanada telah menghuni wilayah negara Kanada selama lebih dari 40.000 tahun. Kebanyakan dari mereka merupakan bangsa Skandinavia yang melakukan ekspedisi dan menempati sebuah wilayah yang dikenal dengan sebutan L’Anse aux Meadows.

Britania Raya mengklaim kepada Amerika Utara ketika John Cabot mencapai sebuah wilayah yang disebut sebagai Newfoundland pada tahun 1497. Sedangkan Perancis mengklaim bahwa negara tersebut memulai penjelajahan terhadap Kanada pada tahun 1534. Pada tahun 1604 para pemukim Perancis dikenal dengan sebutan Acadia. Acadia adalah sebutan bagi orang eropa yang pertama kali menetap di negara Kanada. Permukiman Perancis yang lainnya terdapat di St. Lawrence dan wilayah Atlantik Kanada.

Baca Juga:  Proses Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif & Contohnya

Selanjutnya Britania Raya memulai permukiman mereka di sepanjang wilayah pesisir Atlantik dan di sekitar teluk Hudson. Pada tahun 1689 sampai dengan tahun 1763 telah terjadi perang antara Perancis dan suku Indian. Perang tersebut diakibatkan oleh ekspansi koloni Perancis terhadap wilayah Britania. Dalam kesepakatan Paris tahun 1763, Perancis menyerahkan wilayahnya atas Kanada terhadap Britania Raya meliputi wilayah New France, termasuk Acadia, Quebec, dan juga Ontario. Britania membangun sebuah koloni yakni Kanada bawah, Nova Scotia, dan Kanada Atas.Setelah Revolusi Amerika, banyak diantara loyalis Britania yang meninggalkan semua konoli dengan tujuan untuk bermukim di wilayah Kanada.

B. Potensi ekonomi dan kegiatan perekonomian penduduk

Potensi dan aktivitas perekonomian warga penduduk Kanada jika ditinjau berdasarkan regionalnya, dapat diklasifikasikan menjadi dua, yakni :

1. Wilayah Pegunungan Rocky

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Teks Biografi Pahlawan Indonesia

Wilayah ini sangat melimpah kaya dengan bahan tambang galiannya, seperti tembaga di wilayah Britania Beach dan Kootenay, batubara di wilayah dekat Fernie, emas di wilayah bagian utara British Kolombia, timah hitam dan seng di wilayah Kootenay. Pusat perindustriannya berlokasi di wilayah Trail.

2. Daerah Perisai Kanada (Fennno Scandian Shield)

Wilayah ini tidak cocok dijadikan sebagai lahan pertanian. Hal tersebut dikarenakan tanahnya yang bertekstur tipis akibat terkikis oleh bongkahan es. Namun kandungan batuan pada wilayah tersebut kaya akan mineral logam mulia berharga seperti tembaga, Nikel, kobalt, dan perak. Bahan tambang logam perak berada di wilayah Sudbudry, Ontario. Sedangkan bahan tambang logam emas berada di wilayah Porcupine, Timmin, dan di sekitar danau Kirkland. Asbes di wilayah Theaford, uranium di wilayah sungai Bind, dan bijih besi di wilayah Labrador.

Baca Juga:  Latihan Ujian Sosiologi Kelas 12 Semester 1

Potensi pembangkit tenaga listrik Air bertegangan tinggi dihasilkan oleh sungai-sungai yang berhilir di sungai St. Lawrence. Sungai-sungai tersebut diantaranya yakni sungai Ottawa, sungai Saguenay, sungai Gatineau, dan sungai St. Maurice. Melalui aliran listrik yang bersumber dari tenaga air tersebuti, Kanada telah mengembangkan industri yang bersangkutan di daerah aliran sungai St. Lawrence, diantaranya yakni di bidang industri kertas, alumunium pulp, dan penggergajian kayu.

Sumber :
Dewi, Nurmala, 2009, Geografi Untuk SMA dan MA kelas XII, Jakarta, CV Epsilon Grup.
https://id.m.wikipedia.org./wiki/kanada