Jenis & Fungsi Makanan Bagi Manusia Adalah

Jenis & Fungsi Makanan Bagi Manusia Adalah – Semua makhluk hidup membutuhkan makan, termasuk manusia. Energi yang digunakan oleh tubuh untuk beraktivitas berasal dari pengolahan zat makanan yang masuk ke dalam tubuh. Seperti halnya organisme lainnya, tubuh manusia tersusun atas senyawa- senyawa kimia yang ditemui di alam, hanya saja manusia tidak mampu mengambil unsur – unsur kimia tersebut secara langsung dari alam. Manusia tergolong organisme heterotrof yaitu organisme yang tidak mampu mengolah senyawa anorganik di alam menjadi senyawa organik (makanan). Maka dengan demikian, manusia memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memakan organisme lain. Manusia pada dasarnya merupakan pemakan segala jenis makanan, yaitu tumbuhan, jamur, atau daging. Oleh karena itu manusia tergolong organisme omnivora (pemakan segala). Peranan tumbuhan sangat penting dalam suatu ekosistem. Tumbuhan merupakan organisme penghubung antara alam dengan organisme lainnya. Senyawa – senyawa kimia yang tidak dapat diambil secara langsung, dapat terpebuhi dengan memakan tumbuhan dan organisme lainnya. Ada beberapa senyawa yang penting bagi tubuh yang digolongkan menjadi:

1. Karbohidrat

Merupakan senyawa kimia yang tersusun atas unsur karbon (C); hidrogen (H); dan oksigen (O). Unsur – unsur ini merupakan unsur dasar penyusun tubuh organisme termasuk manusia. Oleh karenanya sangat penting bagi tubuh. Karohidrat merupakan senyawa yang disintesis oleh tumbuhan melalui fotosintesis. Glukosa merupakan monomer karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh sel tubuh.

Baca Juga:  4 Kriteria Stratifikasi Sosial dalam Masyarakat

2. Protein

Protein tersusun atas monomer asam amino yang tersusun atas unsur karbon (C); hidrogen (H); oksigen (O); belerang (S); nitrogen (N); dan phospor (P). Unsur – unsur ini juga merupakan unsur pembangun tubuh manusia. Sumber protein dapat diperoleh baik dari hewan (protein hewani) maupun tumbuhan (protein nabati).

3. Lemak

Lemak tersusun atas unsur karbon (C); hidrogen (H); dan oksigen (O). Meski banyak kelainan yang disebabkan oleh lemak, senyawa sangat dibutuhkan tubuh untuk fungsi struktural dan fungsional.

4. Vitamin

Vitamin merupakan senyawa organik kompleks yang kadarnya dibutuhkan dalam jumlah mikro untuk menjalankan suatu reaksi kimia atau sebagai aktivator enzim.

5. Air

Gabungan unsur hidrogen dan oksigen, berbentuk cairan. Senyawa ini sangat penting bagi tubuh. Merupakan senyawa terbesar yang terdapat dalam tubuh.

6. Mineral

Logam – logam anorganik yang terdapat di alam dibutuhkan bagi tubuh untuk menjaga keseimbangan metabolisme. Manusia mendapatkan logam – logam ini dalam bentuk mineral yang terlarut dalam air atau terkandung dalam organisme lain.

Baca Juga:  Jenis-Jenis dan Sifat Perilaku Menyimpang

Keenam jenis nutrisi di atas sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan peran dan fungsinya masing – masing. Adapun fungsi dari makanan bagi manusia yaitu:

a. Sumber energi

Setiap aktivitas tubuh dikendalikan oleh aktivitas sel. Dalam hal tesebut akan dibutuhkan sejumlah energi untuk melakukan setiap aktivitas. Energi ini diperoleh dari metabolisme yang tak lain berasal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang menjadi sumber energi bagi tubuh ialah glukosa yang berasal dari:

• Karbohidrat merupakan sumber energi utama. Karbohidrat yang terdapat nasi, roti, tepung, dan lainnya akan dipecah menjadi glukosa dalam sistem pencernaan dan diedarkan ke seluruh sel di dalam tubuh. Energi yang dihasilkan dari 1gram karbohidrat ialah 4,1 kalori.
• Lemak berperan sebagai energi cadangan ketika tidak ada pasokan karbohidrat di dalam tubuh, seperti pada kondisi puasa. Lemak yang disimpan di dalam tubuh akan dirombak menjadi glukosa untuk metabolisme pembuatan energi di dalam sel (respiasi sel). Energi yang dihasilkan dari perombakan lemak ialah 9,3 kalori.
• Protein menjadi cadangan energi pemungkas ketika pasokan karbohidrat dan lemak sudah tidak ada. Energi yang dihasilkan dari perombakan protein ialah setara 4,1 kalori/gram.

Baca Juga:  Definisi, Ciri, & 23 Contoh Kalimat Aktif Transitif
b. Zat pembangun

Senyawa – senyawa yang terkandung di dalam makanan akan direkontruksi oleh tubuh untuk menyusun ulang bagian tubuh. Senyawa- senyawa kimia seperti karbohidrat, lemak, protein berperan dalam struktur organisasi seluler seperti membran sel, sitoskleton, dan lainnya.

c. Zat pengatur

Vitamin dan mineral berperan sebagai pengatur metabolisme di dalam tubuh. Kedua jenis nutrisi ini salah satunya berperan sebagai aktivator enzim dalam suatu reaksi kimia.

d. Zat pelindung

Selain sebagai struktural, kelebihan lemak akan disimpan di bawah jaringan kulit yang berperan sebagai pelindung tubuh terkait dalam pengaturan suhu. Namun, jika kadarnya lebih dari normal, maka simpanan lemak ini akan lebih tebal sehingga dapat menyebabkan masalah dengan berat badan.

e. Pelarut

Air merupakan pelarut utama dalam tubuh. Keberadaan air sangatpenting untuk menjalankan agar fungsi – fungsi metabolisme lain dapat berlangsung. Selain itu, air juga berperan dalam fungsi transportasi.

Di atas telah dijelaskan mengenai macam – macam makanan dan fungsinya bagi tubuh. Manusia tersusun atas abanyak sel (multiseluler) yang mana tiap sel memerlukan makan untuk saling bekerja sama dalam menjalankan fungsi kehidupan bagi manusia itu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.

    1. dika December 14, 2015
      • Kakak Pintar December 15, 2015

    Add Your Comment