Jalannya Perang Dunia 2 dan Negara yang Terlibat Perang Dunia 2

Jalannya Perang Dunia 2 dan Negara yang Terlibat Perang Dunia 2 – Perang Dunia II meletus dengan dahsyat dan meluas hingga ke seluruh dunia. Perang ini berlangsung diberbagai kawasan, diantaranya adalah perang di kawasan Eropa, kawasan Afrika Utara, dan Kawasan Asia Pasifik.

Adapun jalannya Perang Dunia II diberbagai kawasan tersebut dan Negara – Negara yang terlibat adalah sebagai berikut:

1. Kawasan Eropa

Perang Dunia II di kawasan Eropa diawali dengan penyerangan yang dilakukan Jerman terhadap Polandia pada tanggal 1 September 1939. Perbuatan Jerman tersebut mendapat tentangan dari Negara Inggris dan Perancis. Kedua Negara tersebut kemudian menyatakan perang terhadap Jerman.

Pada tanggal 9 April 1940, Jerman melancarkan serangan militernya ke utara, yaitu Denmark dan Norwergia, sehingga kedua negara ini berhasil dikuasai oleh Jerman. Setelah itu, Jerman melakukan penyerangan terhadap Belanda dan berhasil mendudukinya pada bulan Mei 1940. Hal ini membuat ratu Belanda, Ratu Wilhelmina mengungis ke Inggris.

Tindakan Jerman ini diikuti oleh Italia yang juga menyatakan perang terhadap Perancis dan Inggris pada tanggal 10 Juni 1940 dan kemudian menyerbu Perancis.

Kemudian pada bulan Juni 1940 tentara Jerman mengepung Perancis dan berhasil mendudukinya. Pemimpin Perancis pada saat itu, Charles de Gaulle beserta tentaranya melarikan diri ke Inggris. Kekuatan militer dua negara fasis, Jerman dan Italia semakin besar.

Setelah berhasil menduduki Perancis, Angkatan Udara Jerman menyerang Inggris, tetapi usaha yang mereka lakukan gagal. Jerman beralih dengan melakukan pengeboman besar-besaran dan melancarkan serangan laut ke arah Angkatan Laut Inggris.

Baca Juga:  Pengertian dan Proses Metabolisme Protein di Dalam Tubuh

Pada tanggal 27 September 1940 terjadi kesepakatan bersama antara Jerman, Italia, dan Jepang. Mereka bersatu dalam Perjanjian Tiga Negara untuk melawan pihak sekutu.

Setelah itu, dengan dibantu oleh Finlandia dan Rumania, pada tanggal 22 Juni 1941 Jerman menyerang Rusia. Padahal, Jerman telah berjanji untuk tidak menyerang Rusia dalan perjanian yang telah mereka adakan.

2. Kawasan Afrika

Perang Dunia II meluas hingga ke Afrika, diawali dengan serbuan tentara Jerman ke kawasan Balkan hingga ke Kreta. Kekuatan Jerman semakin bertambah dengan bergabungnya Rumania dan Bulgaria.

Tentara Italia yang sebelumnya telah berhasil menduduki wilayah Afrika Utara berhasil dipukul mundur oleh Inggris. Serangan Inggris terhadap Blok Sentral yang terjadi pada tanggal 23 Oktober 1942 di Afrika Utara dipusatkan di El Alamien, Mesir.

Tentara Jerman di bawah pimpinan Jenderal Erwin Rommel membantu Italia dengan menyerbu Afrika dan memukul Inggris hingga Alexandria. Namun, serangan Jerman tersebut dapat ditahan oleh Inggris di bawah pimpinan Montgomery dan dengan bantuan Amerika Serikat di bawah pimpinan Eisenhower pada tanggal 12 November 1942. Dengan datangnya bantuan dari tentara Amerika Serikat, pertahanan Jerman menadi rapuh.

Pada tanggal 19 November 1942, Jerman mengalami kekalahan melawan Rusia dalam pertempuran di Stalingrad. Setelah itu, Rusia menyerbu Balkan dan Polandia yang diduduki oleh Jerman. Negara-negara yang mendukung Jerman, seperti Rumania, Bulgaria, dan Hongaria menyerah pada tanggal 13 Februari 1945.

Baca Juga:  Pengertian, Contoh Karangan Persuasi, dan Ciri – Ciri

Tentara Rusia yang dipimpin oleh Zhukov kemudian menyerbu Jerman dan berhasil menduduki Berlin. Berlin yang diduduki oleh Sekutu dari segala arah melakukan perlawanan, sehingga terjadilah pertempuran sengit di dalam kota Berlin. Pada akhirnya Berlin dapat direbut oleh sekutu sepenuhnya, dan pimpinan Jerman, Adolf Hitler bunuh diri pada tanggal 30 April 1945. Jerman pun menyerah tanpa syarat kepada pihak sekutu pada tanggal 7 Mei 1945 di Reims, Perancis.

3. Kawasan Asia Pasifik

Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik diawali dengan penyerbuan Jepang terhadap Pearl Harbour, pangkalan Laut Amerika Serikat pada tanggal 7 Desember 1941. Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik ini disebut juga dengan Perang Asia Timur Raya, karena propaganda Jepang bahwa peperangan ini adalah untuk kemakmuran Asia Timur Raya.

Serangan Jepang tersebut menewaskan kurang lebih 2.330 tentara Amerika Serikat dan 100 orang sipil. Selain itu, peralatan perang Amerika Serikat juga hancur.

Setelah penyerangan tersebut, Jepang menyatakan perang terhadap Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya. Kemudian Jepang melanjutkan penyerbuannya hingga ke negara-negara di Asia Tenggara dengan menduduki Birma (Myanmar), Malaysia, Muangthai dan Hindia Belanda (Indonesia).

Pihak sekutu tidak tinggal diam melihat perbuatan Jepang tersebut, mereka menyusun taktik untuk membalas serangan-serangan Jepang. Mereka kemudian menyerang Jepang dengan takti serangan katak loncat, yaitu, serangan dari satu pulau ke pulau lainnya.

Baca Juga:  Pengertian & Macam Macam Paragraf Lengkap

Serangan sekutu ini dipimpin oleh Jendral Dauglas Mac Arthur dan Laksamana Chester Nimitz. Mereka berhasil menghancurkan Tentara Jepang di Laut Karang dan Midway (7 Mei 1942). Kehancuran inilah yang menjadi titik balik kekalahan Jepang yang pertama.

Pertempuran berikutnya, Amerika Serikat berhasil merebut Filipina pada tanggal 22 Oktober 1944, Iwo Jima pada tanggal 17 Maret 1945, Okinawa pada tanggal 21 Juni 1945.

Kemudian Inggris di bawah pimpinan Lord Louis Mauntbatten menyerang Birma (Myanmar) dan menghancurkan tentara Jepang pada tanggal 30 April 1945. Amerika Serikat juga menyerang kota – kota Jepang dari Saipan dan Okinawa. Serangan-serangan tersebut tidak juga membuat Jepang Menyerah.

Hingga akhirnya pada tanggal 6 Agustus 1945, Jepang menyerang tanpa syarat karena dibom atomnya kota Hiroshima dan Nagasaki oleh sekutu. Secara resmi Jepang menyerah pada tanggal 2 September 1945 di atas kapal “Missouri” di Teluk Tokio. Dengan begitu, Perang Dunia II berakhir dengan kemenangan sekutu atas Negara – Negara sentral.

Negara – Negara yang Terlibat Perang Dunia II

Berdasarkan jalannya perang yang telah dijabarkan di atas, kita dapat mengetahui ada beberapa Negara yang terlibat di dalam perang ini. Negara-negara tersebut dibagi menjadi dua blok, yaitu blok sentral dan blok sekutu.

Blok Sentra : Jerman, Italia, Hongaria, Finlandia, Rumania, Bulgaria, dan Jepang

Blok Sekutu : Perancis, Inggris, Belanda, Uni Soviet, dan Amerika Serikat.