Ini Dia Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia!

Ini Dia Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia! – Bahasa merupakan Identitas suatu Bangsa. Tentunya sebagai warga negara kita patut berbangga hati dengan adanya Bahasa Indonesia. Bahasa yang menjadi identitas kita sebagai warga negara Indonesia. Kita begitu sering menggunakan bahasa Indonesia di kehidupam sehari-hari. Bahkan bahasa Indonesia telah menjadi bahasa ibu (bahasa yang pertama kali dikuasai) bagi banyak diantara kita, terutama masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Mengingat bangsa Indonesia merupakan bangsa yang multi etnis. Kenapa Bahasa Indonesia masih perlu kita pelajari meskipun dikehidupan sehari-hari kita sering menggunakannya? Apa urgensinya?

Bahasa Indonesia merupakan sebuah alat pemersatu bangsa ditinjau dari segi fungsionalnya. Lebih dari 300 kelompok etnis suku bangsa atau tepatnya 1340 suku bangsa menurut sensus Badan Pusat statistik (BPS) tinggal di Indonesia. Masing-masing etnis tentunya memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda pula. Bayangkan seandainya masing-masing dari etnis tersebut hanya menggunakan bahasa daerahnya sendiri untuk berkomunikasi satu sama lain? Tentu tidak akan efektif dan komunikatif komunikasi yang mereka lakukan. Tentu saja masing-masing etnis perlu menjaga bahasa daerahnya sebagai identitas etnis daerahnya, namun menjadi penting untuk disadari bahwa kita bangsa Indonesia yang multi etnis memerlukan bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Paragraf Persuasi, Contoh, dan Jenis-Jenisnya

Masih ingat peristiwa 28 oktober 1928 di Jakarta? Pemuda kita pada saat itu mencetuskan sumpah pemuda pada butir ke – 3 yang berbunyi “Kami putra putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia”. Makna butir 3 Sumpah Pemuda ini menyiratkan bahwa para pemuda Indonesia ketika itu sangat bangga dan akan terus membanggakan bahasa Indonesia sebagai identitas suatu bangsa. Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kenegaraan dengan mengukuhkannya dalam UUD 45 Bab XV Pasal 36.

Bahasa Indonesia juga berkaitan erat dengan nasionalisme. Peranan penting bahasa sebagai sebuah identitas negara secara signifikan mampu menumbukan semangat nasionalisme. Mengingat serbuan pengaruh asing yang begitu gencarnya masuk ke negara kita baik dari segi budaya maupun pengaruhnya yang bertentangan dengan kultur indonesia. Hal ini dapat dicegah dengan adanya semangat nasionalisme dari warga negara untuk melindungi keutuhan NKRI (Negara kesatuan Republik Indonesia) dari serbuan asing (baca: budaya dan pengaruh). Nasionalisme dapat dipupuk dengan semangat dalam berbahasa persatuan, yakni bahasa Indonesia. Sikap Patriotisme juga sangat mungkin ditunjukkan dengan memelajari serta menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Baca Juga:  Penjelasan Unsur Intrinsik Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang baru, sehingga masih mungkin untuk berkembang. Bahasa Indonesia berkembang dengan dua cara. Cara yang pertama yakni bahasa Indonesia berkembang secara alamiah yaitu perkembangan tanpa perencanaan, berlangsung dengan sendirinya. Cara ini dianggap terlalu lambat sehingga cenderung tidak dipergunakan. Kemudian cara yang kedua ialah perkembangan secara ilmiah. cara ini dianggap lebih sesuai karena didasari potensi bahasa Indonesia yang dimiliki. Perkembangan secara Ilmiah inilah yang memengaruhi adanya bahasa bantu atau bahasa serapan baik dari bahasa daerah maupun dari bahasa asing. Fungsinya adalah untuk memperkaya kosa kata dalam bahasa Indonesia. Mengingat bahasa Indonesia merupakan bahasa yang baru dan masih berkembang, untuk itu menjadi penting bagi kita sebagai warga negara untuk memelajari serta menggunakan bahasa Indonesia.

Selain wajib bagi kita untuk memelajari dan menggunakan bahasa Indonesia, kita juga dituntut untuk mampu menjaganya. Sebagai bahasa baru yang masih berkembang, bahasa Indonesia rentan mengalami suatu masalah yang saya sebut sebagai kontaminasi bahasa. Bahasa Indonesia sangat berpotensi terkontaminasi oleh penggunaan istilah – istilah bahasa asing (diluar kata serapan) dan juga bahasa – bahasa gaul yang digunakan oleh sebagian besar anak muda. Untuk menjaga kemurnian bahasa Indonesia tentunya kita harus senantiasa belajar bahasa Indonesia dari segi kaidah dan tata bahasa. Kemudian yang tidak kalah pentingnya, marilah kita bangga akan bahasa Indonesia.

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Teks Biografi Pahlawan Indonesia