Fungsi Sosiologi dan Peran Sosiolog

Fungsi Sosiologi dan Peran Sosiolog – Apa saja fungsi Sosiologi dan bagaimana peran Sosiolog dalam kehidupan masyarakat? Ikuti penjelasannya melalui artikel berikut.

A. Fungsi Sosiologi

Sosiologi sebagai cabang ilmu pengetahuan tentu memiliki banyak kegunaan / manfaat bagi berbagai aspek kehidupan manusia dalam bermasyarakat. Berikut beberapa fungsi dari keilmuan sosiologi dalam berbagai aspek:

1. Fungsi dalam Perencanaan Sosial

Dalam perencanaan sosial pada tataran aplikasinya merupakan upaya melakukan persiapan dalam menghadapi masa depan yang dilakukan oleh tiap-tiap individu yang ada pada masyarakat. Perencanaan sosial memiliki tujuan yakni mengatasi spekulasi munculnya problematika pada saat terjadinya masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Perencanaan sosial memiliki sifat antisipatif, yang bertujuan sebagai pencegahan sebelum terjadinya masalah-masalah sosial. Berikut beberapa hal yang menjadi syarat umum sebuah perencanaan sosial:

a. Terdapatnya beberapa unsur-unsur modern dalam sebuah masyarakat yang meliputi suatu sistem ekonomi.
b. Terdapatnya sistem integrasi analisa yang baik.
c. Terdapatnya suatu penyikapan yang baik terhadap upaya-upaya perencanaan sosial.
d. Terdapatnya sebuah managerial yang baik dalam hal sistem perekonomian dan politik.
(Ogbum dan Nimkof)

Berikut merupakan beberapa hal mengenai fungsi Sosiologi dalam hal perencanaan sosial!

a. Perencanaan sosial ialah sebuah sistem yang dapat mengidentifikasi sebuah perubahan yang setiap saat dapat terjadi pada masyarakat.
b. Perencanaan dibuat dengan dasar realita yang ada atau secara faktual.
c. Perencanaan sosial dipergunakan sebagai antisipatif berbagai macam masalah yang muncul dalam masyarakat.

Baca Juga:  Definisi dan Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

2. Fungsi Sosiologi dalam Penelitian

Penelitian adalah sebuah upaya untuk melakukan peningkatan ilmu. Dalam kilmuan sosiologi, penelitian bermanfaat untuk mendeskripsikan tentang kehidupan bermasyrakat. Aktivitas penelitian dalam keilmuan sosiologi menelaah beberapa gejala yang sering muncul dalam kehidupan masyarakat.

Melalui data-data yang diperoleh dari hasil penelitian sosiologis, peneliti dapat membuat susunan rencana penyelesaian terhadap sebuah masalah. Berikut beberapa fungsi sosiologi dalam aktivitas penelitian sosial:

a. Sosiologi sangat berguna untuk pertimbangan mengenai berbagai gejala sosial yang mungkin saja muncul dalam kehidupan masyarakat.
b. Sosiologi bermanfaat untuk melakukan telaah tentang pola perilaku masyarakat.
c. Sosiologi bermanfaat sebgaai fungsi antisipatif terhadap kemungkinan masalah-maslalah sosial yang akan terjadi.
d. Sosiologi berguna untuk memperhatikan dinamika perilaku masyarakat.
e. Sosiologi berguna untuk memahami berbagai istilah dalam obyek penelitian seperti simbol dan kode.

Jenis-jenis penelitian dalam sosiologi meliputi penelitian murni, penelitian terpusat pada masalah, dan penelitian terapan.

3. Fungsi Sosiologi dalam Pebangunan

Sosiologi dalam cakupan pengetahuan tentang pembangunan berperan sebagai pemberi sumbangan berupa data sosial yang dibutuhkan pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan juga penilaian pembangunan. Pembahasannya ialah sebagai berikut!

a. Tahapan Perencanaan

Dalam rangka identifikasi keterbutuhan masyarakat, hal yang dibutuhkan ialah data-data yang lengkap meliputi pola interaksi sosial, kelompok sosial, dan lembaga sosial.

b. Tahapan pelaksanaan

Pada tahapan ini perlu diadakannya pengawasan terhadap pelaksanaan yang berkaitan dengan dinamika perubahan sosial serta kekuatan sosial yang ada dalam masyarakat.

Baca Juga:  Sejarah Masa Penjajahan Jepang di Indonesia Lengkap

c. Tahap Evaluasi

Tahapan ini ialah melakukan analisa terhadap dampak sosial pembangunan.

4. Fungsi Sosiologi dalam Pemecahan Masalah Sosial

Masalah sosial yang terjadi pada masyarakat berhubungan dengan nilai serta lembaga sosial masyarakat. Segala sesuatu yang dapat mensabotase kerukunan serta keharmonisan dalam masyarakat, maka itulah yang disebut masalah sosial. Bentuk dari permasalahan sosial meliputi kesenjangan sosial, masalah kependudukan, kenakalan remaja, masalah lingkungan, dan kemiskinan. Oleh karenanya dibutuhkan solusi alternatif guna menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi. Metode pemecahan masalah sosial terbagi atas tiga macam yakni:

a. Metode Antisipatif (pencegahan masalah)
b. Metode Refresif (Perlakuan yang cenderung anarkis)
c. Metode Restitusif (Pemberian apresiasi dalam bentuk penghargaan)

B. Peran Sosiolog

Peranan sosiolog dalam kehidupan bermasyarakat tentu sangatlah banyak. Ada beberapa hal mengenai peranan para sosiolog dalam berbagai aspek misalnya peranan sebagai ahli riset, sebagai konsultan, sebagai pelaku teknis, dan sebagai guru atau pendidik. Berikut penjelasannya!

a. Peranan Sosiolog Sebagai Ahli Riset

Sosiologi merupakan ilmu tentang masyarakat yang di dalamnya terdapat dinamika problematika yang sangat kompleks. Di dalamnya juga terdapat temuan-temuan baru yang menarik untuk dijadikan objek penelitian ilmiah. Disinilah peranan sosiologi bermain sebagai ilmuan yang senantiasa melakukan penelitian tentang temuan baru dalam masyarakat. Temuan-temuan tersebut bisa berupa permasalahan sosial, tatanan masyarakat, norma-norma masyarakat dan lain sebagainya. Diharapkan hasil riset tersebt dapat dirasakan kebermanfaataanya bagi warga masyarakat itu sendiri.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Tunggal dan Pengertiannya Adalah

b. Sosiolog sebagai Konsultan Kebijakan

Prediksi seorang sosilog dalam menspekulasikan masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat sangatlah berguna dalam penentuan kebijakan sosial.Banyak hal yang bisa dikonsultasikan kepada sosiolog berkenaan dengan masalah-masalah sosial yang terjadi. Misalnya saja permasalahan mengenai konflik, perseteruan, masalah remaja dan lain-lain, tentu dapat dikonsultasikan secara teratur dengan para sosiolog. Melalui keilmuan mereka mengenai masyarakat, tentu banyak hal yang bisa didiskusikan berkaitan dengan hal-hal terakait cakupan keimuannya. Inilah fungsi serta peranan sosiolog sebagai konsultan.

c. Sosiolog Sebagai Teknis

Dalam peranan ini para sosiolog terlibat langsung ke dalam pelaksanaan aktivitas yang ada dalam masyarakat. Peranan ini mencakup serta meliputi segala aspek kehidupan masyarakat baik dalam hal kegiatan keagamaan, gotong royong, musyawarah dan lain-lain. Apabila terdapat masalah di lapangan, sosiolog secara teknis dapat menjadi penengah serta pembawa solusi alternatif atas permasalahan tersebut. Itulah yang disebut fungsi peranan sosiolog secara teknis.

d. Sosiolog Sebagai Pendidik Masyarakat

Dalam mempelajari kehidupan sosial, tentu terdapat banyak hal yang mesti ditelaah dan dikaji serta diaplikasikan agar nilai-nilai bermasyarakat dapat tertanam ke dalam pribadi tiap-tiap individu masyarakat. Dalam hal ini diperlukan pemahaman secara edukatif untuk masyarakat agara tewujud harmonisasi antara individu masyarakat. Peranan sosiolog dalam hal ini ialah sebagai pendidik ata guru dalam rangka menanamkan nilai serta norma berperilaku yang baik kepada masyarakat dengan cara memahamkan hal tersebut secara edukatif.

Sumber :
https://yustinasusi.wordpress.com/2015/08/11fungsi-sosiologi-bagi-masyarakat/
https://id.wikipedia.org/wiki/sosiologi