Fungsi-Fungsi Organ pada Tumbuhan

Fungsi-Fungsi Organ pada Tumbuhan – Organ merupakan kumpulan dari beberapa jaringan yang menjadi satu kesatuan dan memiliki fungsi tertentu. Tumbuhan mempunyai organ yang bermacam, yaitu Akar, Batang, Daun, Buah, dan Bunga. Untuk lebih memahaminya maka perhatikanlah pembahasan di bawah ini :

loading...

1. Akar

Akar merupakan organ tumbuhan yang paling penting dalam suatu proses penyerapan. Organ ini berasal dari akar lembaga (radix) yang pada awalnya terdapat pada biji tumbuhan yang ditanamkan ke dalam tanah. Adapun fungsi organ akar pada tumbuhan, yaitu sebagai berikut :

– Menyimpan unsur hara bersama tanah yang ditumpanginya
– Menjadikan suatu tubuh atau pohon tanaman menjadi lebih kokoh
– Organ yang dapat berfungsi sebagai pembantu dalam proses pernapasan
– Dapat menyerap kandungan garam-garam mineral yang terlarut
– Sebagian menghasilkan umbi yang dapat dijadikan sebagai cadangan makanan dari suatu tumbuhan

Struktur tubuh dan bagian-bagian jaringan pada akar secara umum adalah sebagai berikut :

a. Epidermis

Epidermis tersusun atas dinding-dinding sel yang tipis agar mudah saat proses penyerapan berlangsung. Pada tahap diferensiasi epidermis akan membentuk rambut disekitar permukaan akar yang berfungsi untuk memperluas permukaan penyerapan dalam tanah.

b. Korteks

Pada jaringan korteks ini dapat memungkinkan terjadinya proses pertukaran gas, karena tersusun atas lapisan sel dengan dinding yang tipis dan terdapat suatu ruang antara sel satu dengan yang lainnya.

c. Endodermis

Baca Juga:  Fungsi Akar dan Jaringan Penyusun Akar Tumbuhan

Endodermis merupakan jaringan pemisah antara stele dan korteks pada organ akar tumbuhan. Struktur endodermis berupa selapis sel yang rapat dan mengalami penebalan pada setiap dinding-dinding selnya.

d. Stele

Stele atau biasa dikenal dengan sebutan silinder pusat merupakan bagian jaringan yang bersifat mengangkut. Dimana pada bagian stele ini terdapat jaringan pengangkut berupa xilem dan floem.

2. Batang

Batang merupakan bagian organ dari suatu tumbuhan yang mempunyai pembuluh di dalamnya, selain itu batang juga dapat menopang tanaman tersebut. Fungsi batang secara umum adalah sebagai berikut :

– Batang dapat menimbun beberapa jenis cadangan makanan
– Sebagai tempat tumbuhnya daun, bunga, dan buah
– Alat transportasi dalam menyalurkan berbagai zat unsur hara yang berasal dari akar menuju bagian-bagian organ tumbuhan lainnya
– Sebagai pengarah tumbuhan untuk mendapatkan jumlah intensitas atau pancaran cahaya sinar matahari yang digunakan untuk proses fotosintesis

Struktur batang tersusun dari beberapa jaringan, yaitu sebagai berikut :

a. Epidermis

Pada epidermis yang tersusun di batang ini dilengakapi oleh sebuah jaringan kutikila dan tersusun dari selapis sel yang rapat. Epidermis berperan penting dalam melakukan fungsinya, yaitu sebagai pelindung pada jaringan yang berada di bawahnya.

b. Korteks

Struktur korteks tersusun dari beberapa lapis sel parenkim yang memiliki ukuran dinding tipis dan terdapat ruang antar sel.

c. Stele

Stele merupakan jaringan yang terdapat di dalam batang dan memiliki jaringan pengangkut.

Baca Juga:  Bentuk Peninggalan Sejarah Hindu Budha di Indonesia

3. Daun

Daun merupakan organ pada suatu tumbuhan sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan. Daun juga berfungsi sebagai organ yang dapat menjadi wadah terjadinya tahap respirasi dan penguapan. Bentuk daun setiap tumbuhan tentunya berbeda-beda, seperti menyirip, menjari, panjang, bergelombang, dan lain sebagainya. Secara mofologi susunan daun terdiri dari, tangkai daun (petiolus), pelepah daun (folius), dan helai daun (lamina). Adapun struktur jaringan yang terdapat pada daun adalah sebagai berikut :

a. Epidermis

Epidermis pada daun terdapat dibagian atas permukaan daun tersebut dan biasanya dilapisi oleh suatu lapisan kutikula. Epidermis juga terdapat dibagian bawah permukaan daun dan terdapat stomata

b. Jaringan Palisade

Jaringan palisade biasanya dikenal juga dengan sebutan jaringan tiang dan pada bagian tersebut kaya akan kandungan klorofil.

c. Berkas Pembuluh

Pada organ daun tumbuhan terdapat berkas pembuluh berupa xilem dan floem yang berfungsi untuk menghantarkan zat-zat dari hasil fotosintesis menuju keseluruh organ tumbuhan

d. Jaringan Spons

Jaringan spons atau jaringan bunga karang ini mengandung sedikit klorofil

4. Bunga

Bunga merupakan bagian organ dari suatu tumbuhan yang sangat vital dan berperan sebagai alat reproduksi. Adapun bagian-bagian dari bunga tumbuhan tersebut adalah sebagai berikut :

– Kelopak Bunga

Hampir semua jenis bunga memiliki kelopak yang berwarna hijau pada umumnya. Kelopak bunga berfungsi melindungi bunga saat masih kuncup sampai bunga menjadi mekar.

Baca Juga:  Alat - Alat Ekskresi pada Manusia dan Fungsinya

– Benang Sari

Benang sari adalah alat reproduksi jantan pada tumbuhan, sehingga ketika serbuk sari masuk ke dalam sebuah putik akan melebur dan terjadilah fase pembuahan

– Mahkota Bunga

Mahkota pada bunga berfungsi untuk menarik organisme lain agar terjadinya penyerbukan pada bunga

– Putik

Putik merupakan alat kelamin betina pada sebuah tanaman

5. Buah

Buah biasanya dilengkapi dengan biji yang merupakan hasil dari proses tahapan perubahan pada bunga. Setiap jenis tumbuhan memiliki jenis dan karakteristik rasa, warna, serta bentuk buah yang berbeda-beda. Struktur pada buah yang dihasilkan dari suatu tanaman adalah sebagai berikut :

– Tangkai

Pada tamanan secara umum memiliki tangkai buah yang berfungsi untuk menopang buah dari hasil peleburan bunga tersebut

– Kulit Buah

Semua jenis buah tentunya memiliki kulit buah yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam zat-zat yang terdapat di dalamnya

– Daging Buah

Daging buah terdapat di bagian dalam yang terlindungi dengan kulit buah dan pada umumnya bagian inilah yang dikonsumsi oleh semua orang

– Biji

Hampir segala jenis buah dilengkapi dengan biji yang terletak dibagian dalam bersama daging buah

Sumber :

Sistem Organ Pada Tumbuhan Dan Fungsinya

 

Baca Juga:

 

3 Contoh Surat Formal dalam Bahasa Inggris & Artinya
Belasan Contoh Pantun dalam Bahasa Inggris dan Artinya
3 Contoh Puisi Bahasa Inggris Tentang Ayah & Artinya