Explanation Text: Pengertian, Tujuan, Ciri, & Generic Structure

Explanation Text: Pengertian, Tujuan, Ciri, & Generic Structure – Apakah kalian sering memperhatikan bagaimana terbentuknya pelangi? Atau pernahkah kalian membayangkan bagaimana salju dapat terjadi? Terbentuknya pelangi, salju, atau kejadian alam yang lain seperti tornado dalam Bahasa Inggris termasuk ke dalam teks penjelasan atau Explanation Text. Lalu apakah Explanation Text itu? Berikut kami sajikan pengertian, ciri, beserta generic structure of Explanation Text.

Pengertian Explanation Text

Sebelum membahas mengenai pengertian explanation text, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan explanation. Explanation merupakan kata benda yang mempunyai arti ‘penjelasan’ dalam Bahasa Indonesia. Sedangkan kata text atau ‘teks’ memiliki arti tulisan. Jadi, Explanation Text is a text which explains the processes related to forming of natural, social, cultural, or scientific phenomena, such as how a motorcycle is made or how bees make honey. Artinya, explanation text merupakan sebuah teks yang menjelaskan proses – proses yang berkaitan dengan terbentuknya fenomena atau kejadian alam, sosial, budaya, atau ilmiah. Explanation Text menjelaskan proses – peroses terbentuknya suatu kejadian secara berurutan, seperti menjelaskan bagaimana sebuah sepeda motor dibuat atau bagaimana lebah membuat madu.

Tujuan Explanation Text

Melihat pengertian dari Explanation Text diatas, kita telah dapat mengetahui tujuan dari Explanation Text itu sendiri. The purpose (tujuan) dari Explanation Text adalah to explain the processes of the forming of a social, cultural, natural, or scientific phenomenon. Artinya, tujuan dari explanation text adalah untuk menjelaskan proses – proses dari pembentukan suatu kejadian atau fenomena sosial, budaya, fenomena alam, atau pun fenomena ilmiah. Jenis teks ini menjelaskan proses terjadinya suatu kejadian secara berurutan.

Baca Juga:  Pengertian Pola Kalimat, Unsur dan Contohnya

Generic Structure of Explanation Text

Explanation Text memiliki struktur kebahasaannya sendiri. Hal inilah yang membedakan explanation text berbeda dengan jenis teks yang lain dalam Bahasa Inggris. Berikut adalah struktur kebahasaan (Generic Structure) dari Explanation Text:

1. General Statement

General Statement merupakan bagian pertama dalam Explsnstion Text yang terletak di paragraf pertama. General Statement berfungsi untuk memberikan penjelasan umum mengenai kejadian atau fenomena yang akan dibahas dalam teks ini. General Statement dapat berisikan pengertian dari sebuah kejadian atau fenomena dan beberapa kalimat yang berisikan penjelasan umum mengenai kejadian atau fenomena tersebut.

2. Sequenced of Explanation

Sequenced of Explanation merupakan bagian selanjutnya dari explanation text dan terletak di paragraf selanjutnya setelah paragraf General Statement. Bagian kedua atau Sequenced of Explanation berfungsi untuk memberikan penjelasan mengapa dan bagaimana sebuah kejadianatau fenomena dapat terjadi atau tercipta. Penjelasan tersebut berupa proses – proses dari terbentuknya kejadian tersebut yang ditulis secara berurutan. Bagian Sequenced of Explanation ini biasanya menjawab pertanyaan “How” dan “Why” dan dapat ditulis dalam lebih dari satu paragraf.

Baca Juga:  Contoh Resensi Novel Fiksi Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrahman El Shirazy

Ps : Dalam generic structure of explanation text, tidak ada bagian “closing”. Banyak yang beranggapan bahwa paragraf terakhir dalam explanation text merupakan closing atrau bagian penutup dari jenis teks ini, akan tetapi bagian terakhir dari jenis teks ini merupakan proses terakhir dari terjadinya atau terbentuknya suatu kejadian atau fenomena.

Features of Explanation Text

Explanation Text memiliki beberapa ciri – ciri (Features) yang membedakan jenis teks ini dari jenis teks dalam Bahasa Inggris yang lain. Ciri – ciri atau Features dari Explanation Text adalah sebagai berikut:

1. Written in Present Tense (Ditulis dengan menggunakan Present Tense)

Explanation Text menjelaskan proses terbentuknya suatu kejadian atau fenomena yang biasanya kejadian tersebut akan terjadi berulang – ulang, seperti terbentuknya hujan, terbentuknya salju, bagaimana lebah membuat madu, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penulisan Explanation Text harus ditulis menggunakan Simple Present Tense.

2. Text arranged into some numbered points and written in a sequence.

Explanation Text berisikan proses – proses terbentuknya suatu kejadian atau fenomena yang ditulis secara berurutan dalam beberapa poin pada bagian Sequenced of Explanation.

3. Time connectives

Karena Explanation Text menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau kejadian atau peristiwa, biasanya jenis teks ini ditandai dengan adanya kata penghubung waktu yang dapat berupa first, second, third, firstly, secondly, then, later, next, finally, atau at last.

Baca Juga:  Contoh Explanation Text About Rainbow Lengkap

4. Technical vocabulary

Explanation Text biasanya berisikan kosakata atau vocabulary khusus mengenai hal – hal yang dibahas dalam teks ini. Contohnya, jika teks ini membahas mengenai bagaimana cara mobil dibuat (How a car is made), maka beberapa contoh kosakata yang terkait yaitu engine, ignition, atau bonnet.

5. Diagrams with labels

Explanation Text biasanya dilengkapi dengan diagram dengan keterangan dari diagram tersebut yang berfungsi untuk membantu menjelaskan hal yang dibahas dalam teks.

6. Pictures with captions

Explanation Text juga biasanya dilengkapi dengan gambar dan keterangannya yang berfungsi untuk membantu menjelaskan hal yang dibahas dalam explanation text.

7. Answer the question of “How” and “Why”

Explanation Text biasanya berisikan jawaban dari “How” and “Why” yang dimuat dalam bagian kedua (Sequenced of Explanation) dari teks ini.

8. Focus on the phenomenon

Karena fungsi dari teks ini yang menjelaskan fenomena atau kejadian, maka fokus dari teks ini adalah fenomena yang dibahas tersebut dan bukan merupakan penjelasan orang atau hal lainnya.

Demikianlah pengertian, tujuan, ciri, dan generic structure of Explanation Text. Semoga penjelasan di atas dapat membantu dan dapat menambah ilmu kalian. Terima kasih.

 

Baca Juga:

 

Contoh Descriptive Text tentang Ibu & Artinya
Contoh Descriptive Text About Rabbit & Artinya Terlengkap
Descriptive Text About Borobudur Temple & Artinya Terbaru